Cara Membuat & Memverifikasi Akun Google Bisnisku

Diposting pada

Listingan bisnis Google gratis Anda (dikenal sebagai Profil Bisnis Anda) dapat melakukan lebih dari yang Anda kira. Ketika dioptimalkan dengan benar, ini menampilkan fitur terbaik Anda dan memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda. Namun untuk mengoptimalkan Profil Bisnis Anda dengan benar, Anda memerlukan akses ke profil tersebut, dan untuk mengaksesnya, Anda perlu memverifikasi dengan Google bahwa Anda adalah pemilik yang sah.

Meskipun tampaknya sesederhana “langkah pertama buat, langkah kedua klaim, dan langkah ketiga verifikasi,” prosesnya tidak sesederhana itu. Itu karena memerlukan tiga akun Google yang berbeda dan dua platform Google yang berbeda, yang semuanya memiliki nama yang sangat mirip. Bicara tentang pembengkok otak.

Jadi, dalam posting ini, pertama-tama saya akan menjelaskan apa yang sebenarnya ada di Google, dan kemudian memberi Anda peta jalan yang jelas untuk membuat akun Google Bisnisku dan menggunakannya untuk mengklaim dan memverifikasi Profil Bisnis Anda di Google .

Mengapa membuat akun Google Bisnisku?

Akun Google Bisnisku memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari, dan menghubungi bisnis Anda secara online. Ini adalah manfaat inti dari akun Google Bisnisku, dan jika itu tidak cukup untuk meyakinkan Anda, pertimbangkan kerugian jika tidak memilikinya .

Anda berisiko kehilangan pelanggan. Tanpa akun Google Bisnisku, Anda tidak memiliki kendali atas informasi yang ditampilkan di Profil Bisnis Anda, dan menurut studi BrightLocal, 68% konsumen akan berhenti menggunakan bisnis lokal setelah menemukan informasi yang salah secara online.

Anda mempertaruhkan reputasi yang buruk. Tanpa akun Google Bisnisku, Anda tidak dapat menanggapi ulasan Google Anda, yang merupakan bagian wajib dari Profil Bisnis Anda. Dan dengan ulasan menjadi faktor peringkat Google dan pengaruh nomor satu pada pembelian konsumen, kemampuan untuk mengelolanya adalah suatu keharusan.

Anda kalah dari pesaing. Profil Bisnis yang kosong atau sederhana mirip dengan memiliki etalase yang tidak terawat. Jika Anda tidak mengurus bisnis Anda, bagaimana konsumen bisa percaya bahwa Anda akan mengurus mereka? Mereka akan lebih cenderung mengklik dan terlibat dengan Profil Bisnis di hasil pencarian yang memiliki banyak informasi menarik dan terlihat hidup.

Anda kehilangan real estat SERP. Google memberi peringkat Profil Bisnis menurut kualitasnya, dan Profil Bisnis saja tidak cukup. Namun, Profil Bisnis Google yang dikelola melalui akun Google Bisnis dapat dioptimalkan untuk mendapatkan peringkat di atas pesaing untuk pencarian kata kunci yang relevan.

Apa yang Anda butuhkan untuk mengklaim dan memverifikasi bisnis Anda di Google

Sekarang, sudah jelas bahwa membuat akun Google Bisnisku dan memverifikasi kepemilikan bisnis Anda sangat penting jika Anda ingin memberikan informasi yang akurat, menanggapi ulasan, menarik pelanggan, dan peringkat lebih tinggi dalam pencarian lokal—bahkan di halaman pertama.

Seperti disebutkan sebelumnya, bagaimanapun, prosesnya tidak super sederhana. Ini melibatkan dua platform Google yang berbeda dan tiga akun Google yang berbeda, semuanya memiliki nama yang mirip, dan beberapa di antaranya mungkin sudah Anda miliki. Jadi untuk membuat Anda mendapatkan pijakan yang jelas, pertama-tama mari kita perbaiki terminologinya.

Akun Google: Ini adalah akun gratis yang Anda buat dengan Google sehingga Anda dapat memiliki akses ke Google Documents, Google Drive, Google Foto, Gmail, dan lainnya. Banyak yang menyebutnya “akun Gmail”, tetapi Gmail hanyalah salah satu fiturnya; Anda sebenarnya dapat menggunakan email apa pun untuk menyiapkan Akun Google. Dalam posting ini, saya akan menggunakan istilah “Akun Google standar” untuk merujuk ke jenis akun ini, hanya untuk menghindari kebingungan. Sebagian besar pemilik bisnis sudah memiliki dua akun Google standar—satu yang mereka gunakan untuk kehidupan pribadi mereka dan satu lagi untuk bisnis mereka.

Profil Bisnis: Ini adalah Listingan bisnis gratis Anda di Google yang muncul di Google Maps, hasil lokal Google Penelusuran, dan Panel Pengetahuan di sebelah kanan Google Penelusuran.

Akun Google Bisnisku: Ini adalah akun gratis yang Anda buat yang memberi Anda dasbor untuk mengelola dan menyempurnakan Profil Bisnis Anda.

Cara memverifikasi bisnis Anda di Google

Sekarang setelah Anda memiliki terminologi yang tepat, mari kita gabungkan bagian-bagiannya untuk membentuk gambaran lengkap dari proses tersebut.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses penuh ke Profil Bisnis Anda di Google.

Cara Anda melakukannya adalah akun Google Bisnisku, yang Anda daftarkan menggunakan Akun Google standar.

Langkah-langkah untuk menyelesaikan proses adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memiliki Akun Google standar untuk bisnis Anda.
  • Pastikan Anda memiliki Profil Bisnis.
  • Buat akun Google Bisnisku.
  • Permintaan untuk mengklaim Profil Bisnis Anda.
  • Verifikasi kepemilikan bisnis Anda.

Sekarang, dengan dasar yang telah disiapkan, Anda dipersenjatai dan siap untuk mengklaim dan memverifikasi bisnis Anda dengan sukses di Google. Langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini ditulis secara linier, dan dalam beberapa kasus, Anda harus melewati satu langkah. Tetapi saya tetap mendorong Anda untuk membaca semuanya dengan cermat untuk menghindari penghalang jalan atau membuat akun duplikat.

Langkah #1: Pastikan Anda memiliki Akun Google untuk bisnis Anda

Ini adalah Akun Google standar yang kami jelaskan di bagian terminologi di atas. Jika Anda sudah memilikinya (pastikan itu bukan Akun Google penggunaan pribadi Anda), lewati ke Langkah #2. Jika Anda tidak memiliki Akun Google untuk bisnis Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka accounts.google.com/signin.
  2. Klik “Buat akun”.
  3. Anda akan melihat tarik-turun dengan dua opsi. Pilih “Untuk mengelola bisnis saya”.
  4. Berikan informasi yang diperlukan.

Langkah #2: Pastikan Anda memiliki Profil Bisnis

Profil Bisnis Anda adalah istilah resmi untuk Listingan bisnis Google Anda. Seperti disebutkan di atas, Profil Google Bisnis terpisah dari akun Google Bisnisku. Profil Bisnis dapat berdiri sendiri, tanpa akun Google Bisnisku.

Masalahnya adalah pemilik bisnis tidak memiliki kendali atas informasi di Profil Bisnis tersebut hingga mereka mengklaimnya, dan ini dilakukan melalui Google Bisnisku.

Intinya: Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memiliki Profil Bisnis untuk diklaim setelah Anda menyiapkan akun Google Bisnisku.

Jika Anda tahu bahwa Anda telah membuat Profil Bisnis, langsung ke Langkah #4. Jika Anda belum membuatnya atau tidak yakin, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Catatan: Meskipun Anda tidak membuatnya, ada kemungkinan Profil Bisnis Anda sudah ada. Ini karena Profil Bisnis hanyalah sebuah tempat di Google Maps, yang dapat ditambahkan oleh orang atau komputer mana pun. Jadi untuk memeriksa dan melihat apakah Anda perlu membuat Profil Bisnis, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google.com/maps.
  2. Cari nama bisnis Anda.
  3. Jika nama bisnis Anda terisi di drop-down dengan alamat di sebelahnya, ini berarti Profil Bisnis Anda sudah ada. Bagus! Anda dapat melanjutkan ke Langkah #4
  4. Jika nama bisnis Anda tidak diisi dengan alamat, pilih dan Anda akan melihat sesuatu seperti ini:
  5. Pilih “Tambahkan tempat yang hilang”, dan Anda akan melihat layar seperti ini:
  6. Berikan informasi yang diminta. Perhatikan bahwa Anda akan memiliki opsi untuk mengklaim bisnis dalam jendela yang sama. Karena Anda belum memiliki akun Google Bisnisku, Anda harus melanjutkan ke Langkah #3. Jika Anda sudah memiliki akun Google Bisnisku, Anda dapat mengikuti petunjuknya dan Anda akan sampai di Langkah #5—lihat saja!

Langkah #3: Daftar akun Google Bisnisku

Cara Anda mengklaim Profil Bisnis Anda di Google adalah melalui akun Google Bisnisku. Asalkan Anda memiliki akun Google standar (lihat Langkah #1), berikut cara mendaftar akun Google Bisnisku.

  1. Pastikan Anda masuk ke Akun Google standar untuk bisnis Anda (dan bukan Akun Google standar untuk kehidupan pribadi Anda).
  2. Buka google.com/business.
  3. Pilih “Kelola sekarang”.
  4. Berikan informasi dasar yang diminta Google, termasuk.
  • Nama Bisnis
  • Alamat
  • Situs web
  • Nomor telepon
  • Area pengiriman (jika ada)
  • Kategori

Setelah Anda menghubungkan akun ini dengan Profil Bisnis Anda (langkah terakhir dari posting ini), bidang tambahan akan terbuka di dasbor Anda sehingga Anda dapat memberikan lebih banyak informasi tentang bisnis Anda. Informasi ini adalah kunci untuk mengoptimalkan bisnis Anda untuk SEO lokal dan menarik lebih banyak pelanggan melalui listingan gratis Anda.

Langkah #4: Permintaan untuk mengklaim Profil Bisnis Anda

Di sinilah kita mulai menyatukan potongan-potongan itu. Sayangnya, membuat akun Google Bisnisku (dari Langkah #3) tidak secara otomatis menghubungkannya ke Profil Bisnis Anda (dari Langkah #2). Anda perlu memberi tahu Google untuk menghubungkan mereka, dan Anda melakukannya dengan memverifikasi kepemilikan bisnis Anda. Untuk melakukannya, mulailah dengan mencari Profil Bisnis Anda di Google Maps atau Google Penelusuran dan meminta untuk mengklaimnya. Anda dapat melakukan ini salah satu dari dua cara:

Metode permintaan klaim #1:

  1. Buka google.com dan cari nama dan lokasi bisnis Anda. Jika Profil Bisnis Anda muncul di sebelah kanan, cari “Memiliki bisnis ini?” pilihan dan pilih.
  2. Dari sana, Anda akan diarahkan ke layar yang bertuliskan “Kelola bisnis ini agar Anda dapat membalas ulasan, memperbarui info, dan lainnya“.
  3. Klik “Kelola sekarang”, dan ikuti petunjuk untuk mengklaim bisnis Anda. Sekali lagi, pastikan Anda masuk dengan Akun Google standar yang digunakan untuk bisnis Anda, dan bukan untuk kehidupan pribadi Anda, yang dirujuk pada Langkah #1.

Metode permintaan klaim #2: Google Maps

  1. Buka Google.com/maps.
  2. Ketik nama bisnis Anda.
  3. Klik Profil Bisnis Anda, yang akan diperluas.
  4. Anda kemudian akan melihat opsi untuk “Klaim bisnis ini
  5. Mengklik “Klaim bisnis ini” kemudian akan menampilkan layar yang sama dengan yang Anda lihat pada metode pertama, tetapi kali ini tepat di atas peta.
  6. Klik “Kelola sekarang” dan ikuti petunjuknya. Sekali lagi, pastikan Anda masuk dengan Akun Google yang Anda buat untuk bisnis yang dirujuk pada Langkah #1.

Langkah #5: Verifikasi kepemilikan bisnis Anda

Saat Anda mengklik “Kelola sekarang“, Anda akan diminta untuk memberikan informasi untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik sah bisnis tersebut. Bergantung pada jenis bisnis yang Anda miliki, jika Anda membuat Profil Bisnis dan Anda masuk ke akun Google Bisnisku, Anda mungkin langsung divalidasi.

Jika bukan Anda yang membuat Profil Bisnis, Google akan mengirimkan kode verifikasi yang akan Anda masukkan ke dasbor Google Bisnis Anda. Bergantung pada keadaan akun/persyaratan keamanan industri Anda, Anda mungkin diberikan kode verifikasi melalui surat biasa, email, atau teks.

Setelah Anda menerima kode dan memasukkannya ke dalam kotak, Anda akan memiliki kepemilikan penuh atas Profil Bisnis Anda di Google! Anda sekarang dapat mengelola ulasan, memperbarui informasi, menambahkan detail yang lebih menarik, dan mengoptimalkannya untuk pemasaran lokal yang sukses.

Luangkan waktu untuk memverifikasi bisnis Anda di Google

Google mengubah cara konsumen menemukan dan terlibat dengan bisnis lokal, jadi jika Anda ingin terus menjangkau audiens dan menarik pelanggan dengan Profil Bisnis gratis Anda, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah di atas. Prosesnya memiliki bagian dan bagian yang berbeda, tetapi tidak harus terlalu rumit dengan panduan seperti ini dan opsi seperti melakukannya di ponsel. Mulailah dengan membuat, mengklaim, dan memverifikasi melalui Google Bisnisku sekarang sehingga Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari alat luar biasa dan gratis yang tersedia untuk Anda ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *