Pengertian dan Cara Membuat Channel Bisnis YouTube

Diposting pada

Media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Youtube, selain itu Youtube juga merupakan salah satu mesin pencari paling sukses di dunia. Melihat fakta tersebut, tentu saja Youtube bisa menjadi salah satu media yang efektif untuk para pemasar maupun konten kreator

Bagi Anda pemilik bisnis maupun konten kreator bisa mengoptimalkan channel Youtube untuk berjualan maupun berbagi konten. Untuk membuat channel Youtube pun cukup mudah, hanya dengan memakai akun Google

Perbedaan Channel Youtube Bisnis dan Channel Youtube Personal

Nah, channel Youtube itu ada 2 jenis yaitu channel Youtube Personal dan Channel Youtube bisnis atau merek. Channel yang Anda miliki termasuk jenis yang mana?

Berikut beberapa perbedaan kedua channel ini:

  • Anda hanya bisa mengelola satu channel personal melalui satu alamat email, sedangkan channel bisnis dapat dikelola oleh lebih dari satu akun email atau lebih dari satu orang.
  • Setiap akun Google hanya bisa membuat satu channel personal, selain itu jika Anda menambah di email tersebut maka anak menjadi channel bisnis

Channel Bisnis atau Merek YouTube memberikan kehadiran online yang unik, terpisah dari profil pribadi Anda. Meskipun Channel Bisnis atau Merek YouTube adalah entitas yang terpisah, Akun ini tersedia untuk diakses dan dikelola melalui channel pribadi Anda.

Cara membuat Channel Bisnis atau Merek YouTube

Untuk membuat Channel Bisnis atau Merek YouTube, Anda memerlukan profil Google terlebih dahulu. Buka halaman Pengaturan Akun Google dan masukkan nama, alamat email, dan kata sandi Anda. Masukkan juga detail tambahan seperti nomor ponsel, negara asal, jenis kelamin, dan tanggal lahir Anda. Setelah Anda menyetujui persyaratan layanan dan mengklik Berikutnya, Google akan mengonfirmasi akun baru Anda.

Untuk membuat Channel Bisnis atau Merek YouTube Anda, buka YouTube dan masuk menggunakan kredensial Google Anda yang baru.

  1. Klik gambar atau avatar di kanan atas layar.
  2. Pilih Creator Studio di menu tarik-turun.
  3. Klik lagi pada avatar atau gambar Anda di sudut kanan atas dan pilih roda gigi Pengaturan
  4. Pilih Buat channel Baru
  5. Masukkan nama untuk akun Bisnis YouTube Anda dan klik Buat.

Menambahkan detail ke Channel Bisnis atau Merek YouTube Anda

Anda harus mengoptimalkan channel bisnis tersebut setelah dibuat, sama seperti channel media sosial lainnya. Ada banyak komponen berbeda yang perlu dipertimbangkan di akun YouTube, tetapi beberapa di antaranya yang paling penting adalah:

  • Ikon channel dan karya seni: Spanduk dan ikon khusus membuat profil Anda menonjol dan membantu merek Anda tampak lebih kredibel. Dimensi ikon channel adalah 800 x 800, ditampilkan sebagai 98 x 98 piksel. Dimensi spanduk channel adalah 2.560 x 1440 dengan ruang yang disarankan 1546 x 423 untuk seluler dan web.
  • Deskripsi channel: Mirip dengan bio di Facebook, Twitter, atau Instagram, Channel Bisnis atau Merek YouTube Anda memerlukan deskripsi. Tambahkan informasi berguna tentang bisnis Anda dan detail kontak. YouTube juga memungkinkan hingga lima hyperlink yang dapat disesuaikan.
  • Channel dan aktivitas Unggulan: Sorot channel dan video favorit Anda di YouTube untuk mulai membangun hubungan dengan calon pemberi pengaruh dan menunjukkan kepribadian merek Anda.
  • Channel : Video pendek untuk memperkenalkan channel Anda adalah cara terbaik untuk melengkapi halaman “Tentang” bisnis Anda dan memberi tahu pengikut Anda apa yang diharapkan dari Anda.

Manfaat channel Bisnis YouTube

Sebagian besar channel media sosial sekarang menawarkan opsi “Bisnis” untuk organisasi yang perlu memerlukan fitur lebih dari sekedar akun pribadi. YouTube pun tidak terkecuali, dengan channel bisnis khusus di YouTube, bisnis akan:

  • Meningkatkan kampanye pemasaran dengan serangkaian kampanye iklan video yang terfokus.
  • Menunjukkan kredibilitas merek mereka melalui citra profesional di berbagai channel sosial.
  • Mempermudah untuk membagikan video Anda di channel media sosial lainnya

YouTube bahkan menyediakan opsi untuk menambahkan pengelola tambahan ke Channel Bisnis atau Merek Anda. Ini berarti Anda dapat mengizinkan beberapa orang dalam tim Anda untuk membuat konten untuk merek Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *