Cara Mudah Membuat Website Gratis dengan Google Sites

Diposting pada

Membuat website seringkali dianggap sebagai pekerjaan yang sulit karena bersifat teknis. Belum lagi ditambah dengan kebutuhan lain seperti membeli domain dan menyediakan hosting. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang pemula yang ingin membuat website, terutama dari sisi keahlian dan biaya.

Namun, tahukah Anda bahwa Google Sites bisa menjadi solusi membuat website dengan mudah dan gratis? Bagaimana caranya? Silakan simak tulisan ini sampai selesai

Pengertian Google Sites

Apa itu google sites? Menurut laman Wikipedia, Google Sites adalah aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat. Google Sites merupakan platform milik Google yang memungkinkan Anda untuk membuat website dengan mudah dan gratis. Versi klasik Google Sites sangat mirip dengan Google Docs, sedangkan versi baru Google Sites bekerja lebih seperti Google Forms.

Keunggulan Google Sites

Sebelum membuat website di Google Sites, kenali dulu apa saja yang menjadi keunggulan Google Sites ini

– Platform disediakan Gratis oleh Google
– Cepat dan mudah untuk diedit
– Tidak diperlukan keahlian pemrograman atau database
– Ideal untuk pemula yang ingin membangun situs web untuk pertama kalinya
– Tidak diperlukan instalasi perangkat lunak
– Terintegrasi dengan aplikasi Google
– Pembuat dapat mengakses alat di mana saja
– Pembuat memiliki kontrol penuh atas akses dan izin halaman

Mengenal Fungsi Editor Google Sites

Sebelum menggunakan Google Sites untuk membuat website, sebaiknya kenali dulu menu atau fitur yang terdapat di dalam Google Sites. Untuk lebih mudah, ada 3 bagian yang bisa kita amati setelah membuka link google sites

1. Bagian Tengah

Bagian tengah di halaman editor Google Sites ini menunjukkan preview website yang sedang Anda buat. Hasil semua kustomisasi yang dilakukan akan terlihat di bagian ini.

2. Bagian Atas

Di bagian atas, terdapat beberapa tombol, yaitu:

Undo — Membatalkan perubahan yang dilakukan.
Redo — Menggunakan kembali perubahan yang baru saja dilakukan.
Preview — Melihat versi live website Anda.
Copy website link — Mengkopi link draft website Anda untuk diberikan ke orang lain.
Share with other people — Berfungsi untuk menunjukkan draft website atau mengajak orang lain berkolaborasi di draft website yang dikerjakan.
Setting — Berisi beberapa pengaturan terkait desain website. Di sini Anda juga dapat menghubungkan website dengan akun Google Analytics.
More — Menu untuk menampilkan fungsi tambahan. Contohnya, version history untuk melihat catatan perubahan draft dan duplicate site untuk menggandakan draft website yang sedang dibuat.
Publish — Tombol untuk mempublikasikan website setelah draft selesai dibuat.

3. Bagian Kanan

Terakhir, di bagian kanan, terdapat berbagai menu untuk melakukan kustomisasi website tiga kategori utama yang ditampilkan yaitu: Sisipkan, Halaman, dan Tema.

Tab Sisipkan berisi jenis-jenis konten yang dapat Anda masukkan ke halaman website. Misalnya, teks, gambar, tombol, divider, dan daftar isi. Selain itu, Anda juga dapat menyisipkan widget kalender, Google Maps, YouTube, dan dokumen-dokumen Google Docs. Tidak hanya itu, ada enam pilihan layout section yang dapat Anda pilih di tab ini sesuai kebutuhan website Anda.

Fungsi tab Halaman untuk menampilkan berapa banyak halaman website yang Anda miliki beserta strukturnya. Di tab ini juga Anda dapat menambahkan halaman ke website.

Tab terakhir adalah Tema, yang memungkinkan Anda untuk memilih tema dari website yang Anda buat. Sebuah tema meliputi font tulisan, aksen warna website, dan pilihan latar belakang untuk bagian banner. Google Sites menawarkan enam pilihan tema untuk membuat sebuah website yang menarik dan unik.

Meskipun sudah menentukan satu tema, Anda masih bisa menentukan ukuran font dan latar belakang yang digunakan. Cukup klik saja elemen yang digunakan.

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah dengan Google Sites

Berikut panduan langkah demi langkah tentang cara membuat situs web gratis di Google Sites

1. Buka Google Sites.

Buka Google Sites untuk memulai. Klik tombol “+” warna-warni di kanan bawah.

2. Beri nama Situs Google Anda.

Di kiri atas layar, klik Masukkan Nama Situs dan pilih nama untuk situs web baru Anda.

3. Beri judul halaman web pertama Anda.

Klik Judul Halaman Anda dan masukkan judul untuk halaman Anda. Anda dapat mengubah ukuran font, menambahkan teks tebal atau miring dan menyertakan tautan. Anda juga bisa menghapus bagian ini jika dirasa tidak perlu, mengubah gambar dengan upload gambar maupun memilih gambar dari Galeri, dengan URL, Penelusuran Google, Album maupun dari Google Drive. Selain itu, Anda juga bisa memilih Jenis header sesuai keinginan

4. Pilih tata letak Situs Anda.

Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat halaman website dengan cukup mudah. Caranya, klik dan tarik template layout dari tab Insert (Sisipkan). Anda akan melihat beberapa opsi untuk tata letak halaman termasuk gambar tunggal dengan teks, banyak gambar, dan banyak lagi.

Jika ada elemen yang tidak dibutuhkan atau kurang sesuai, Anda dapat menghapusnya dengan mudah. Caranya, letakkan kursor di atasnya. Lalu, klik ikon tempat sampah di sebelah kiri elemen tersebut.

Jika letak sebuah elemen tidak sesuai keinginan, cukup geser saja sesuai lokasi yang Anda kehendaki. Jadi, tidak perlu buru-buru menghapusnya.

Caranya, letakkan kursor di atas elemen dan klik ikon titik-titik yang ada di sebelah kanan ikon tempat sampah tadi. Tahan tombol mouse Anda ketika memindahkan elemen tersebut.

5. Perluas konten Situs Anda

Tambahkan konteks dan konten tambahan menggunakan menu di kanan bawah layar. Di sini, Anda akan menemukan opsi untuk menyertakan menu teks yang dapat diciutkan, daftar isi, carousel gambar, dan bahkan tombol.

6. Publikasikan Situs Google Anda.

Jika Anda puas dengan tata letak dan konten situs Anda, klik Publikasikan di pojok kanan atas.

7. Pilih alamat web Anda dan atur hak menonton.

Sekarang Anda dapat memilih alamat web dan memilih hak melihat atau mengedit situs Anda, sehingga pengunjung dapat melihat situs Anda atau membuat perubahan.

8. Gabungkan URL Anda sendiri.

Jika Anda lebih suka menggunakan URL yang sudah Anda miliki, kunjungi halaman Dukungan Google ini dan ikuti langkah-langkah yang tercantum – Anda harus memverifikasi bahwa Anda memiliki URL, arahkan URL Anda ke Situs Google Anda melalui platform penyedia hosting, lalu langsung tetapkan kustom Anda URL. Anda juga dapat mendaftarkan nama domain baru untuk Situs Google Anda.

Demikian artikel tentang Cara Mudah Membuat Website Gratis dengan Google Sites. Jika ada hal yang belum jelas silakan ditanyakan. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan