13 Cara Penting Mengoptimalkan Google Bisnisku

Diposting pada

Bisnis apa pun saat ini membutuhkan visibilitas yang ditargetkan di Google. Sebagian besar bisnis menyadari bahwa hal ini memerlukan pengoptimalan situs web dan Google Ads. Namun, ada satu hal lagi yang perlu dioptimalkan dan belum banyak disadari oleh para pebisnis, yaitu pengoptimalan listingan Google Bisnisku

Listingan Google Bisnisku adalah cuplikan dinamis dari bisnis Anda yang menyoroti fitur terbaik dan memungkinkan calon pelanggan menemukan, mempelajari, dan berinteraksi dengan Anda secara cepat semuanya dari SERP.

Namun, terlepas dari 167 miliar penelusuran yang dilakukan di Google setiap bulan, sebuah studi BrightLocal menunjukkan bahwa Profil Bisnis biasa hanya mendapatkan rata-rata 1.260 penayangan selama periode yang sama. Lebih parah lagi, hanya 59 tindakan yang diambil dari 1.260 tampilan tersebut. Itu kurang dari 5%.

Masalahnya bukan pada platform Google Bisnisku, namun cukup banyak bisnis yang belum memanfaatkan fitur-fiturnya yang mengesankan. Dan itulah yang menjadi alasan mengapa saya perlu menulis panduan ini. Oh ya, jika Anda ingin mengoptimalkan google bisnisku, saya merekomendasikan sebuah panduan Tutorial Google Bisnisku (Google My Business) dari praktisi yang sudah praktek secara langsung untuk mendapatkan pelanggan baru setiap hari

Di artikel ini, saya akan membagikan 13 strategi pengoptimalan:

  1. Klaim Profil Bisnis Anda
  2. Lengkapi setiap bagian akun Google Bisnisku
  3. Berhati-hatilah dengan informasi kontak
  4. Pilih kategori primer dan sekunder
  5. Tandai atribut yang berlaku
  6. Tulis deskripsi lengkap “dari bisnis”
  7. Publikasikan postingan Google setiap minggu
  8. Unggah foto baru setiap minggu
  9. Jawab pertanyaan
  10. Kumpulkan dan tanggapi ulasan
  11. Tambahkan produk dan atau layanan Anda
  12. Siapkan perpesanan
  13. Pertahankan Profil Bisnis Anda

Dengan pengoptimalan ini, Anda dapat mengubah Profil Bisnis menjadi alat akuisisi pelanggan gratis terbaik yang sebelumnya tidak Anda miliki. Mari kita mulai.

Seperti apa Profil Google Bisnis yang dioptimalkan?

Sebelum kita membahas strateginya, pastikan kita memiliki pemahaman yang sama tentang seperti apa Profil Bisnis yang dioptimalkan dan mengapa Anda membutuhkannya. Untuk membantu Anda memvisualisasikan mari kita lihat mockup Profil Google Bisnis yang tidak lengkap versus yang lengkap dan dioptimalkan.

Di sini, Profil Google Bisnis Carl adalah kotak pendek, tetapi Profil Bisnis Ernie akan tampil lebih banyak lagi saat Anda men-scroll. Diagram ini tidak mencakup semua fitur Profil Google Bisnis yang dioptimalkan, tetapi hal ini memberi Anda gambaran tentang betapa lebih menarik dan menariknya profil yang dioptimalkan itu.

Mengapa Anda perlu mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda

Perbandingan di atas memperjelas bahwa Profil Bisnis yang dioptimalkan di Google membantu konsumen memilih bisnis Anda daripada pesaing, tetapi ada manfaat lain dari mengoptimalkan Profil Bisnis Anda untuk pemasaran lokal yang efektif.

Tingkatkan keterlibatan

Semakin banyak, konsumen masuk dan keluar dari Google tanpa mengunjungi situs web lain. Mengapa? Karena informasi di halaman hasil penelusuran itu sendiri sepenuhnya menjawab pertanyaan mereka, menghasilkan “penelusuran tanpa klik”.

Dengan potensi lebih banyak konsumen yang berinteraksi dengan bisnis Anda melalui Profil Google Bisnis daripada situs web Anda, Anda pasti ingin profil tersebut dioptimalkan untuk interaksi dan konversi yang berkualitas.

Tingkatkan peringkat lokal Anda

Algoritme Google untuk memberi peringkat Profil Bisnis tidak hanya mempertimbangkan kedekatan dan relevansi, tetapi juga aktivitas dan kualitas informasi. Mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda mengirimkan sinyal ini ke Google untuk memberi Anda peringkat yang lebih tinggi di hasil lokal. Dan peringkat yang lebih tinggi, seperti yang Anda ketahui, berarti lebih banyak visibilitas dan keterlibatan dengan bisnis Anda.

Ubah lebih banyak pelanggan

Profil Google Bisnis biasa saja tidak menawarkan banyak cara untuk mendapatkan pelanggan. Mereka dapat mengetahui lokasi Anda dan membaca ulasan Anda, jika mereka tahu cara menelusuri nama bisnis Anda.

Namun dengan Profil Bisnis yang dioptimalkan melalui akun Google Bisnisku, konsumen dapat menemukan Anda dalam pencarian kata kunci, menelepon Anda, mengunjungi situs Anda, meneliti produk dan layanan Anda, melihat / berkontribusi FAQ, meminta penawaran, membuat janji temu, membuat reservasi , dan lainnya. Ditambah, Anda dapat melacak klik ke situs web, janji temu, atau tautan menu menggunakan Google UTM dan Google Analytics.

Cara mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda

Sekarang setelah Anda melihat bahwa mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda adalah kunci untuk ditemukan di penelusuran lokal, menonjol di atas pesaing, dan memenangkan pelanggan secara online, sekarang saatnya untuk bekerja melakukan hal itu. Berikut adalah 13 cara untuk mengubah Profil Google Bisnis Anda menjadi alat pemasaran yang online setiap saat dan memperoleh prospek untuk bisnis lokal Anda.

1. Buat akun Google Bisnisku

Pertama dan terpenting, penting untuk diperhatikan di sini bahwa Profil Google Bisnis adalah entitas yang terpisah dari akun Google Bisnisku. Yang terakhir digunakan untuk mendapatkan akses dan mengoptimalkan yang pertama.

Artinya, untuk melakukan pengoptimalan yang dijelaskan dalam panduan ini, Anda harus memiliki akun Google Bisnisku, lalu memberi tahu Google untuk menghubungkannya dengan Profil Google Bisnis Anda. Untuk membuat akun, buka Google.com/business dan masuk dengan akun Google / Gmail biasa yang Anda gunakan

2. Lengkapi setiap bagian

Kelengkapan Profil Google Bisnis Anda tidak hanya membantu Google memberi Anda peringkat yang lebih tinggi di hasil penelusuran lokal, tetapi juga meningkatkan jumlah tindakan yang dilakukan pelanggan ketika mereka menemukan profil Anda. Ada banyak informasi yang harus diberikan, jadi berikut adalah beberapa pedoman untuk memprioritaskan.

Aspek-aspek profil Anda ini harus segera diselesaikan:

  • Nama
  • Alamat
  • Telepon
  • Situs web
  • Jam

Bagian-bagian ini membutuhkan lebih banyak waktu dan pemikiran:

  • Kategori dan Atribut
  • Produk dan layanan
  • Dari bisnis
  • Pertanyaan dan jawaban (Kueri yang dibuat pemilik)

Bagian ini sedang berlangsung:

  • Posting
  • Ulasan
  • Pertanyaan dan jawaban (Buatan konsumen)

3. Berhati-hatilah dengan informasi kontak

Berikut langkah-langkah untuk mengoptimalkan informasi kontak di Profil Google Bisnis Anda:

  • Pastikan nama bisnis Anda identik dengan yang Anda gunakan pada papan nama toko Anda. Dengan kata lain, persis seperti yang terlihat di dunia nyata. Menambahkan nama lokasi (kecuali dalam nama merek Anda) atau kata kunci dianggap sebagai spam oleh Google
  • Pastikan nama dan alamat bisnis Anda sama persis dengan listingan Anda yang lain di seluruh web, misalnya penulisan jalan menggunakan “Jl” atau “Jalan”. Algoritma Google memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas Anda.
  • Tunjukkan jam reguler dan hari libur Anda. Hal ini mendorong pelanggan untuk mengunjungi Anda, dan juga menghindari potensi ulasan negatif yang diberikan oleh seseorang yang melakukan perjalanan ke toko Anda hanya untuk mengetahui bahwa toko tersebut tutup.

4. Tulis deskripsi bisnis Anda

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah deskripsi singkat yang muncul tepat di bawah nama bisnis Anda di Profil Bisnis sebenarnya tidak dalam kendali Anda. Ini adalah ringkasan editorial yang ditulis Google untuk memastikan konsistensi di seluruh platform. Google melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam memberikan deskripsi.

Deskripsi yang dapat Anda kendalikan adalah bagian “dari bisnis” di dasbor akun Google Bisnisku milik Anda. Bagian ini berada di bagian bawah profil And

Untuk mengoptimalkan bagian “dari bisnis” di Profil Google Bisnis Anda:

  • Isi deskripsi dengan lengkap, maksimal 750 karakter, dengan informasi kunci dalam 250 karakter pertama.
  • Gunakan kembali konten dari halaman “Tentang Kami” atau pernyataan misi Anda.
  • Gunakan kata kunci yang digunakan audiens Anda untuk menemukan bisnis seperti milik Anda.
  • Jangan mengulangi informasi apa pun yang sudah terlihat di bagian lain profil Anda. Gunakan ruang ini untuk membicarakan tentang apa yang membedakan Anda dari pesaing dan apa yang paling disukai pelanggan tentang bisnis Anda.
  • Jangan sertakan tautan atau HTML.

5. Pilih sebuah kategori

Memilih kategori adalah suatu keharusan untuk mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda. Inilah alasannya:

  • Dapatkan ditemukan dalam pencarian penemuan. Sebanyak 84% tampilan Profil Bisnis di Google berasal dari penelusuran penemuan (artinya konsumen menelusuri produk, layanan, atau istilah kategorikal dan profil bisnis tersebut muncul), dibandingkan hanya 16% yang berasal dari penelusuran langsung (konsumen mengetik bisnis tersebut nama atau alamat). Ini terutama berlaku untuk bisnis yang namanya tidak menunjukkan layanan mereka
  • Fitur sorot khusus kategori. Setelah Anda memilih kategori, Google menyediakan fitur khusus kategori yang membuat profil Anda lebih menarik dan efektif. Misalnya, restoran dapat menyertakan menu atau tombol reservasi, profil hotel akan menampilkan peringkat bintang, salon rambut dapat memastikan bahwa mereka berpengalaman dengan rambut tipis atau keriting. Detail ini dapat membantu konsumen memilih Anda daripada pesaing.
  • Google menawarkan sejumlah kategori, jadi penting untuk memilih yang benar. Berikut cara mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda menggunakan kategori:
  • Spesifik. Jika Anda salon rambut, pilih “Salon rambut” dan bukan hanya “Salon”. Jika Anda sebuah restoran, pilih “Restoran Jawa”, “Restoran Padang”, dll., Daripada hanya “Restoran”. Daftar tarik-turun kategori akan muncul setelah Anda mulai mengetik
  • Pilih kategori sekunder. Banyak bisnis termasuk dalam beberapa kategori. Setel kategori utama Anda ke penawaran utama Anda (misalnya, “Toko Kelontong”) dan kemudian pilih kategori tambahan yang berlaku, seperti “Layanan Pengiriman Kelontong” atau “Toko Kelontong Makanan”.
  • Jangan berlebihan. Anda ingin Google menghubungkan Anda dengan konsumen yang membutuhkan layanan Anda, jadi pilihlah hanya kategori yang sesuai dengan penawaran Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis perbaikan peralatan, pilih hanya “Perbaikan Peralatan”, bukan “Pemasok Suku Cadang Peralatan”. Secara teknis Anda memang menyediakan suku cadang servis, tetapi ini bukan penawaran bisnis Anda yang berdiri sendiri.

Selain itu, perlu diingat bahwa Google mungkin meminta Anda untuk memverifikasi bisnis jika Anda mengedit daftar kategori atau menambahkan beberapa. Ini hanya untuk memastikan akurasi di seluruh platform mereka.

6. Pilih atribut yang berlaku

Setelah Anda memilih kategori, Google akan memberi Anda daftar atribut yang dapat Anda centang untuk mendeskripsikan bisnis Anda lebih lanjut. Atribut adalah fitur khusus yang dicari calon pelanggan, seperti “toko suvenir di tempat” atau “Wi-Fi gratis”.

Atribut tidak spesifik untuk platform Google Bisnisku, namun atribut Google menjadi sangat terperinci, seperti “bagus untuk bekerja dengan laptop” atau “populer bagi wisatawan”.

7. Tambahkan foto

Mengupload foto ke Profil Bisnis Anda melalui dasbor akun Google Bisnisku penting karena tiga alasan:

Pastikan kualitas. Siapa pun dapat menambahkan foto ke Profil Bisnis Anda, yang berarti Anda akan mendapatkan berbagai kualitas. Dengan menambahkan foto hebat Anda sendiri, Anda dapat memastikan profil Anda terlihat terbaik.

Jadilah aktif. Menambahkan foto secara teratur menandakan ke Google bahwa Anda aktif dengan profil Anda dan mutakhir, yang berdampak positif pada peringkat Anda.

Dapatkan gambar dalam hasil. Google semakin maju dalam pengenalan gambar dan mulai memasukkan foto ke dalam hasil lokal.

Tingkatkan keterlibatan. Menurut Google, 42% pelanggan cenderung meminta petunjuk arah mengemudi ke suatu bisnis jika Profil Bisnisnya memiliki foto, dan 35% lebih cenderung mengklik ke situsnya. Lebih lanjut, sebuah studi BrightLocal menunjukkan bahwa bisnis dengan lebih dari 100 foto mendapatkan 520% lebih banyak panggilan, 2.717% lebih banyak permintaan petunjuk arah, dan 1.065% lebih banyak klik situs web daripada bisnis rata-rata.

Ini tidak berarti Anda harus menambahkan ratusan gambar ke profil Anda sekaligus. Ikuti tips berikut untuk menggunakan foto guna mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda:

  • Tambahkan setidaknya satu foto baru setiap tujuh hari.
  • Untuk foto thumbnail Anda, upload logo Anda.
  • Untuk foto sampul Anda, gunakan sesuatu yang paling mewakili merek Anda
  • Untuk foto umum lainnya, lihat pedoman foto Google untuk spesifikasinya, tetapi pastikan untuk menyertakan pelanggan yang puas, tampilan interior dan eksterior, serta foto tim.
  • Tidak ada foto stok, dan tidak ada foto dengan efek khusus atau branding. Google mencoba menampilkan bisnis Anda seperti yang terlihat di dunia nyata.
  • Fokus pada gambar berkualitas yang memiliki penggambaran yang jelas (untuk menyelaraskan dengan hasil yang diperkaya gambar).
  • Geo-tag foto Anda untuk lebih menunjukkan ke Google keunggulan Anda di daerah Anda.
  • Tambahkan video juga!
  • Gunakan aplikasi Google Street View untuk menambahkan foto 360º ke profil Anda.

8. Dapatkan ulasan Google

Jika Anda mendapatkan daftar bisnis dalam hasil pencarian seperti di bawah ini, mana yang kemungkinan besar akan Anda pilih? Yang satu dengan empat bintang kuning menarik atau salah satu dari dua di bawah tanpa ulasan sama sekali?

Google tahu bahwa ulasan adalah paling berpengaruh pada pembelian konsumen, jadi ini adalah faktor peringkat utama dalam algoritma mereka. Anda juga dapat melihat sendiri dampak ulasan terhadap peringkat. Untuk sebagian besar penelusuran yang dilakukan di Google, tiga hasil lokal pertama yang muncul adalah hasil dengan beberapa ulasan dan peringkat bintang yang kuat

Selain itu, Google juga dapat menampilkan Profil Bisnis di hasil penelusuran jika memiliki ulasan yang berisi kata kunci tersebut.

Untuk mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda dengan ulasan, ikuti tips berikut:

  • Mulailah dengan pelanggan setia lama Anda untuk mendapatkan momentum.
  • Buat semudah mungkin bagi pelanggan dengan membuat tautan pendek
  • Meminta! 62% pelanggan akan menulis ulasan jika ditanya. Lakukan melalui email, teks, media sosial, dan percakapan langsung.
  • Ingatkan pelanggan bahwa ulasan tidak hanya untuk keuntungan Anda namun mereka membantu orang-orang yang memiliki masalah yang sama dengan mereka untuk menemukan solusi dan membuat keputusan yang tepat.
  • Miliki halaman “Review” di situs Anda dengan CTA untuk menyisakannya.
  • Tanggapi ulasan. Umpan balik ini mendorong pelanggan tambahan untuk meninggalkan bisnis mereka, mengungkapkan banyak hal tentang bisnis Anda kepada prospek, dan meningkatkan SEO lokal Anda.

9. Posting ke Profil Google Bisnis Anda

Sama seperti platform media sosial, Anda dapat memposting ke Profil Google Bisnis Anda tentang pengumuman, penawaran, acara, dan produk. Postingan dibuat di dasbor Google Bisnisku dan muncul di bagian “Pembaruan” di bagian bawah Profil Bisnis Anda. Namun, mereka mungkin menjadi lebih menonjol berdasarkan kueri penelusuran.

Berikut cara postingan membantu Anda mengoptimalkan Profil Google Bisnis Anda:

  • Postingan meningkatkan jumlah tindakan yang diambil oleh konsumen yang menemukan profil Anda.
  • Posting secara teratur mengirimkan sinyal peringkat positif ke Google dengan cara yang sama seperti menambahkan foto.
  • Konsumen memiliki niat yang lebih tinggi pada mesin pencari dibandingkan platform posting lainnya (yaitu, Facebook dan Instagram, di mana mereka menggulir dengan santai), sehingga mereka lebih cenderung terlibat dengan posting Google Anda.
  • Konsumen dapat mengikuti Profil Bisnis Anda dan mendapatkan pemberitahuan tentang postingan dan pembaruan baru.

Berikut tips Anda untuk mengoptimalkan Profil Google Bisnis dengan postingan:

  • Posting secara teratur. Bukan hanya untuk mengirim sinyal ke Google, tetapi juga karena jenis postingan tertentu kedaluwarsa setiap tujuh hari.
  • Gunakan acara dan tawarkan posting untuk kampanye pemasaran yang memiliki garis waktu. Anda dapat memilih rentang tanggal dan posting akan tetap aktif selama jangka waktu tersebut.
  • Sertakan link dan CTA di setiap posting.

10. Ajukan dan jawab pertanyaan

Pernahkah Anda memperhatikan di Amazon bahwa selain deskripsi produk dan ulasan pelanggan, ada bagian untuk pertanyaan dan jawaban? Google menawarkan fitur yang sama di Profil Google Bisnis.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini mungkin menjadi pendorong bagi pelanggan untuk memutuskan memilih bisnis Anda. Namun, bagian ini sangat penting untuk dioptimalkan karena tidak hanya siapa pun dapat mengajukan pertanyaan di profil Google bisnis, tetapi semua orang juga dapat menjawab.

Hal ini dapat menyebabkan informasi yang tidak akurat di profil Anda, atau bahkan lebih buruk

Anda tidak dapat menonaktifkan fitur Tanya Jawab di Profil Bisnis Anda, tetapi ada beberapa cara untuk mengoptimalkannya:

  • Siapkan peringatan agar Anda tetap mengetahui pertanyaan dan jawaban yang diposting ke profil Anda.
  • Buat bagian Tanya Jawab Anda sendiri. Buat daftar pertanyaan umum yang paling sering diajukan bisnis Anda. Kemudian tanyakan, jawab, dan beri suara positif pada jawaban Anda di profil Anda sendiri. Ini tidak bertentangan dengan persyaratan dan ketentuan Google. Faktanya, Google mendorongnya
  • Perhatikan kata kunci. Pertanyaan dan jawaban yang berisi kata kunci dapat membantu meningkatkan peringkat Profil Bisnis Anda untuk kata kunci tersebut. Jadi ingatlah strategi kata kunci Anda saat memasukkan bagian Tanya Jawab, tetapi gunakan secara longgar dan teratur, dan jangan lupa menggunakan kata kunci.

Dengan memantau dan menyebarkan bagian Tanya Jawab, Anda dapat memastikan informasi yang akurat, menyoroti fitur terbaik Anda, dan mengurangi hambatan umum untuk masuk.

11. Tambahkan produk dan layanan

Menambahkan produk dan layanan sangat membantu jika penawaran Anda tidak dijelaskan dalam nama bisnis Anda. Mengisi bagian ini juga menambahkan konten ke profil Anda yang dapat membantunya mendapatkan peringkat untuk pencarian yang lebih relevan.

Saat menambahkan produk dan layanan, sertakan nama, deskripsi, dan harga (jika ada). Deskripsi lengkap akan muncul setelah pencari mengklik produk. Selain itu, Google dapat menautkan ke produk Anda dari bagian kategori Anda.

12. Atur olahpesan

Fitur ini memberikan opsi kepada penelusur untuk mengirim pesan teks ke ponsel Anda langsung dari Profil Google Bisnis Anda. Dengan 82% pembeli ponsel cerdas (92% untuk milenial) menggunakan perangkat mereka untuk penelusuran lokal, ini adalah peluang besar bagi pelanggan untuk menghubungi Anda.

Untuk mengaktifkan perpesanan, pilih tab “Perpesanan” di dasbor Google Bisnisku, dan Anda memiliki opsi untuk menginstalnya melalui Google Play atau Apple App Store.

Dua catatan tentang perpesanan Google Bisnisku:

  • Anda tidak perlu khawatir tentang menampilkan nomor telepon pribadi Anda, karena Anda akan menggunakan nomor yang berbeda melalui aplikasi Google Allo.
  • Pastikan untuk menyiapkan lansiran untuk pesan di dasbor Google Bisnisku milik Anda. Buka pengaturan dan centang “Pesan pelanggan”.

13. Pertahankan Profil Bisnis Anda dengan strategi Google Bisnisku yang solid

Seperti yang Anda lihat, Profil Google Bisnis bukanlah tugas pemasaran satu dan selesai. Ini adalah alat pemasaran lokal yang membutuhkan tindakan berkelanjutan untuk memaksimalkan keuntungan Anda. Ini termasuk:

  • Memperbarui informasi, bahkan sekecil perubahan nomor
  • Menerbitkan posting dan mengupload foto setiap minggu.
  • Menjaga aliran ulasan yang masuk tetap stabil.
  • Memantau dan menanggapi ulasan.
  • Terus mengikuti perkembangan fitur baru sehingga Anda dapat memastikan Anda menggunakan profil Anda secara maksimal.

Sama seperti strategi Google SEO lainnya, strategi Google Bisnisku harus berpusat pada penyediaan informasi berkualitas tentang bisnis Anda sebanyak mungkin, tidak hanya di Profil Bisnis Anda tetapi juga di sumber yang digunakan Google untuk mengisinya — situs web Anda, meninjau profil situs, dan bahkan akun media sosial Anda.

Fokuslah menggunakan dasbor Google Bisnisku untuk membuat Profil Bisnis Anda mewakili bisnis Anda seakurat dan selengkap mungkin, lalu pastikan untuk memeliharanya, dan Anda akan menuai manfaatnya.

Tinggalkan Balasan