40 + Panduan dan Tips Canva Terbaru

Diposting pada

Canva telah memukau banyak orang sejak diluncurkan pada tahun 2012 oleh salah satu pendiri Cameron Adams, Cliff Obrecht, dan Melanie Perkins. Dengan platform yang ramah pengguna dan fitur canggih, tidak mengherankan jika Canva telah menjadi salah satu alat paling populer dalam hal mendesain konten visual.

Bagi pemilik bisnis, Canva membantu membuat visual yang memukau dalam berbagai format secara cepat. Daripada selalu memulai dari awal, dengan Canva Anda bisa membuat template untuk bisnis dan menggunakannya untuk menyelesaikan sesuatu dengan lebih cepat dan lebih mudah.

Ada begitu banyak hal yang dapat Anda buat dan lakukan dengan Canva. Anda bisa menggunakannya untuk lead magnet, eBook, materi kursus online, grafik situs web, grafik media sosial, dll. Canva bukan hanya platform desain yang andal, tetapi juga merupakan alat produktivitas yang sangat membantu yang dapat menghemat banyak waktu dan energi untuk mendapatkan visual yang luar biasa untuk bisnis Anda.

Dalam artikel ini dibahas cara menggunakan Canva pada tahun 2021 plus 40+ kiat Canva, tetapi pertama-tama, berikut adalah ikhtisar bagi mereka yang tidak terbiasa dengan platform ini.

Apa itu Canva?

Canva adalah platform desain grafis yang mudah digunakan yang membantu Anda membuat desain yang memukau dalam berbagai format. Anda dapat mengakses dan menggunakan Canva melalui situs webnya (www.canva.com) atau aplikasi seluler, tetapi Canva juga tersedia sebagai unduhan desktop.

Canva Gratis vs Canva Premium

Salah satu hal terbaik tentang Canva adalah mereka menawarkan versi gratis dan versi berbayar yang disebut Canva Pro.

Anda bisa mencoba menggunakan versi gratis Canva terlebih dahulu untuk menguji semua fitur dasar platform. Kemudian jika Anda merasa perlu melakukan lebih banyak atau jika Anda ingin menggunakan Canva untuk bisnis Anda, Anda dapat mencoba Canva Pro dengan uji coba gratis 30 hari dan kemudian meningkatkan mulai dari $9,99 per bulan untuk penagihan tahunan.

Dibandingkan dengan versi gratisnya, Canva Pro menyertakan lebih banyak font, stok foto, dan template untuk Anda pilih. Ini termasuk 100GB penyimpanan cloud dibandingkan dengan 5GB untuk versi gratis. Anda juga akan memiliki akses ke beberapa fitur yang lebih canggih seperti penghapus latar belakang, brand kit, dan magic resize

Kemudian bagi mereka yang membutuhkan semua fitur Canva Pro tetapi merupakan bagian dari tim atau organisasi besar, Anda mungkin ingin melihat Canva for Enterprise yang menawarkan penyimpanan tak terbatas dan bahkan kontrol yang lebih canggih untuk berkolaborasi dan mendesain dalam skala besar.

Ingin belajar desain dengan Canva? Anda bisa bergabung di Kelas Canva untuk mempelajari Canva secara mendetail

Perlu juga diperhatikan bahwa platform ini ditawarkan gratis untuk lembaga nonprofit (Canva untuk Lembaga Nonprofit) dan ruang kelas terdaftar (Canva for Education), jadi pastikan untuk memeriksanya untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat.

1. Buat Format Desain Berbeda

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Anda dapat menggunakan Canva untuk membuat desain yang berbeda dalam berbagai format.

Beberapa opsi populer termasuk grafik media sosial, brosur, resume, presentasi, dan pamflet, tetapi klik di sini (https://www.canva.com/create/) untuk melihat daftar format lengkap.

Apa yang hebat tentang halaman itu adalah jika Anda mengklik format apa pun di sana, Anda akan diarahkan ke halaman sumber daya format itu yang mencakup kiat dan sumber daya.

Misalnya, jika Anda ingin membuat postingan atau Stories Instagram, Anda dapat mengklik di sini untuk mempelajari tentang ukuran yang direkomendasikan Instagram dan mendapatkan inspirasi jika Anda kehabisan ide konten.

2. Pilih Dari Beberapa Jenis File

Setelah selesai membuat atau menyesuaikan desain di Editor Canva, Anda dapat memilih untuk mengunduh desain dalam beberapa jenis file.

Untuk gambar atau grafik, Anda dapat mengunduhnya sebagai file JPG atau PNG. (Jika Anda memiliki Canva Pro, Anda dapat mengunduh PNG dengan latar belakang transparan.)

Untuk lembar kerja, pamflet, brosur, dan format serupa, Anda dapat mengunduh pekerjaan Anda sebagai file Standar PDF atau file Cetak PDF jika Anda menginginkannya dalam kualitas tinggi atau untuk dicetak.

Ada juga opsi file lain seperti video MP4, GIF, dan SVG (yang terakhir ini baru dan untuk pengguna Canva Pro).

Sebagai pengguna Canva Pro, Anda bahkan dapat mengunduh file sebagai file terkompresi dengan kualitas lebih rendah. Ini sangat membantu untuk membuat desain yang tidak perlu berat atau ultra hi-res seperti grafik situs web kecil atau grafik media sosial.

3. Gunakan Gambar Canva dan Editor Foto

Canva memungkinkan Anda mengunggah gambar Anda sendiri dari perangkat, tetapi Anda juga dapat memanfaatkan jutaan stok foto gratis dan berbayarnya.

Anda kemudian dapat mengedit foto dari dalam platform, menggunakan filter preset seperti “skala abu-abu”, “retro”, “musim panas”, dan banyak lagi.

Anda juga memiliki fitur pengeditan foto dasar seperti memotong dan membalik serta menyesuaikan kecerahan, kontras, saturasi, warna, dll.

Untuk pengguna Canva Pro, Anda juga dapat menghapus latar belakang gambar dengan satu klik. Cukup pilih gambar lalu klik opsi Efek dari bilah alat dan klik Penghapus Latar Belakang.

Jika Anda membutuhkan foto latar belakang secara khusus, Canva memiliki banyak foto di halaman ini.

4. Gunakan Kode Filter Canva

Kami sudah menyebutkan menggunakan filter prasetel, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat membuat filter khusus? Ini berguna dalam mengedit banyak foto agar semua terlihat serupa dan mencapai konsistensi merek

Untuk membuat kode filter khusus, tambahkan foto ke kanvas kosong dan ubah pengaturan filter (klik Edit > Sesuaikan).

Setelah Anda puas dengan pengaturannya, salin kode filter di bagian bawah panel sebelah kiri, klik foto berikutnya yang ingin Anda edit, dan tempelkan kode di Edit > Adjust > Filter code.

(Atau, Anda juga dapat memilih foto pertama, klik ikon “Salin gaya” di sisi kanan atas bilah alat, dan klik foto kedua untuk menempelkan pengaturan filter.)

5. Gunakan Bentuk, Ikon, Garis, Vektor, dan Ilustrasi Canva

Jika Anda ingin lebih menyesuaikan desain, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan bentuk, ikon, garis, vektor, dan ilustrasi Canva.

Untuk mengakses elemen ini dari Editor Canva, lihat menu bilah sisi kiri dan pilih tab Elemen.

Anda kemudian dapat mengetikkan kata kunci untuk mencari elemen yang Anda inginkan, menggulir untuk melihat daftar elemen unggulan, atau melihat elemen “Baru saja digunakan” dari atas.

Jika Anda ingin menambahkan garis ke desain Anda, membuat garis dari semua ukuran kini lebih mudah di Canva. Anda dapat menyesuaikan berat, gaya, warna, dan bahkan ujung garis hanya dengan menyeret titik akhir. Pintasan keyboard untuk menambahkan garis adalah L.

Perlu diperhatikan bahwa Canva selalu menambahkan item baru ke koleksi mereka yang banyak, jadi pastikan untuk memeriksanya kembali secara berkala.

6. Gunakan Kode merek Canva

Jika konsistensi merek penting bagi Anda, Anda dapat menelusuri elemen yang serupa dan dibuat oleh desainer Canva yang sama menggunakan kode merek.

Temukan elemen yang Anda suka dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas. Ini akan membuka jendela kecil dengan informasi lebih lanjut tentang elemen seperti judul elemen, nama desainer yang membuatnya, dan kata kuncinya.

Klik tautan “Lihat lebih banyak oleh [desainer]” dan panel pencarian akan menampilkan semua elemen yang dibuat oleh desainer tersebut.

Di dalam kotak pencarian, akan ada kode yang dimulai dengan “merek:” diikuti oleh sekelompok angka. Anda kemudian dapat menyalin dan mencatat kode merek tersebut untuk dirujuk di masa mendatang.

7. Buat Video, Animasi, dan GIF

Tahukah Anda bahwa Canva juga memungkinkan Anda membuat video?

Anda dapat mengunggah video dan trek audio Anda sendiri dari perangkat Anda (lihat menu bilah sisi kiri, di bawah Unggahan > Unggah media) lalu tambahkan ke desain Anda.

Atau, Anda dapat memilih dari banyak koleksi video stok Canva dan 25.000 trek audio bebas royalti (tersedia opsi gratis dan berbayar).

Setelah Anda menambahkan video ke desain Anda, klik pada video dan bilah alat video akan muncul di mana Anda dapat memotong, membalik, atau menyesuaikan panjang video. Anda juga dapat mengubah ukuran video agar pas dengan seluruh halaman, membuatnya lebih kecil, atau menyeretnya ke sekeliling.

Jika Anda ingin membuat GIF atau menggunakan animasi dan stiker, Canva juga memiliki opsi untuk Anda.

Untuk animasi, pastikan Anda tidak memilih apa pun di Editor Canva dan bilah alat akan menampilkan opsi “Animate”. Anda dapat menggunakan ini untuk menyesuaikan panjang animasi, memilih antara opsi gratis dan berbayar, dan bahkan menerapkan animasi ke semua halaman desain Anda.

Untuk stiker, ketik “stiker animasi” di kotak pencarian tab Elemen.

Untuk GIF, klik tombol Unduh di sudut kanan atas layar Anda dan pilih GIF sebagai jenis file.

8. Gunakan Mockup Perangkat Gratis

Jika Anda membutuhkan maket perangkat untuk mempromosikan leads magnet, kursus online, eBuku, atau produk dan layanan lainnya, Canva siap membantu Anda!

Pilih Elemen dari menu bilah sisi kiri Anda dan klik “Lihat semua” di bawah kategori Bingkai. Di sana Anda akan menemukan bingkai mockup untuk laptop, desktop, ponsel, dan tablet. Klik pada perangkat untuk menambahkannya ke desain Anda dan seret dan lepas foto di dalam bingkai. Anda juga dapat menyesuaikan warna perangkat.

9. Cari dan Filter Elemen

Canva memiliki fungsi pencarian yang berguna di mana Anda dapat mengetikkan kata kunci untuk mencari elemen yang Anda inginkan.

Untuk menemukan elemen yang lebih spesifik, Anda menggabungkan kata kunci pencarian dengan menambahkan “+” sebelum setiap kata kunci (mis. ketik “+hijau +daun” untuk menemukan daun berwarna hijau).

Anda juga dapat memfilter elemen yang Anda cari di Canva. Di tab Elemen, lihat bilah pencarian di atas, ketik kata kunci, dan klik ikon sakelar.

Di sini Anda dapat memfilter pencarian Anda berdasarkan warna, animasi (Statis atau Animasi), dan berdasarkan ketersediaan (Gratis atau Pro), lalu klik “Terapkan filter.”

10. Filter Pencarian Font

Memilih font di Canva tidak harus berlebihan. Anda selalu dapat memfilter hasil pencarian dengan memilih kotak teks dan merujuk ke kotak pencarian opsi font. Di sini Anda dapat melihat font di bawah kategori yang berbeda seperti tulisan tangan, perusahaan, tampilan, sans serif, serif, kaligrafi, dan banyak lagi.

Tingkatkan Presentasi Anda

Fitur luar biasa lainnya dari Canva adalah memungkinkan Anda membuat presentasi dengan mudah dan benar-benar menyajikannya dari platform.

11. Sajikan dan Rekam

Sekarang Anda dapat merekam diri Anda sendiri yang sedang mempresentasikan presentasi Anda menggunakan Canva. Lihat sudut kanan atas layar Anda, pilih ikon tiga titik, dan pilih “Present and record”, bukan hanya “Present.” Anda kemudian dapat membagikan tautan ke orang lain untuk dilihat.

12. Hadir Dengan Catatan

Anda dapat menambahkan catatan ke presentasi Anda (lihat ikon pengaturan halaman di atas setiap slide dan klik ikon “Tambahkan catatan penyaji”). Setelah Anda menambahkan semua catatan Anda ke slide Anda, klik ikon 3 titik di sudut kanan atas layar Anda, dan pilih opsi “Presentasikan dengan catatan”.

13. Gunakan Grafik dan Bagan

Grafik dan bagan dapat membuat presentasi Anda lebih visual dan lebih mudah dipahami oleh pemirsa Anda. Untungnya, Anda dapat menambahkan data ke Canva dan membuatnya membuat grafik atau bagan untuk Anda secara otomatis dan Anda dapat dengan cepat menyematkannya di presentasi Anda (atau format desain apa pun sebenarnya!).

14. Bagikan sebagai Situs Web Layar Penuh

Anda juga dapat membuat presentasi di Canva, lalu membagikannya sebagai situs web layar penuh. Ini bagus jika Anda mengirim presentasi ke klien tetapi tidak ingin membagikan file yang sebenarnya dapat diedit.

Yang harus Anda lakukan adalah mengklik ikon 3 titik dari sudut kanan atas layar Anda, pilih “Situs Web” di bawah kategori “Bagikan” dan pilih dari gaya situs web yang tersedia: Presentasi, Menggulir, Navigasi Klasik, atau Standar.

(Penting juga untuk dicatat bahwa Anda dapat membagikan format desain lain sebagai situs web, bukan hanya presentasi.)

15. Tayangkan dengan Canva

Canva Live adalah fitur baru yang memungkinkan Anda mempresentasikan dan berinteraksi dengan audiens secara real time. Mereka akan dapat mengirimkan pertanyaan dan komentar langsung dari perangkat mereka sementara Anda, presenter, dapat menampilkan pertanyaan di layar untuk mereka.

Untuk mengakses ini, saat Anda berada di Editor Canva, klik opsi “Present fullscreen” (ikon terletak di sudut kanan bawah layar Anda) lalu klik ikon Canva Live (juga di sudut kanan bawah) . Di halaman berikutnya, klik “Mulai sesi baru” dan Anda akan diberikan kode yang dapat Anda bagikan dengan audiens Anda. Mereka kemudian harus membuka canva.live dan memasukkan kode untuk bergabung dengan Anda.

16. Gunakan Kit Merek Canva

Untuk pengguna Canva Pro, Anda dapat membuat kit merek Anda sendiri di dalam platform lengkap dengan warna merek, font, dan logo Anda.

Untuk mengakses ini, buka beranda akun Anda dan pilih tab Kit Merek dari menu bilah sisi kiri. Dari sana Anda dapat mengunggah logo merek Anda, memilih font merek Anda, dan menambahkan palet warna Anda.

17. Sesuaikan Template agar Sesuai dengan Merek Anda

Dengan menggunakan fitur Canva Brand Kit (sekali lagi ini untuk pengguna Canva Pro), Anda dapat dengan mudah menarik elemen branding Anda sendiri (font dan palet warna) setiap kali Anda mendesain proyek baru.

Yang harus Anda lakukan adalah merujuk ke tab Styles dari menu sidebar kiri dan klik pada palet warna atau font Anda. Canva kemudian akan memasukkan ini ke dalam template atau desain Anda secara otomatis. Anda bahkan dapat mengklik “Terapkan ke semua halaman” untuk menerapkan desain ke semua halaman.

18. Ubah Semua Warna Dengan Satu Klik

Selain Kit Merek, penghemat waktu besar lainnya adalah fitur “Ubah semua” Canva.

Jika Anda ingin mengubah warna beberapa elemen dalam satu desain, Anda tidak perlu membuka setiap elemen di halaman yang berbeda dan mengubah warnanya satu per satu.

Pilih elemen dalam desain (mis. persegi panjang, ikon, teks, dll.) dan bilah alat akan muncul di mana Anda dapat mengubah warnanya.

Klik pada warna baru untuk elemen dan kemudian opsi kotak centang di bagian bawah panel samping akan muncul yang mengatakan “Ubah semua …” Anda kemudian dapat mencentang kotak ini untuk mengubah semua elemen berwarna sama menjadi baru yang sama warna dengan satu klik.

19. Buat Logo Anda

Membuat logo menjadi lebih mudah menggunakan template logo Canva. Mereka bahkan menawarkan tips tentang cara membuat dan memilih elemen logo Anda sehingga dapat menjadi representasi terbaik dari bisnis Anda.

Catatan: Berhati-hatilah saat menggunakan templat logo karena Anda tidak dapat mendesain merek dagang yang menggunakan media stok.

20. Pilih Warna Anda

Anda dapat memilih warna yang benar-benar mewakili bisnis Anda menggunakan opsi roda warna dan makna warna Canva. Anda juga dapat menggunakan palet warna di mana Anda dapat menggunakan kata kunci untuk mencari palet warna yang berbeda atau mengambil gambar dan mengambil palet warna darinya menggunakan generator palet warna.

21. Pilih Font Anda

Anda bebas mengekspresikan diri dan bisnis Anda dengan ratusan font yang tersedia dari Canva (tersedia opsi gratis dan berbayar), tetapi Canva juga menawarkan bantuan dalam menentukan kombinasi font ideal Anda.

22. Pilih Gaya Trending

Jika Anda belum memiliki gaya merek sendiri, jangan khawatir!

Buka tab Gaya di menu bilah sisi kiri dan gulir ke bawah untuk memilih dari pilihan gaya trending Canva yang mencakup kombinasi font dan palet warna yang cocok.

Sekali lagi, jika Anda pengguna Canva Pro, Anda dapat memilih gaya yang sedang tren dan menerapkannya ke semua halaman desain dengan sekali klik.

23. Gunakan Efek Teks

Berikut fitur baru lainnya dari Canva: kini Anda dapat menambahkan efek teks untuk menyempurnakan desain Anda. Ada dua cara untuk melakukan ini.

Yang pertama adalah memilih kotak teks dan klik “Efek” dari bilah alat teks. Dari sana Anda dapat memilih di antara opsi efek teks berikut: shadow, lift, hollow, splice, echo, glitch, neon, dan curve (ya, teks melengkung sekarang tersedia!).

Cara kedua adalah mengklik tab Teks dari menu bilah sisi kiri Anda dan gulir ke bawah untuk beberapa efek teks siap pakai yang dapat Anda pilih. Banyak untuk pengguna Canva Pro tetapi masih ada beberapa yang tersedia untuk pengguna versi Canva gratis seperti opsi bertema neon, retro, dan halloween.

24. Gunakan Magic Resize

Untuk pengguna Canva Pro, Anda dapat menggunakan fitur Magic Resize untuk mengubah ukuran desain ke format lain dengan sekali klik. Cukup klik Resize dari menu atas dan pilih format yang berbeda.

Ini sangat membantu untuk mengubah tujuan konten media sosial (mis. Postingan Instagram ke Cerita Instagram, Pin Pinterest, atau postingan Facebook) atau mengonversi dokumen dari ukuran kertas A4 ke ukuran letter AS dan sebaliknya.

25. Gunakan Canva Paint Roller Tool

Canva kini memiliki alat rol cat praktis yang dapat Anda gunakan untuk menyalin-menempel gaya — tidak perlu lagi mengubah gaya teks atau foto satu per satu!

Ikon rol cat terletak di sisi kanan atas bilah alat dan untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengeklik item, lalu mengeklik ikon rol cat untuk menyalin gaya item. Kemudian Anda dapat melanjutkan dan mengklik item yang ingin Anda tempelkan gaya untuk menempelkan gaya.

26. Tambahkan Tautan yang Dapat Diklik

Perlu juga diperhatikan bahwa Anda dapat menambahkan tautan yang dapat diklik ke suatu elemen sehingga pembaca atau pemirsa dapat mengeklik elemen tersebut dan diarahkan ke situs web yang Anda pilih.

Ini sangat membantu untuk membuat PDF instruksional atau interaktif seperti lead magnet, eBook, atau panduan klien.

Untuk menambahkan tautan ke elemen, klik pada elemen dan bilah alat akan muncul. Di sisi kanan bilah alat, klik ikon tautan dan ketik tautan Anda.

27. Elemen Grup

Anda juga dapat mengelompokkan lebih dari satu elemen sehingga Anda dapat mengedit, memindahkan, atau menyalin beberapa item sekaligus.

Untuk mengelompokkan elemen, pilih elemen menggunakan kursor Anda dan klik Grup dari sisi kanan atas bilah alat.

Pintasan keyboard untuk ini adalah Command-G.

28. Gunakan dan Posisikan Layer

Untuk pengguna Adobe, Anda pasti sudah sangat familiar dengan layer tapi di Canva, elemen juga bisa bekerja dengan cara yang sama. Anda dapat menganggap setiap elemen sebagai lapisannya sendiri yang dapat Anda gerakkan maju atau mundur dan sejajarkan ke kiri, tengah, kanan, atas, tengah, atau bawah halaman.

Untuk memposisikan ulang elemen sebagai lapisan, pilih elemen dan klik Posisi dari sisi kanan atas bilah alat. Anda juga dapat mengklik kanan untuk memilih di antara “tindakan” yang tersedia atau menggunakan pintasan keyboard Command + ] untuk memindahkan elemen ke depan dan Command + [ untuk memindahkannya ke belakang.

29. Gunakan Grid untuk Membuat Layout

Canva juga memiliki fitur “kisi” keren yang dapat Anda gunakan untuk memetakan berbagai tata letak dengan ukuran proporsional dengan cepat.

Misalnya, jika Anda ingin membuat posting Instagram dengan empat kotak dalam format 2×2, cukup buka Elemen dari menu bilah sisi kiri, gulir ke bawah ke Kotak, dan klik “Lihat semua.” Temukan kisi dengan empat kotak dan klik untuk menambahkannya ke desain Anda.

Anda kemudian dapat melakukan hal Anda dan hanya menghapus kisi setelahnya jika Anda tidak berencana menggunakannya.

30. Simpan ke Folder

Anda juga dapat membuat folder dan menyimpan desain ke folder tersebut untuk mengatur akun Canva dengan lebih baik. Untuk melakukan ini, buka File dari menu atas dan klik “Simpan ke Folder.” Anda kemudian dapat memilih folder yang sudah Anda buat atau buat yang baru.

31. Berkolaborasi sebagai Tim

Canva menawarkan tim gratis dan tim Canva Pro yang dengannya Anda dapat mengundang orang untuk bergabung dan berkolaborasi bersama dalam desain apa pun. Untuk membuat tim, lihat menu bilah sisi kiri Canva dari beranda akun Anda.

32. Lihat Riwayat Versi

Riwayat Versi adalah fitur Canva Pro baru lainnya yang memungkinkan Anda melihat daftar perubahan yang dibuat pada desain. Ini sangat membantu bagi mereka yang berkolaborasi atau berkomentar sebagai tim, tetapi juga jika Anda adalah klien yang bekerja dengan desainer grafis. Buka File > Riwayat versi.

33. Mencetak dengan Canva

Buku foto, brosur, kartu nama, kartu pos, dan bahkan kaos — kini Anda dapat mengambil desain yang Anda buat menggunakan Canva dan mencetaknya melalui perusahaan percetakan yang bermitra dengan Canva. Perhatikan fitur ini saat ini terbatas pada wilayah yang dipilih tetapi Anda dapat mengklik di sini dan di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

34. Gunakan Aplikasi Terintegrasi

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Canva bukan hanya platform desain yang hebat, tetapi juga alat produktivitas yang membantu. Ini terlihat dengan integrasi baru-baru ini dengan berbagai aplikasi dan alat yang kita semua kenal dan sukai.

Anda sekarang dapat menghubungkan Canva dengan akun Anda di Google Drive, Dropbox, Typeform, Hubspot, Slack, berbagai platform media sosial, dan banyak lagi untuk mempercepat alur kerja Anda. Anda bahkan dapat mempublikasikan desain Anda ke platform lain secara langsung.

Baru: Canva secara aktif menambahkan lebih banyak alat, aplikasi, dan integrasi ke koleksi mereka. Pastikan untuk memeriksa Smartmockups, Shadows, Frames, dan Duotone.

35. Gunakan Content Planner Canva

Sekarang Anda dapat membuat dan memublikasikan konten langsung dari Editor Canva menggunakan Content Planner Canva.

Dari beranda akun Anda, lihat menu bilah sisi kiri dan pilih tab Perencana Konten. Anda kemudian akan melihat kalender tempat Anda dapat memilih tanggal dan membuat desain atau memilih desain untuk dijadwalkan.

Jika Anda mengklik “pilih desain”, daftar desain Anda akan muncul dan Anda dapat memilihnya dengan menggulir atau mengetik judul di kotak pencarian. Anda kemudian dapat memilih platform untuk mempostingnya dan menambahkan keterangan. Pastikan Anda telah mengintegrasikan akun media sosial Anda sebelum melakukan ini (lihat tip Canva sebelumnya tentang integrasi aplikasi).

Lebih Banyak Kiat Canva untuk Produktivitas

Berikut ini tips Canva lainnya untuk meningkatkan produktivitas dan alur kerja Anda.

36. Tutup Panel Samping

Di Editor Canva, Anda dapat menciutkan panel samping untuk menikmati ruang kerja yang lebih besar. Pintasan keyboard adalah Command + /.

37. Gunakan Tampilan Kotak

Anda sekarang dapat melihat semua halaman desain dengan pandangan mata burung menggunakan Tampilan Grid (sebelumnya Pengelola Halaman) dengan ikon yang terletak di sudut kanan bawah Editor Canva, antara opsi zoom dan hadir dalam opsi layar penuh.

38. Tampilkan Penggaris, Margin, Dll.

Anda dapat memilih untuk menampilkan penggaris, margin, panduan, dan print bleed dengan memilihnya dari File di toolbar menu atas.

39. Akses Tindakan Menggunakan Klik Kanan

Anda sekarang dapat mengklik kanan pada elemen dan “tindakan” akan muncul seperti salin, tempel, hapus, kirim ke depan, komentar, grup, dan lainnya.

40. Salin Satu Desain ke Desain Lainnya

Anda juga dapat menyalin satu desain dan menempelkannya ke desain yang sama sekali berbeda (bahkan dengan ukuran yang berbeda). Yang harus Anda lakukan adalah menggunakan kursor untuk memilih area desain yang ingin Anda salin, klik Command-C untuk menyalin, lalu pergi ke desain lain yang ingin Anda tempel dan klik Command-V.

41. Tambahkan Catatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda dapat menambahkan catatan ke presentasi Anda, tetapi Anda juga dapat menambahkan catatan ke jenis desain lainnya. Ini dapat membantu Anda mencatat ide-ide yang terkait dengan halaman tertentu atau berkolaborasi dengan orang lain dengan meminta mereka mengomentari desain Anda.

42. Kunci Elemen di Tempat

Anda dapat mengunci elemen di tempatnya sehingga Anda tidak secara tidak sengaja memindahkan atau menghapusnya. Ini sangat membantu jika Anda mendesain sesuatu yang rumit atau sesuatu dengan banyak lapisan. Cukup klik pada elemen dan klik ikon gembok di sisi kanan atas bilah alat.

43. Gunakan Pintasan Keyboard Canva:

Tambahkan baris: L
Tambahkan kotak teks: T
Menulis Teks tebal: Command-B
Teks miring: Command-I
Teks garis bawah: Command-U
Sejajarkan ke tengah: Command-Shift-C
Sejajarkan ke kiri: Command-Shift-L
Gunakan huruf besar: Command-Shift-K
Salin gaya: Command-Option-C
Gaya tempel: Command-Option-V
Batalkan pilihan elemen: Esc
Pilih semua elemen: Command-A
Menghapus elemen: Hapus
Gandakan elemen: Command-D
Pindahkan elemen secara bertahap: pilih elemen dan klik panah
Pindahkan elemen secara bertahap: pilih elemen, tahan Shift, dan klik panah
Bawa elemen ke depan: Command + ]
Kirim elemen mundur: Command + [
Kirim elemen ke bagian paling belakang: Option-Command-[
Bawa elemen ke depan: Option-Command-]
Elemen grup: Command-G
Batasi proporsi saat mengubah ukuran: pilih elemen, tahan Shift, dan seret sudut untuk mengubah ukuran
Perbesar: Perintah (+)
Perkecil: Perintah (-)
Membatalkan Tindakan: Command-Z
Ulangi Tindakan: Shift-Perintah-Z
Tambahkan komentar: Option-Command-M
Hadir dalam mode layar penuh: Option-Command-P
Keluar dari mode layar penuh: Esc
Ciutkan bilah sisi: Perintah + /

44. Lihat Sumber Daya Canva Lainnya

Terakhir namun tidak kalah pentingnya dalam daftar kiat Canva ini, Anda dapat merujuk ke situs web Canva sendiri untuk mendapatkan banyak pilihan sumber daya yang bermanfaat.

Lihat blog dan akun media sosial Canva untuk konten yang informatif dan menarik tentang desain, pemasaran, pencitraan merek, dan bisnis.

Itu tadi 40+ tips menggunakan Canva dari blog productiveandfree. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *