7 Pengaturan Agar WhatsApp Anda Tetap Aman

Diposting pada

Whatsapp messenger adalah aplikasi perpesanan untuk semua orang sekarang dan memiliki lebih dari satu miliar unduhan di semua platform. WhatsApp menjadi populer karena fitur perpesanan yang mudah, antarmuka yang ramah pengguna, berbagi media secara instan, membuat obrolan grup, dan jaminan enkripsi end to end.

Tetapi apakah WhatsApp benar-benar aman dari penyusup? Berikut adalah beberapa pengaturan untuk menjaga privasi Anda, mengungkapkan detail profil dan status online Anda hanya kepada orang-orang yang Anda pilih untuk berbagi informasi.

Temukan beberapa pengaturan ini agar Anda tetap aman di Whatsapp dan cara mengaktifkannya di bawah dalam artikel ini.

Pengaturan apa saja yang disarankan untuk membuat Anda tetap aman di Whatsapp? Jadi, berikut adalah beberapa pengaturan yang disarankan untuk membuat Anda tetap aman di Whatsapp yang harus Anda aktifkan sekarang untuk menjaga profil dan percakapan Anda tetap pribadi:

1. Siapa yang dapat melihat profil saya?

Ada fitur “siapa yang dapat melihat profil saya” di pengaturan WhatsApp. Jika Anda telah mengaktifkan pengaturan untuk semua orang, maka Anda pasti mempertaruhkan privasi Anda. Dalam mode “semua orang”, bahkan orang-orang yang benar-benar asing dan tidak ada dalam daftar kontak Anda dapat memiliki akses ke gambar profil Anda dan menyalahgunakannya.

Oleh karena itu Anda harus menyimpan pengaturan pada “kontak saya” atau “tidak ada” untuk membuat gambar profil Anda hanya terlihat oleh orang-orang yang nomor kontaknya disimpan di perangkat Anda jika Anda memilih “kontak saya” di bawah “siapa yang dapat melihat profil saya”.

Kunjungi pengaturan WhatsApps<Akun<Privasi<Foto Profil untuk mengaktifkan pengaturan keamanan ini

2. Siapa yang bisa melihat yang terakhir saya lihat?

Sama seperti gambar profil Anda, kunjungan terakhir Anda juga dapat dilihat oleh semua orang. Anda mungkin berpikir, apa yang salah dengan itu? Jadi, izinkan kami memberi tahu Anda bahwa banyak penipu memeriksa nomor acak yang terakhir dilihat untuk melihat apakah nomor tersebut aktif atau tidak.

Kemudian mereka menjadikan nomor itu sebagai target jika mereka merasa aktif. Oleh karena itu, Anda harus menyimpan yang terakhir terlihat pada siapa pun atau kontak saya.

Kunjungi pengaturan WhatsApp<Akun<Privasi<Last Seen untuk mengaktifkan pengaturan keamanan ini.

3. Privasi Status

Pengaturan privasi lainnya adalah privasi status. Gambar dan media lain yang Anda unggah di status Anda mungkin dapat dilihat oleh semua orang di kontak Anda.

Anda harus menjaga pengaturan privasi status hanya dapat diakses oleh kontak Anda, atau Anda mungkin akhirnya membagikan detail Anda kepada orang-orang yang tidak Anda inginkan.

Kunjungi pengaturan WhatsApps<Akun<Privasi<Status untuk menemukan pengaturan keamanan ini. Anda akan melihat tiga opsi berbeda di sini.

Yang pertama adalah “kontak saya” yang akan membuat semua orang di kontak Anda melihat status Anda. Pengaturan kedua adalah “kontak saya kecuali” di mana Anda dapat memilih beberapa kontak luar biasa dengan siapa Anda tidak ingin berbagi status dengan Anda. Dan yang terakhir akan menjadi “satu-satunya berbagi dengan” yang memungkinkan Anda untuk membagikan status Anda dengan orang-orang terpilih yang ingin Anda bagikan.

4. Pemberitahuan privasi dan keamanan grup Whatsapp

Pengaturan privasi selanjutnya adalah menonaktifkan privasi grup WhatsApp. Anda dapat memilih apakah Anda ingin ditambahkan ke grup acak mana pun oleh orang asing yang sama sekali tidak dikenal atau tidak. Yang terbaik adalah tidak memberi siapa pun akses untuk menambahkan Anda ke grup dengan menyimpan pengaturan di “kontak saya”.

Kunjungi pengaturan WhatsApp<Akun<Privasi<Grup untuk mengaktifkan pengaturan keamanan ini pada kontak saya atau siapa pun.

Untuk notifikasi keamanan, yang terbaik adalah mengaktifkannya dengan masuk ke pengaturan akun pada pengaturan WhatsApp dan memilih opsi keamanan. Di sana Anda akan menemukan “tampilkan pemberitahuan keamanan”. Nyalakan untuk menerima pemberitahuan ketika salah satu kode keamanan kontak Anda berubah.

5. Sembunyikan Tentang / Status Profil Lawas

Tentang adalah status yang telah Anda tambahkan untuk ditampilkan tepat di bawah gambar profil Anda dalam kata-kata. Pengaturan untuk bagian “tentang” juga disarankan untuk diletakkan di bawah “kontak saya” atau “tidak ada” untuk alasan keamanan.

Kunjungi pengaturan WhatsApp<Akun<Privasi<Tentang untuk mengaktifkan pengaturan aman ini.

6. Verifikasi dua langkah

Pengaturan verifikasi dua langkah adalah fitur penting lainnya untuk menjaga WhatsApp Anda tetap aman dan terlindungi dari peretas yang mencoba meretasnya dan menyerang privasi Anda.

Kunjungi pengaturan akun di pengaturan WhatsApp. Anda akan menemukan opsi verifikasi dua langkah di sana. Anda dapat menambahkan pin keamanan yang akan dikirim sebagai SMS pada nomor kontak Anda. Dan pin satu kali rahasia itu akan diperlukan untuk mendaftarkan nomor telepon Anda dengan WhatsApp lagi. Dengan cara ini, tidak ada peretas yang dapat mendaftarkan nomor WhatsApp Anda di perangkat seluler lainnya.

7. Lokasi Terkini

Anda mungkin akrab dengan fitur lokasi terkini di WhatsApp messenger. Hal ini memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi Anda saat ini dengan salah satu kontak Anda yang Anda inginkan.

Ini sangat membantu, terutama jika Anda ingin membagikan alamat Anda dengan tamu yang akan datang. Tetapi kontak Anda dapat memiliki akses ke sana bahkan setelah pekerjaan selesai dan dapat dengan mudah menyalahgunakannya. Oleh karena itu, Anda tidak boleh mengirim lokasi terkini selama lebih dari 1 jam. Juga, pastikan untuk menghapus lokasi terkini untuk semua setelah pekerjaan selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *