Konsekuensi Tidak Memperbarui Situs WordPress ke Versi Terbaru

Diposting pada

Apa akibatnya jika kita tidak update wordpress ke versi terbaru? Hal ini cukup sering ditanyakan oleh para pengguna wordpress.  Apakah Anda melihat pemberitahuan pembaruan di dasbor WordPress Anda dan memilih untuk mengabaikannya? Tahukah Anda bahwa menggunakan instalasi WordPress versi lama atau tidak mengikuti update memungkinkan peretas untuk mengeksploitasi situs web Anda?

Menurut statistik WordPress, hanya 36% pengguna yang menginstal versi terbaru (per Februari 2020). Banyak pemilik situs web memilih untuk menunda penginstalan pembaruan ke situs WordPress mereka karena beberapa alasan. Beberapa orang mungkin merasa pembaruan datang terlalu sering atau menyebabkan masalah pada situs mereka. Tetapi tidak memperbarui situs web Anda mengundang banyak masalah!

Artikel kali ini akan membahas dampak penggunaan perangkat lunak yang sudah ketinggalan zaman atau versi lama. Kami juga memahami poin-poin penting dalam memperbarui situs WordPress Anda. Jadi, kami juga akan memberi Anda kiat tentang cara memperbarui situs Anda dengan aman – tanpa kerumitan!

Mengapa Pembaruan WordPress Penting?

WordPress adalah perangkat lunak open source. Artinya, publik diundang untuk menggunakannya, mengubahnya, atau menyarankan perubahan. Pengembang di seluruh dunia dapat berkontribusi untuk meningkatkan perangkat lunak yang mencakup menemukan kelemahan keamanan. Mari kita lihat cara kerjanya:

  • Ketika kelemahan keamanan ditemukan di perangkat lunak WordPress, pengembang melaporkannya ke tim WordPress.
  • Tim inti ini segera memperbaiki masalah dengan ‘patch keamanan’ dan meluncurkan versi yang telah diperbarui.
  • Pemilik situs web diminta di dasbor WordPress mereka seperti ini: “WordPress 5.3.2 tersedia! Harap perbarui sekarang! ”
  • Setelah pemilik situs memperbarui penginstalan WordPress, masalah keamanan akan diperbaiki di situs mereka.

Apa yang terjadi jika tidak memperbarui situs WordPress?

Dengan memilih untuk tidak memperbarui, kerentanan tetap ada di situs web Anda. Yang lebih buruk adalah ketika pembaruan dirilis, konten dan alasan pembaruan disertakan dalam log perubahan yang tersedia untuk umum. Semua orang di seluruh dunia (termasuk peretas) sekarang sadar bahwa ada kelemahan keamanan di versi lama.

Peretas menggunakan pemindai untuk merayapi web dan menemukan situs WordPress yang berjalan pada versi lama. Setelah mereka menemukan situs Anda, mereka dengan mudah meretas karena mereka tahu persis apa kerentanannya.

Proses yang sama berlaku untuk tema dan plugin juga. Sebagian besar pengembang tema dan plugin terus berupaya meningkatkan perangkat lunak mereka. Mereka merilis pembaruan secara teratur untuk menambal masalah keamanan, memperbaiki bug, memperkenalkan fitur baru, dan memastikan kompatibilitas dengan perangkat lunak inti WordPress.

Dengan mengabaikan pembaruan, Anda mempermudah pekerjaan peretas dan mengundang mereka masuk. Itulah mengapa pembaruan rutin sangat penting untuk menjaga keamanan situs web Anda. Namun terlepas dari masalah keamanan, tidak memperbarui situs Anda juga membawa konsekuensi lain.

Konsekuensi dari Tidak Menjaga Situs WordPress Anda Diperbarui

Anda dapat menjalankan situs web Anda pada instalasi WordPress yang sudah ketinggalan zaman, tetapi pada akhirnya, Anda akan menghadapi banyak masalah jika tidak memperbaruinya. Di sini, kami akan membahas enam konsekuensi utama jika tidak memperbarui situs WordPress Anda:

Masalah Ketidakcocokan

Situs WordPress Anda terdiri dari banyak komponen. Sementara inti dikembangkan oleh tim WordPress, tema dan plugin dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Ketiga elemen berkembang melalui versi yang berbeda karena terus ditingkatkan. Ketika inti diperbarui, pengembang tema dan plugin mengubah desain mereka agar sesuai dengan versi WordPress yang baru.

Sekarang, jika Anda menjalankan versi WordPress lama, Anda akan melihat bahwa plugin dan tema tertentu tidak kompatibel. Ini berarti Anda tidak dapat menginstalnya atau jika Anda sudah menginstalnya, Anda akan melihat malfungsi. Di repositori WordPress, dalam deskripsi, plugin / tema menyebutkan bahwa itu kompatibel dengan “Versi 5 dan lebih tinggi.”

Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Jika Anda telah memperbarui penginstalan inti WordPress, tetapi tidak repot-repot memperbarui plugin, Anda akan melihat bahwa versi lama plugin tidak dapat lagi berfungsi dengan versi baru WordPress. Inilah mengapa sangat penting untuk selalu memperbarui semuanya.

Kinerja dan Kecepatan Lambat

Ini terutama jika Anda menggunakan versi WordPress lama (misalnya, 3.0) untuk situs web bisnis Anda. Anda dapat menghadapi masalah situs web seperti kecepatan memuat yang lambat, masalah terkait navigasi, atau halaman yang dialihkan. Dengan tidak memperbarui, Anda melewatkan perbaikan bug penting yang dapat menyebabkan situs web Anda tidak berfungsi.

Plugin dan tema yang kedaluwarsa dapat meningkatkan waktu respons situs web, menyebabkan pengunjung kehilangan minat dengan cepat. Semua ini dapat menyebabkan keterlibatan pelanggan yang buruk dan rasio pentalan yang tinggi.

Mempengaruhi Peringkat SEO

Faktor kinerja situs web seperti kecepatan dan lalu lintas masuk meningkatkan peringkat SEO secara keseluruhan di mesin pencari populer seperti Google. Kecepatan pemuatan yang lambat dari situs WordPress yang kedaluwarsa dapat menyebabkan penurunan lalu lintas masuk, yang berdampak negatif pada peringkat SEO Anda. Selain itu, peretas menemukan kerentanan di situs Anda dan membobolnya, Google dan mesin telusur lainnya memasukkan situs Anda ke dalam daftar hitam. Artinya pengunjung Anda akan melihat peringatan seperti ini:

Hilangnya Data Bisnis Berharga

Banyak yang merasa ‘Situs saya berfungsi dengan baik. Saya tidak membutuhkan versi baru. ‘Tapi semakin lama Anda menunda pembaruan, semakin sulit untuk mendapatkannya. Anda tidak dapat menjalankan versi lama selamanya. Cepat atau lambat, Anda harus memperbarui.

Sekarang, memperbarui dari Versi 3.0 ke 5.0 berarti Anda melewatkan banyak pembaruan di antaranya. Ini berarti banyak bug yang ada di kode lama telah dibiarkan terwujud di situs Anda.

Saat Anda akhirnya sampai pada titik di mana Anda harus memperbarui, Anda akan menyadari bahwa Anda akan kehilangan banyak data penting. Pembaruan juga dapat merusak situs web Anda.

Tip: Dalam situasi seperti itu, pastikan Anda memiliki cadangan dan mencari bantuan profesional untuk memperbarui situs WordPress Anda.

Kurangnya Dukungan Online WordPress

Saat Anda menghadapi masalah di situs web Anda dan beralih ke forum dukungan online untuk mendapatkan bantuan, sebagian besar jawaban yang dibahas terkait dengan versi baru WordPress. Anda harus mencari jawaban yang berhubungan dengan versi lama secara ekstensif.

Situs Anda Tertinggal

Ini bukan konsekuensi karena merupakan kerugian. Teknologi maju setiap detik membuat segalanya lebih baik, lebih cepat, dan lebih lancar. Jika Anda memilih untuk tidak memperbarui, Anda akan kehilangan fitur dan peningkatan baru yang terdapat dalam pembaruan tersebut.

Anda tidak akan memiliki akses ke hal-hal kecil yang dapat mengubah situs web “bagus” Anda menjadi situs web “luar biasa”. Anda dapat menghindari konsekuensi ini dengan memperbarui versi inti WordPress dan plugin / tema yang diinstal di situs web Anda secara teratur.

Sekarang, kami tahu bahwa memperbarui situs WordPress Anda tidak semudah mengklik tombol. Ada yang bisa salah saat Anda memperbarui dan itu menghalangi banyak pemilik situs web untuk memperbarui situs mereka.

Namun, ada cara untuk memperbarui situs Anda dengan aman. Dan itu harus dilakukan karena diretas hanyalah satu masalah dengan memilih untuk tidak memperbarui. Ada lebih banyak dampak yang dapat Anda hadapi jika Anda memilih untuk tetap menggunakan versi yang sudah ketinggalan zaman. Lebih lanjut, seperti yang kami sebutkan, semakin lama Anda menunggu, semakin buruk jadinya.

Sebelum mengakhiri, kami akan memberi Anda beberapa kiat tentang cara memperbarui situs web Anda dengan aman dan teratur tanpa merasa terbebani.

Cara memperbarui situs WordPress Anda dengan aman

Pembaruan WordPress, tema dan pluginnya cukup sering datang. Dan setelah Anda memperbarui situs, Anda mungkin melihat kesalahan server. Misalnya, klien baru saja memperbarui semua tema dan plugin di situs web mereka. Setelah selesai, mereka melihat kesalahan ini saat mencoba mengakses situs web.

Untuk menghindari masalah seperti itu, kami merekomendasikan menggunakan website stagging. Situs ini adalah replika persis dari situs web langsung Anda. Setiap perubahan yang dilakukan di sini tidak akan memengaruhi situs utama. Jadi, Anda dapat menguji pembaruan tanpa khawatir tentang pembaruan yang gagal.

Anda dapat menyiapkan website stagging menggunakan plugin dalam waktu kurang dari beberapa menit. Website stagging memungkinkan Anda untuk mencoba pembaruan, menguji tata letak dan desain baru, dan bereksperimen dengan konten baru. Setelah Anda puas dengan perubahan tersebut, Anda hanya perlu menggabungkan perubahan tersebut ke situs langsung Anda. Anda tidak perlu mereplikasi perubahan lagi di situs aktif Anda.

Kami juga menyarankan untuk membuat cadangan situs Anda sebelum membuat perubahan besar pada situs Anda atau menginstal pembaruan. Jika terjadi kesalahan, Anda dapat memulihkan cadangan dan kembali ke keadaan situs web Anda sebelumnya. Jika Anda menggunakan BlogVault untuk membuat situs, plugin secara otomatis akan membuat cadangan untuk Anda.

Dengan mengambil dua langkah ini, Anda dapat memperbarui situs Anda dengan aman – tidak perlu khawatir tentang pembaruan yang gagal dan masalah ketidakcocokan.

Akhir Kata

Penting untuk memperbarui situs WordPress Anda agar tetap aman dan terlindungi dari peretas. Memperbaiki situs web yang diretas adalah mimpi buruk. Dalam skenario ini, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Plus, pembaruan juga membawa banyak manfaat lainnya. Pembaruan membuat situs Anda tetap berjalan pada kecepatan dan kinerja optimal. Ini membantu meningkatkan peringkat SEO Anda, dengan demikian, meningkatkan visibilitas, lalu lintas, dan pendapatan Anda.

Demikian artikel Konsekuensi Tidak Memperbarui Situs WordPress ke Versi Terbaru yang bersumber dari torquemag.io. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *