25 Tips Membuat Gambar Iklan Facebook

Diposting pada

Bagaimana cara membuat gambar atau foto untuk iklan facebook? Tentu saja hal ini berbeda dengan foto atau gambar yang biasa. Berikut beberapa kiat ampuh yang akan membantu membuat iklan Anda dari rata-rata menjadi luar biasa.

Sebelum membahas tips tersebut, mari kita lihat struktur iklan Facebook untuk memastikan kita semua berada di halaman yang sama.

Struktur Iklan Facebook

Bergantung pada penempatan (tempat iklan Anda ditampilkan), iklan Anda akan berisi setidaknya 2 dari 5 karakteristik berikut:

  • Informasi Sosial — Pengguna dapat melihat apakah teman mereka terlibat dengan iklan/bisnis Anda.
  • Nama Bisnis — Nama bisnis Anda selalu ditampilkan dengan jelas.
  • Teks — Tulisan menarik dan informatif yang memberi tahu pengguna tentang iklan Anda.
  • Media — Grafik yang menarik perhatian dan sangat menarik yang membuat pengguna tertarik pada iklan Anda.
  • Ajakan Bertindak (opsional) — Tombol yang dapat disesuaikan yang mendorong orang untuk mengklik iklan Anda.

Sekarang kita semua berada di halaman yang sama tentang struktur iklan Facebook biasa, mari kita lihat properti dasar dari Gambar iklan Facebook yang efektif.

4 Komponen Dasar Iklan Facebook yang Efektif

1. Visual yang Tidak Dapat Anda Abaikan

Visual inilah yang menarik perhatian pengguna FB saat menggesek dan menggulir Kabar Beranda. Menjangkau orang-orang di Facebook berarti mampu berkomunikasi secara visual, dan melakukannya dengan cepat. Facebook lebih menyukai konten visual daripada konten tertulis karena waktu telah membuktikan bahwa visual adalah apa yang ingin dilihat pengguna. Plus, visual lebih mudah diingat dan jauh lebih mungkin untuk dibagikan.

Iklan menarik perhatian Anda dengan warna-warna cerah yang saling melengkapi dan pengaturan produk Anda yang menarik perhatian.

2. Relevansi Adalah Kunci

Iklan dan gambar Anda harus relevan dengan audiens yang melihatnya. Jika iklan Anda tidak sesuai dengan audiens Anda, kecil kemungkinan mereka akan melihat iklan Anda untuk kedua kalinya, apalagi terlibat dengannya. Iklan yang tidak relevan benar-benar membuang waktu dan uang.

3. Jangan Lupakan Proposisi Nilai yang Jelas

Beri tahu audiens Anda mengapa mereka harus terlibat dengan iklan Anda. Nilai apa yang akan mereka terima dan apa yang membuat penawaran Anda lebih baik daripada yang lain? Proposisi nilai Anda adalah “mengapa” di balik tindakan yang Anda minta.

4. Buat Tanya

Sertakan CTA (ajakan bertindak) yang jelas dan relevan di setiap iklan untuk memotivasi audiens Anda. Anda tidak dapat menyalahkan mereka karena tidak mengambil tindakan jika Anda tidak meminta mereka melakukannya. Pastikan Anda membuatnya jelas, langsung dan, jika mungkin, sertakan rasa urgensi dengan menggunakan kata-kata seperti, “beli sekarang”, atau, “belanja hari ini dan hemat 25%.”

Bahkan, menurut Sprout Social:

“Peningkatan rasio klik-tayang keseluruhan dari penggunaan CTA (di Iklan Facebook Anda) adalah 2,85x (285%!!!)”

Pikirkan dua kali untuk melewatkan pilihan CTA saat berikutnya Anda membuat iklan Facebook!

25 Tips Ahli Membuat Gambar Iklan Facebook

1. Tunjukkan Orang yang Menggunakan Produk Anda

Iklan Anda harus terlihat seperti berada di umpan berita seseorang. Jika audiens Anda terbiasa melihat pembaruan dari teman dan keluarga, pastikan iklan Anda tidak mengasingkan mereka sebelum mereka sempat melihat apa yang Anda tawarkan. Tunjukkan kepada orang-orang yang menggunakan produk Anda daripada hanya menampilkan produk Anda sendiri.

2. Buat Gambar Iklan Facebook yang Berbeda untuk Persona yang Berbeda

Jika Anda belum membuat persona buyer, mulailah dari sana. Jika sudah, pastikan untuk membuat gambar iklan Facebook terpisah untuk setiap persona Anda yang berbeda. Persona akan membantu Anda memahami dengan tepat siapa yang ingin Anda jangkau dan bagaimana melakukannya dengan paling efektif.

3. Gunakan Penargetan untuk Mempersempit Pemirsa Anda

Ini mungkin tampak tidak pada tempatnya ketika berbicara tentang gambar, tetapi dengarkan: Anda telah menetapkan target yang jelas untuk audiens Anda (atau setidaknya Anda seharusnya memilikinya). Sekarang saatnya membuat citra yang sangat sesuai dengan target tersebut. Satu ukuran untuk semua tidak ada di iklan Facebook. Target kustom memanggil gambar iklan Facebook kustom.

4. Gunakan Gambar Wajah

Facebook akan memberi tahu Anda sendiri bahwa iklan dengan wajah di dalamnya menerima lebih banyak keterlibatan. Itu juga berlaku untuk Instagram.

5. Urgensi

Secara keseluruhan, orang cenderung membenci kehilangan. Penghindaran kerugian naluriah ini membantu kita memanfaatkan peluang di sekitar kita, tetapi juga memberi kita perasaan tidak nyaman ketika kita mungkin kehilangan. Menetapkan tenggat waktu pada penawaran Anda atau bahkan memasukkan kata-kata “penawaran waktu terbatas” dapat membantu mereka yang duduk di pagar membuat keputusan.

6. Jaga agar Gambar Iklan Facebook Anda Bebas dari Teks (Berlebihan)

Facebook dulu menyarankan pengiklan menyertakan kurang dari 20% hamparan teks pada gambar mereka. Rekomendasi terbaru mereka menyarankan untuk tidak menggunakan hamparan teks sama sekali, atau menggunakan sesedikit mungkin untuk menyampaikan maksud Anda.

Meskipun beberapa pengiklan tidak memerlukan hamparan teks untuk menjangkau audiens mereka, banyak yang merasa lebih efektif untuk menyertakan setidaknya pesan singkat. Sebaiknya sertakan sedikit teks dan gunakan alat Facebook sendiri untuk menguji apakah gambar Anda akan disetujui, dihukum, atau tidak disetujui. Cukup unggah file media Anda yang sudah jadi dan Facebook akan memberi Anda tingkat persetujuan berdasarkan pedomannya.

7. Jadikan Pesan Anda Fokus

Jika ada bagian yang sangat penting dari gambar Anda yang mengkomunikasikan pesan Anda (dan seharusnya ada), pastikan untuk memotong bagian gambar tersebut dengan ketat untuk memastikan audiens Anda melihatnya.

Tanyakan pada diri sendiri, “Tanpa membaca tulisan apa pun, apakah Anda mengerti apa yang diiklankan oleh gambar ini?” Contoh gambar dari Hootsuite (di bawah) memang lucu, tetapi tidak menyampaikan pesan di balik iklan dengan baik.

8. Sertakan Bukti Sosial

Bukti sosial berarti menggunakan testimonial kehidupan nyata, dan memasukkan ini ke dalam iklan Anda bisa sangat kuat. Gunakan testimonial pelanggan yang dibuat dengan baik—diperoleh dari komentar posting blog, ulasan, tweet, dan posting Facebook—untuk membuat iklan unik dan menarik yang menunjukkan apa yang orang pikirkan tentang produk Anda di kehidupan nyata.

9. Hanya Gunakan Gambar Resolusi Tinggi

Tidak ada yang terlihat lebih buruk daripada gambar berkualitas rendah di iklan Anda. Karena alasan ini, pastikan untuk menggunakan gambar dengan kualitas terbaik untuk membantu iklan Anda terlihat terbaik.

10. Lebih Sederhana Lebih Baik

Pikirkan tentang seberapa cepat orang menggulir feed mereka. Sekarang pikirkan berapa lama Anda harus mengomunikasikan pesan Anda. Semakin sederhana gambarnya, semakin cepat Anda dapat menyampaikan maksud Anda. Jangan lewatkan kesempatan dengan membuat audiens Anda berpikir terlalu keras tentang citra Anda.

11. Manfaat Tampilan Gambar Iklan Facebook yang Efektif

Ingat dasar-dasar iklan Facebook yang efektif yang disebutkan di atas? Ini adalah poin yang sangat penting dan juga berlaku untuk gambar. Karena gambar Anda adalah hal pertama yang akan dilihat audiens Anda, itu harus menampilkan manfaatnya dengan cepat dan jelas.

Iklan Mazuum ini (di bawah) dengan jelas menampilkan manfaat promosi baik dalam citra (berbagai kacamata hitam unik) dan hamparan teks kesepakatan (beli 2 gratis ongkos kirim).

12. Pertahankan Salinan dan Grafik Anda Konsisten

Ini adalah masalah yang kita lihat sepanjang waktu. Anda akan terkejut betapa banyak gambar iklan Facebook yang tidak ada hubungannya dengan salinannya dan sebaliknya. Anda mencoba membuat iklan kohesif yang memengaruhi audiens Anda untuk mengambil tindakan, jadi pastikan tidak ada keterputusan antara apa yang mereka lihat dan apa yang mereka baca.

Dalam iklan Mazuum (di atas), kami menyertakan hamparan teks yang jelas tentang promosi. Salinan di atas dan di bawah juga berhubungan langsung dengan promosi (beli 2 gratis ongkos kirim). Salinan dan grafik mengarahkan pesan ke rumah tanpa gangguan apa pun.

13. Batasi Iklan Anda menjadi Satu Ajakan Bertindak

Ini mungkin terdengar membingungkan, tetapi mari kita ikat kembali ke bagian fundamental di atas. Panggilan untuk bertindak adalah wajib, tetapi menggunakan lebih dari satu dalam satu iklan dapat membingungkan. Jangan menawarkan ebook gratis untuk diunduh dan minta audiens Anda untuk “berbelanja sekarang”. Pilih juga CTA yang sesuai saat membuat iklan Anda.

14. Orang Suka GRATIS

Sebagian besar dari kita dikondisikan untuk memperhatikan kata “GRATIS” dalam segala jenis iklan. Kami menyukai ide mendapatkan sesuatu secara gratis, jadi gunakan itu dalam citra iklan Anda sebanyak mungkin. Jangan khawatir tentang memberikan produk Anda secara gratis!

Sesuatu yang semudah menyertakan unduhan GRATIS, konsultasi GRATIS, atau pengiriman GRATIS bisa cukup untuk meningkatkan tingkat keterlibatan iklan Anda secara dramatis.

15. Gunakan Hamparan Teks yang Sederhana dan Mudah Dipahami

Kami menyebutkan menjaga hal-hal sederhana di atas, tetapi mari kita selangkah lebih maju. Meskipun Anda ingin citra Anda menyampaikan pesan pemasaran Anda dengan jelas, hamparan teks Anda perlu melakukan hal yang sama.

16. Gunakan Angka untuk Menyampaikan Poin Anda

Orang dikondisikan untuk memperhatikan angka dalam iklan untuk membantu mereka memahami nilainya dengan lebih cepat. Pastikan untuk menggunakan nomor apa pun yang membantu mendukung manfaat iklan Anda seperti: “2 untuk 1” atau “Diskon 20%!”

17. Gunakan Tes Gulir

Saat Anda membuat materi iklan, pastikan untuk melihat apa yang dilakukan pesaing dengan baik dan apa yang ingin Anda hindari. Coba “tes gulir”. Pindai umpan Anda sendiri untuk melihat iklan apa yang membuat Anda ingin berhenti dan melihat. Catat alasan Anda berhenti pada masing-masing dan coba tiru kesuksesan mereka dalam gambar Anda.

18. Uji Berbagai Tulisan

Tulisan di iklan Anda mungkin mengecewakan gambar iklan Facebook yang bagus. Pastikan tulisan Anda beresonansi dengan audiens Anda dengan menguji beberapa versi sebelum Anda mengubah gambar Anda. Ini terutama berlaku untuk hamparan teks, karena itu adalah tulisan yang pertama kali ditanggapi orang. Coba jalankan beberapa varian secara bersamaan (A/B atau pengujian terpisah) dan letakkan anggaran Anda di belakang yang paling berhasil.

19. Coba Gunakan Banyak Gambar

Dalam beberapa kasus, penggunaan beberapa gambar dapat meningkatkan efektivitas iklan Anda. Hal ini terutama berlaku untuk iklan Facebook e-niaga di mana beberapa produk dapat dikelompokkan bersama untuk menciptakan gambar iklan Facebook yang efektif.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *