Semua yang Perlu Anda Ketahui tentang Business Manager Facebook

Diposting pada

Apakah Anda menjalankan iklan Facebook menggunakan Pengelola Iklan Facebook? Apakah Anda memiliki halaman bisnis Facebook? Apakah Anda aktif di Instagram? Ingin mempelajari cara mengelola semua aset ini secara efisien melalui Manajer Bisnis Facebook?

Business Manager Facebook adalah platform kolaboratif bagi mereka yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan atau memantau iklan Facebook untuk bisnis. Business Manager Facebook dirancang untuk memisahkan akun pengguna pribadi dari akun bisnis dan membuat kolaborasi profesional jauh lebih mudah.

Selain itu, untuk profesional pemasaran digital, platform ini memfasilitasi pembuatan dan pemeliharaan akun terpisah untuk setiap bisnis yang mereka kelola kampanye iklan Facebooknya. Ini berarti pemasar digital dapat memiliki akun iklan terpisah untuk setiap klien mereka.

Demikian pula, ini mempermudah mereka yang mengelola banyak bisnis untuk memisahkan kampanye mereka dan bahkan menetapkan peran yang berbeda. Jadi, pada dasarnya, Business Manager memungkinkan kontrol terpusat dari beberapa akun pengguna. Melalui ini, administrator dapat menetapkan izin khusus dan membatasi akses berdasarkan fungsi pekerjaan pengguna.

Pada artikel ini, kita akan membahas semua hal yang perlu diketahui tentang Business Manager Facebook, cara membuat akun Business Manager, dan banyak lagi. Kami juga akan membahas bagaimana Anda dapat menautkannya ke akun Business Manager Instagram dan mengelola aset Facebook dan Instagram Anda dari satu dasbord, jadi mari kita mulai.

Apa Business Manager Facebook itu?

Apakah Anda masih bertanya-tanya tentang apa itu Business Manager Facebook? Bukan hanya Anda, tetapi hampir semua orang bingung dengan banyaknya variasi pilihan yang ditawarkan alat ini.

Seperti yang dikatakan Facebook, Business Manager Facebook adalah alat gratis yang memungkinkan Anda mengelola halaman Facebook, akun iklan Facebook, dan mereka yang bekerja di halaman atau akun tersebut. Jadi, alat ini memiliki tiga bagian utama – halaman, akun iklan, dan orang.

Secara keseluruhan, ini melindungi privasi pengiklan dengan memisahkan profil pribadi dari akun bisnis. Artinya, akun pribadi Anda tidak akan muncul dalam kampanye iklan, memberikan privasi yang Anda butuhkan. Selain itu, jika akun iklan Facebook Anda diblokir, hal itu tidak akan mempengaruhi akun pribadi Anda atau akun iklan Facebook lainnya.

Mengapa Anda harus menggunakan Manajer Bisnis

Jadi, bagaimana cara kerjanya? Misalkan Anda menjalankan dua bisnis – satu yang menjual baju dan yang lainnya menjual eBook. Untuk setiap bisnis, Anda menggunakan akun iklan Facebook terpisah yang ditautkan ke Business Manager Facebook Anda. Dalam kasus ini, jika akun terkait baju Anda diblokir karena pelanggaran kebijakan, itu tidak memengaruhi akun iklan Facebook yang terkait dengan bisnis eBook Anda. Keren kan? Nah, masih ada lagi!

Sekarang mari kita asumsikan bahwa Anda tidak menggunakan Business Manager Facebook tetapi akun iklan yang ditautkan ke akun pribadi Facebook Anda untuk kedua bisnis yang disebutkan di atas. Dalam hal ini, jika akun Anda diblokir dan Anda tidak berhasil mengajukan banding, maka Anda masih bisa beriklan melalui Business Manager Facebook ini

Business Manager Facebook, oleh karena itu, membuat tingkat pemisahan antara akun iklan Facebook Anda dan merupakan alat administratif yang ampuh. Jika Anda mengelola beberapa bisnis baru, Anda mungkin tidak menganggap alat ini menarik karena penjualannya minimal. Jadi, Anda mungkin tergoda untuk melewati menggunakan Business Manager Facebook, tetapi tunggu sebentar sebelum Anda melakukannya.

Bagaimana jika salah satu bisnis Anda berkinerja sangat baik dan Anda memutuskan untuk menugaskan tim untuk mengelola operasinya? Dalam kasus ini, mau tidak mau Anda harus menggunakan akun Business Manager. Oleh karena itu, menggunakan Business Manager Facebook untuk mengelola akun iklan Facebook individu sejak awal lebih masuk akal.

Plus, menjadi lebih mudah bagi mereka yang mengambil alih pengelolaan halaman Facebook dan akun iklan Facebook. Mereka dapat bekerja secara virtual tanpa perlu diawasi karena peran mereka akan membatasi akses mereka. Jadi, pada dasarnya, ini adalah antarmuka yang menghubungkan administrator dan orang lain yang terlibat dalam pengelolaan aset Facebook sehari-hari.

Selain itu, Business Manager Facebook memungkinkan Anda membayar iklan menggunakan metode pembayaran yang berbeda. Anda dapat menentukan metode utama yang berbeda untuk setiap akun iklan yang Anda tambahkan ke Business Manager Anda. Karenanya, Anda akan memiliki kendali lebih besar atas pembayaran Anda.

Baca Juga  14 Tips Berjualan Online di Facebook Secara Organik

Cara membuat akun Business Manager Facebook

Langkah pertama untuk menyederhanakan pengelolaan aset Facebook Anda adalah membuat akun Business Manager Facebook.

Untuk memulai, Anda harus memiliki akun Facebook pribadi.

Pada tahap ini, tidak masalah apakah Anda memiliki atau tidak memiliki akun iklan Facebook atau halaman Facebook karena Anda selalu dapat membuatnya di Business Manager Facebook

Pengaturan akun Manajer Bisnis Facebook

  1. Kunjungi ke business.facebook.com dan klik “Buat Bisnis” (yang dulu disebut “Buat Akun”).
  2. Di layar pop-up, masukkan nama bisnis yang benar dengan hati-hati karena nama ini akan muncul saat Anda memasang iklan.
  3. Selanjutnya, masukkan alamat email bisnis untuk menerima pembaruan yang berkaitan dengan Manajer Bisnis Facebook Anda.
  4. Setelah itu, saatnya memasukkan detail bisnis Anda, seperti alamat dan situs web Anda.
  5. Setelah Anda selesai melakukannya, cek alamat email yang Anda masukkan sebelumnya dan konfirmasi alamat email untuk menyelesaikan pengaturan awal.

Tambahkan halaman Facebook Anda ke Business Manager

Di Business Manager Facebook, Anda dapat menambahkan, menghapus, atau menetapkan halaman Facebook, tetapi hanya jika Anda adalah administratornya. Menambahkan halaman Facebook secara harfiah berarti mengklaim kepemilikannya sehingga Anda dapat menambahkannya hanya jika Anda pemiliknya.

Sebelum membahas langkah demi langkah untuk menghubungkan halaman Facebook ke Manajer Bisnis, mari kita lihat prasyaratnya.

Prasyarat untuk menambahkan halaman Facebook ke Business Manager

Anda dapat menambahkan halaman Facebook ke Manajer Bisnis Facebook hanya jika Anda memiliki hak administratif untuk kedua akun tersebut. Jika tidak, Anda harus meminta akses administratif dan tetap menjadi administrator selama tujuh hari.

Jika orang lain memiliki kontrol administratif atas halaman Facebook ini di Business Manager mereka, Anda harus menunggu hingga orang tersebut menghapusnya. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan halaman Facebook itu ke akun Manajer Bisnis Facebook Anda.

Jika halaman tertentu itu ditautkan ke akun bisnis Instagram, Anda juga harus menambahkan akun ini ke Manajer Bisnis Facebook Anda. Jadi, pada dasarnya, tujuan Facebook adalah untuk memusatkan kendali atas semua aset Facebook dan Instagram melalui Manajer Bisnis Facebook.

Cara menambahkan halaman Business Manager Facebook

1. Buka Manajer Bisnis dan klik “Pengaturan Bisnis” dengan ikon roda gigi di menu sebelah kiri.
2. Di menu sebelah kiri, di bawah “Akun”, pilih “Halaman”.
3. Masukkan URL halaman Facebook yang relevan di mana Anda memiliki hak admin dan klik “Tambah”.

Tambahkan akun iklan Facebook Anda ke Business Manager

Terkait akun iklan, Anda dapat melakukan tiga hal – menambahkan akun iklan Facebook yang ada ke Business Manager Facebook, meminta akses ke akun iklan Facebook orang lain, atau membuat akun iklan Facebook baru.

Akun-akun ini diklasifikasikan dengan rapi di bawah pengaturan bisnis bersama dengan masing-masing nama pemilik akun. Anda dapat dengan mudah memfilter akun ini berdasarkan siapa yang memiliki atau mengelolanya, melalui empat filter – Beriklan untuk Mitra, Dimiliki oleh Mitra, Diiklankan untuk Sendiri, atau Dimiliki oleh Sendiri.

Dengan cara ini, Business Manager Facebook memudahkan Anda untuk beralih di antara akun iklan yang berbeda.

Prasyarat untuk menambahkan akun iklan Facebook yang ada

Anda hanya dapat menambahkan akun iklan Facebook yang belum ditambahkan orang lain ke Business Manager Facebook mereka.

Ini didasarkan pada prinsip bahwa hanya satu Business Manager Facebook yang dapat memiliki akun iklan Facebook. Orang lain hanya dapat meminta akses dari administrator akun iklan tersebut.

Selain itu, Anda mungkin tidak dapat membuat atau menambahkan akun iklan baru jika Anda telah melebihi batas maksimum. Batas ini berbeda dari satu akun Bisnis ke akun lainnya, jadi lebih baik periksa batas Anda menggunakan petunjuk Facebook.

Bagaimana cara menambahkan akun iklan Facebook yang ada

  1. Kunjungi halaman Pengaturan Bisnis di panel sisi kiri Manajer Bisnis.
  2. Klik “Akun Iklan” di bawah tab “Akun” di menu sebelah kiri.
  3. Masukkan ID atau nama akun iklan yang relevan dan klik “Tambahkan” untuk menambahkan akun iklan.
  4. Tambahkan akun Instagram Anda ke Manajer Bisnis Facebook

Jika Anda memiliki akun bisnis Instagram, Anda cukup menambahkannya ke Business Manager Facebook Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola aktivitas pemasaran Anda dengan mudah di kedua platform dari satu dasbor.

Namun, Anda hanya dapat menambahkan akun bisnis Instagram ke satu akun Business Manager Facebook. Selain itu, jika akun bisnis Instagram terhubung ke halaman Facebook, Anda juga harus mentransfernya.

Bagaimana cara menambahkan akun Instagram ke Business Manager Facebook?

Jika Anda adalah administrator akun Business Manager Facebook, ikuti prosedur langkah demi langkah yang tercantum di bawah ini untuk menambahkan akun Instagram ke Business Manager Facebook.

  1. Kunjungi laman Pengaturan Bisnis di panel sisi kiri.
  2. Klik pada “Akun Instagram” di bawah tab “Akun”.
  3. Selanjutnya, klik tombol “Tambah”
  4. Kemudian, masukkan detail login akun bisnis Instagram Anda.
  5. Terakhir, pilih halaman dan akun iklan yang ingin Anda tambahkan dan klik “Berikutnya”.
Baca Juga  7 Cara Membuat Call To Action Iklan Facebook

Setelah Anda menambahkan akun bisnis Instagram, Anda dapat menetapkan peran kepada orang lain dan membatasi akses mereka. Anda juga dapat menambahkan aset lain dari akun bisnis Instagram Anda.

Hubungkan Facebook Pixel Anda ke Business Manager

Facebook Pixel adalah potongan kode yang dapat melacak perilaku pengguna di situs web, yang dapat membantu meningkatkan konversi. Interaksi pengunjung dengan situs Anda dapat dilacak oleh Pixel dan didaftarkan sebagai “peristiwa”, yang diklasifikasikan ke dalam peristiwa standar dan khusus.

Peristiwa standar mengacu pada tindakan standar yang biasa dilacak bisnis, seperti “Tambahkan ke Keranjang”, “Tambahkan ke Daftar Keinginan”, dll. Untuk yang lainnya, Anda dapat memilih untuk menyiapkan peristiwa khusus. Bagaimanapun, bisnis perlu melacak interaksi pengguna dan menyelaraskan strategi pemasaran mereka.

Facebook membuat ini nyaman melalui Facebook Pixel dan membuatnya selangkah lebih maju, memungkinkan bisnis untuk menginstal Pixel di beberapa domain melalui Business Manager Facebook . Sementara Pengelola Iklan Facebook mengizinkan pengiklan untuk membuat hanya satu Piksel per akun iklan, Manajer Bisnis mengizinkan pembuatan hingga 100 Piksel Facebook.

Untuk membuat Facebook Pixel di Business Manager Anda, Anda harus memiliki hak administratif. Jika Anda memenuhi kondisi tersebut, Anda bisa mulai mengikuti prosedur langkah demi langkah yang disebutkan di bawah ini untuk membuat Pixel di Business Manager Facebook.

Bagaimana cara membuat Facebook Pixel di Manajer Bisnis Facebook?

  1. Arahkan ke Business Manager dan klik Business Settings di menu sebelah kiri.
  2. Buka tab “Sumber Data” dan klik “Piksel”.
  3. Klik tombol “+ Tambahkan” dan beri nama Pixel Anda.
  4. Anda juga dapat memasukkan URL situs web Anda.
  5. Klik “Lanjutkan”.
  6. Terakhir, Anda dapat menginstal Pixel di situs Anda dan mulai melacak peristiwa.

Kelola grup aset Anda

Business Manager Facebook membuatnya mudah untuk memisahkan grup aset tergantung pada tujuan kampanye Anda. Anda bahkan dapat menargetkan wilayah geografis tertentu menggunakan grup aset yang berbeda.

Akibatnya, bisnis dapat memberikan perhatian individu ke beberapa lini produk atau vertikal bisnis. Demikian pula, pemasar digital dapat memisahkan aset setiap klien dan mengelolanya dari satu dasbor.

Tambahkan anggota tim Anda ke Business Manager Facebook

Ingin tahu bagaimana cara menambahkan pengguna ke Business Manager Facebook? Kami akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentangnya, tetapi sebelum itu mari kita pahami implikasinya.

Business Manager Facebook menggunakan sistem manajemen akses yang sangat aman yang membedakan individu dan entitas berdasarkan peran mereka. Secara garis besar, ini dapat dibagi menjadi akses admin dan akses karyawan, yang selanjutnya dipersempit berdasarkan izin berorientasi tugas ke aset tertentu.

Misalnya, Anda dapat menetapkan peran Analis Keuangan ke manajer akun Anda, tanpa takut detail kartu kredit Anda dirusak. Peran khusus lainnya – Editor Keuangan – memungkinkan individu tertentu untuk mengedit informasi kartu kredit dan izin terkait keuangan lanjutan lainnya. Ini menjaga keamanan data karena membatasi apa yang dapat dilakukan pengguna, tanpa mengganggu fungsi pekerjaan mereka.

Karena itu, administrator Business Manager Facebook harus tetap waspada saat menangani permintaan akses. Ada banyak penipu di luar sana yang mungkin mengirimi Anda permintaan akses dari akun palsu dan kemudian menimbulkan masalah. Jadi, pastikan untuk hanya menambahkan orang yang Anda kenal dan percayai ke akun manajer bisnis Anda.

Selain itu, Anda dapat yakin bahwa tidak ada seorang pun dari tim Facebook yang meminta akses ke Business Manager Facebook. Permintaan semacam itu akan berasal dari penipu dan harus ditolak dan segera dilaporkan ke Facebook.

Cara menambahkan pengguna ke Business Manager Facebook

  1. Arahkan ke Pengaturan Bisnis di panel sisi kiri.
  2. Pilih “Orang” di menu di sisi kiri layar Anda.
  3. Sekarang masukkan alamat email resmi orang yang ingin Anda tambahkan
  4. Tetapkan peran tersebut dengan hati-hati kepada individu tersebut.
  5. Berikan akses ke aset individu dan gunakan tombol sakelar sakelar untuk memberikan izin berbasis peran.
  6. Terakhir, klik “Undang”.

Bagikan Business Manager dengan mitra Anda

Di bagian sebelumnya, kita telah membahas bagaimana Anda dapat menambahkan anggota tim ke akun Business Manager Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan mitra, vendor, atau agen akses ke Business Manager Anda. Ini sangat berguna ketika Anda ingin biro iklan Facebook mengelola upaya pemasaran untuk Anda.

Selain itu, setelah Anda menambahkan mitra ke Business Manager Facebook Anda, mereka dapat mengelola izin untuk individu di tim mereka sendiri. Karenanya, Anda tidak perlu khawatir tentang pemberian izin kepada setiap pembeli media yang menangani aset Anda.

Cara menambahkan mitra ke Business Manager Facebook

  1. Kunjungi Business Manager dan klik “Business Settings” di menu sebelah kiri.
  2. Di bawah tab “Pengguna”, pilih “Mitra”.
  3. Masukkan nama partner atau ID Business Manager
  4. Klik “Tambahkan” dan pilih “Beri partner akses ke aset Anda”. Atau, Anda dapat meminta partner untuk membagikan aset mereka pada saat ini, jika memang begitu. Tambahkan partner ke Business Manager Anda
Baca Juga  3 Cara Mengatasi Link URL Website Diblokir Facebook

Cara menggunakan Business Manager Facebook

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mengatur Business Manager Facebook, mari kita jelajahi beberapa hal menarik yang dapat Anda lakukan di platform luar biasa ini.

Menjalankan iklan

Anda dapat menjalankan iklan Anda langsung melalui salah satu akun iklan di Business Manager Facebook Anda.

Untuk melakukan ini, Anda perlu menautkan salah satu akun iklan Anda yang ada atau membuatnya. Jadi, mulailah dengan mengklik opsi ‘Manajer Iklan’ di panel samping dan lakukan yang diperlukan. Karenanya, lanjutkan dan buat kampanye menggunakan tombol ‘Buat’ berwarna hijau di pojok kiri atas.

Anda kemudian harus memilih tujuan kampanye Anda, yang dengan jelas menunjukkan hasil yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda perlu memberi nama kampanye iklan Facebook Anda, mengatur audiens target Anda, merencanakan penempatan iklan, dan mengatur anggaran dan tawaran.

Setelah itu selesai, Anda siap untuk menjalankan kampanye iklan Facebook Anda!

Buat audiens

Facebook memiliki lebih dari 2,7 miliar pengguna aktif bulanan. Dengan jumlah pengguna ini, Facebook memiliki peluang penargetan audiens yang besar untuk setiap pengiklan. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan audiens yang paling sesuai untuk Anda.

Anda dapat melakukan ini di Business Manager Facebook, dengan mengklik ‘Audiens’ di pojok kiri atas. Dari bagian itu, Anda dapat menggunakan audiens yang disimpan, membuat audiens kustom, atau bahkan memilih untuk menggunakan audiens yang mirip.

Buat katalog produk

Katalog produk adalah solusi yang sangat berguna untuk Penargetan Ulang.

Anda dapat mengupload file dengan semua produk dan layanan Anda terdaftar untuk membuat katalog ini. Ikuti instruksi Facebook saat melakukannya.

Kemudian, Anda dapat menggunakan katalog untuk menjalankan iklan dinamis. Iklan ini memungkinkan Anda menampilkan produk tertentu kepada pengguna tertentu tanpa harus membuat puluhan atau ratusan iklan produk yang berbeda.

Berikut adalah contoh penggunaan yang bagus misalnya:

Bayangkan seseorang mengunjungi situs Anda, mengiklankan sebuah item ke keranjang mereka, tetapi tidak menyelesaikan pembelian.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mendorong mereka membeli barang tersebut?

Targetkan mereka dengan iklan produk dinamis yang akan menampilkan produk persis yang mereka tinggalkan di keranjang yang ditinggalkan dan mengingatkan mereka untuk menyelesaikan pembelian!

Konfigurasi atribusi iklan

Atribusi Facebook adalah alat pengukuran iklan mutakhir yang memberi tahu bisnis segala hal yang perlu mereka ketahui tentang perjalanan pelanggan untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.

Anda dapat menggunakannya untuk menentukan iklan mana yang berhasil untuk Anda dan mengalihkan pengeluaran iklan Anda ke arah itu.

Alat ini lebih dari sekadar melacak perilaku pengguna berdasarkan cookie dan klik terakhir, yang membuatnya jauh lebih hebat daripada kebanyakan alat di luar sana.

Namun, untuk menggunakan alat pengukuran kinerja iklan yang canggih ini, Anda harus memiliki akun Business Manager Facebook, jadi pastikan untuk membuatnya jika Anda belum memilikinya.

Pantau kinerja dengan Facebook Analytics

Analisis selalu menjadi bagian penting dari strategi bisnis yang sukses. Itulah satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda melakukan sesuatu dengan benar.

Itulah mengapa Business Manager memungkinkan Anda menganalisis halaman dan performa Pixel.

Mengenai halaman Facebook Anda, Anda dapat memantau aktivitas pengguna, memposting reaksi, membagikan, dan berkomentar, dan bahkan menemukan postingan Anda yang paling banyak bereaksi.

Namun, Facebook Pixel memungkinkan Anda melacak aktivitas pengunjung di situs web Anda. Misalnya, Anda dapat memantau aktivitas pengguna, sumber lalu lintas, rasio pentalan, dan bahkan pendapatan jika Anda menyiapkannya.

Dukungan Business Manager Facebook

Seiring waktu, Facebook telah menjadi pasar yang kompleks, dengan berbagai alat yang membutuhkan pemahaman yang menyeluruh dan jelas.

Jadi, jika Anda membutuhkan dukungan Business Manager Facebook, Anda dapat menavigasi di sini. Di sinilah Anda dapat menemukan artikel bantuan dan bahkan mengobrol dengan tim dukungan Facebook melalui Messenger.

Kesimpulan

Business Manager Facebook adalah solusi lengkap bagi bisnis dan agensi untuk mengelola aset Facebook dan Instagram mereka, tanpa kehilangan kendali atas mereka.

Selain itu, ini memungkinkan Anda mendapatkan lebih banyak dari kampanye Anda melalui kemampuan lanjutan seperti membuat dan menyiapkan Piksel Facebook, berbagai audiens, katalog produk, dan banyak lagi.

Anda bahkan dapat menggunakan alat Atribusi untuk mengukur kinerja iklan di seluruh platform Facebook dan membuat keputusan bisnis berdasarkan data.

Semua ini membuat Anda tidak memiliki alasan untuk mengabaikan alat manajemen iklan canggih yang dapat mengubah bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *