14 Tips Berjualan Online di Facebook Secara Organik

Diposting pada

iimers.com – Bagaimana cara jualan online di Facebook? pertanyaan ini seringkali diutarakan oleh para penjual online di Facebook, terutama oleh mereka yang baru memulai. Namun mereka yang sudah lama berjualan online di Facebook pun tidak sedikit yang bertanya demikian.

Kita pasti senang kalau melihat sharing penjual online baik yang banyak yang pecah telor. Di awal pengen berjualan online seperti yang lain dengan penuh semangat, langsung mulai posting posting di wall pribadi. Sehari, dua hari, seminggu, dua minggu jangankan komen yang ngelike aja nggak ada, mau nangis bombay yaa rasanya. Semangat yang tadinya membara lama kelamaan kendur dan putus asa, ada yang begitu??

Metode Jualan di Facebook

Perlu kita ketahui, ada 2 metode berjualan online menggunakan facebook, yaitu organik dan berbayar. Metode organik maksudnya adalah jualan di akun fb gratisan, tanpa perlu keluar biaya untuk membayar iklan. Anda bisa belajar optimalisasi metode organik melalui:

Baca Juga  7 Cara Membuat Call To Action Iklan Facebook

Sedangkan metode berbayar maksudnya adalah jualan dengan memanfaatkan fitur iklan facebook (membayar biaya iklan).

Selain itu, ada juga para pemain facebook yang mengandalkan software pihak ketiga untuk membantu mengoptimalkan penjualan di facebook. Software tersebut misalnya

  • Faceboost, software ini membantu mempromosikan bisnis Anda secara organik dan otomatis ke group-group facebook yang potensial, ke daftar teman yang Anda miliki, maupun kepada orang lain yang ingin Anda tambahkan.
  • Auto Facebook Marketplace Pro, software ini di buat untuk membantu para penjual online meningkatkan penjualan di facebook Marketplace.

Tips Jualan Online Secara Organik di Facebook

Nah, artikel yang ditulis oleh Mbak Dwi Lestari ini merupakan tips jualan online secara organik di Facebook tanpa membayar apapun. Tips ini sebenarnya untuk jualan dusdusan secara online terutama di fesbuk saja. Namun sebagian tips bisa juga untuk produk lain, tinggal disesuaikan saja

1. Gunakan nama asli

Buat yang pakai nama alay, nama alias sebaiknya diganti dengan nama asli sesuai ktp, buku nikah, surat KK. Biar apa? Tentunya untuk meningkatkan kepercayaan teman-teman fesbuk kita. Selain itu kadang orang malas konfirmasi kalau nama akunnya sudah jelas jelas olshop, udah ketahuan mau jualan.

2. Gunakan foto diri untuk foto profil

Alasannya hampir sama seperti nomor 1. Selain itu kalau foto profilnya foto diri juga bisa meyakinkan kalau itu akun real akun nyata bukan akun robot atau abal-abal

3. Gabung ke grup memasak

Anggota grup memasak rata-rata ibu-ibu walaupun ada juga bapak-bapak. dengan hobi memasak, otomatis mereka lebih sering berhubungan dengan dapur dan segala perlengkapannya. Bisa menjadi target produk kita kan?☺

4.Tambah terus teman baru.

Tambah teman baru setiap hari. Tentunya tidak bisa sembarangan add-nya yaa. Add yang memang potensial dan kira-kira menyukai produk kita. Contoh: anggota grup memasak, teman-teman di akun kompetitor kita, ibu-ibu rumah tangga, wanita karir, mahasiswi dsb.

Baca Juga  3 Cara Mengatasi Link URL Website Diblokir Facebook
5. Say hi/salam perkenalan pada teman baru.

Kalau permintaan pertemanan kita sudah dikonfirm, atau kita konfirm teman2 baru jangan lupa say hello atau assalamualaykum dan kenalan. Tujuannya tentu saja biar dikenal dan tambah akrab. Saat kenalan usahakan untuk tidak promosi/jualan dulu, nanti langsung ilfil.

6. Like dan komen status teman-teman efbe kita.

Nah, udah nambah temen baru, kenalan udah. Jangan lupa sering jalan jalan ke postingan temen-temen efbe kita. Sekedar like, komentar dan sedikit pujian pasti temen efbe kita seneng dan akan like balik postingan2 kita.

7. Selalu like dan balas komentar teman pada postingan kita.

Sebisa mungkin like dan balas semua komentar pada postingan kita. Hal ini bisa memberikan kesan kepada teman2 efbe kalau kita ramah dan care, enak orangnya. Disamping itu, hal ini berhubungan juga dengan edge rank dan bisa mengangkat status kita. Semakin banyak like dan komentar baru akan mengangkat status kita dan semakin banyak yang liat status kita.

8. Variasi konten efbe kita

Tujuan kita gabung dusdusan tentunya buat jualan dan pengen closing closing biar dapet untung yaaa. Tapi bukan berarti akun kita isinya jualan terus, sesekali isi dengan info2 seputar dapur, resep makanan, kegiatan kita sehari-hari, kisah inspiratif atau motivasi dsb

9. Buat album foto produk dan album testimoni dari konsumen

Album foto di akun efbe layaknya katalog untuk pembeli online. Jadi temen-temen kita yang pengen beli bisa lihat-lihat dulu atau jalan-jalan dulu di album kita yang akhirnya suka dan beli dehh. Kalau album testimoni biar temen-temen percaya kalau kita olshop yang jujur dan no tipu-tipu.

Baca Juga  5 Cara Memberikan Pelayanan Terbaik Untuk Bisnis Online
10. Gunakan tehnik soft selling

Tidak ada yang salah kalau kita jualan seperti biasa,blak- blakan promosi…tapi nggak ada salahnya sesekali kita pakai soft selling, jualan tanpa ajakan untuk membeli/order. Contoh, posting menu masakan pakai vienna, posting lagi sibuk packing homecook.

11. Posting promo di prime time

Biasanya postingan di efbe akan lebih banyak yang lihat pas jam jam berangkat kerja, jam istirahat/makan siang, jam pulang kerja dan jam 7-9 malam.

12. Konsisten

Konsisten praktekin step2 di atas. Di ulang-ulang terus, dipraktekin terus setiap hari.

13. No tagging, no spamming

Sebaiknya hindari jauh jauh yaa tagging dan spamming. Alih-alih biar iklannya banyak yang liat, ini malah bikin kita terlihat NO di mata temen-temen efbe kita.

14. Positif thinking

Yakin dan positive thinking jualan kita pasti Laku, pasti akan ada yang beli ke kita. Jangan takut atau ragu, nanti imbasnya bisa nggak laku beneran. Nggak mau kan kalau nggak laku beneran, yuklah stop mengeluh.

Tinggalkan Balasan