11 Tips Cara Mendapatkan Pengikut TikTok

Diposting pada

Dengan pengguna aktif yang mencapai 689 juta pada Januari 2021, menjadikan TikTok pantas dipertimbangkan untuk pertumbuhan bisnis Anda. Memiliki banyak pengikut dapat berarti jalur langsung ke audiens target bisnis Anda, jadi memastikan audiens Anda dapat menemukan Anda adalah kuncinya.

Jadi, bagaimana Anda membuat diri Anda “dapat ditemukan”? Dan lebih baik lagi, “dapat diikuti”?

Tips berikut akan menunjukkan kepada Anda cara mendapatkan lebih banyak pengikut di TikTok dengan cara yang benar.

Cara mendapatkan lebih banyak pengikut TikTok secara gratis

1. Tentukan audiens target Anda

Anda tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Kenali audiens Anda dan Anda akan tahu cara mendapatkan perhatian mereka. Apa yang mereka suka? Apa yang tidak mereka sukai?

Memiliki gagasan yang jelas tentang siapa audiens target Anda, akan membantu menampilkan konten Anda di Four You Page. FYP atau For You Page adalah halaman tempat Anda membuka TikTok. Ini adalah tempat yang Anda inginkan!

2. Cari tahu apa yang menjadi minat audiens Anda.

Tidak tahu apa yang mereka sukai? Tanyakan saja pada mereka!

Gunakan platform media sosial Anda yang lain untuk bertanya kepada pengikut Anda jenis konten apa yang ingin mereka lihat di TikTok. Jajak pendapat dan pertanyaan Instagram dapat membuat hal ini sangat menarik dan memberi tahu mereka bahwa Anda memiliki TikTok yang harus mereka ikuti.

Juga bukan ide yang buruk untuk melihat konten kreator dan merek lain yang serupa dengan bisnis Anda. Karena Anda berbagi audiens yang serupa, ini seperti riset gratis!

3. Riset Gen Z

Perlu diingat TikTok adalah tempat berkumpulnya banyak Gen Z. Sebagian besar pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun.

Jika audiens target Anda di bawah 30 maka peluang Anda untuk menjangkau mereka di TikTok jauh lebih baik. Tapi jangan khawatir, semakin banyak orang (termasuk di atas 30-an) bergabung dengan TikTok, jadi jangan menjauh jika Anda memiliki audiens yang sedikit lebih tua.

Pelajari TikTok Marketing untuk optimalisasi TikTok Anda

4. Berpartisipasi dalam Challenges

Challenges adalah salah satu tren terbesar di TikTok dan dapat meroketkan jumlah pengikut Anda.

Jika Anda tidak tahu apa itu challenges, challenges adalah saat Anda meminta atau menantang pengguna untuk melakukan atau mencoba sesuatu.

Challenges secara teknis dapat terjadi di jaringan mana pun, tetapi paling populer di TikTok.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat ketika berpartisipasi dalam Challenges TikTok untuk mendapatkan lebih banyak pengikut:

Pilih Challenges yang tepat

Beberapa Challenges menyebar seperti api sementara yang lain gagal. Bagian besar dari kesuksesan mereka adalah betapa mudahnya mereka dapat diciptakan kembali dan betapa menyenangkannya mereka. Tantangan #youdontknow TikTok melakukan ini dengan sangat baik (dan mungkin itu sebabnya tagar memiliki 237.1 juta tampilan!)

Coba Challenges hashtag bermerek.

Perusahaan mana pun dapat membuat Challenges tagar bermerek yang memungkinkan pengguna TikTok membuat konten dan melakukan iklan untuk Anda. Ini bekerja sangat baik jika Anda menjangkau konten kreator yang sudah populer dan menawarkan untuk membayar mereka untuk membuat video untuk Challenges Anda. Anda akan mendapatkan akses ke pengikut setia dan terlibat dengan mereka dan memperluas audiens Anda.

5. Dapatkan di For You Page

For You Page bagi pembuat TikTok sama dengan Halaman Jelajahi bagi Instagrammer.

Bagaimana cara kerja For You Page TikTok?

TikTok mengatakan, merekomendasikan video untuk For You Page berdasarkan cara Anda berinteraksi dengan video lain di TikTok.

Ketika konten perusahaan Anda ditampilkan di banyak For You Page, Anda dapat dengan mudah mendapatkan lebih banyak pengikut, mendapatkan lebih banyak suka, dan juga menjadi viral.

Tidak tahu bagaimana cara masuk ke TikTok For You Pages?

Jangan khawatir, berikut beberapa saran untuk membantu Anda mendapatkan FYP sebanyak mungkin secara konsisten.

Buat konten yang menarik

Tidak seperti Instagram atau YouTube, akun TikTok dengan sedikit atau tanpa pengikut masih bisa berharap untuk menjadi viral dengan konten yang tepat. Secara teori, konten yang paling creamy seharusnya naik ke atas. Pastikan konten Anda berkualitas tinggi, trendi, atau relevan, dan apa yang benar-benar disukai audiens Anda!

Buat banyak konten

Jangan hapus video TikTok Anda. Terkadang video yang telah diposting selama beberapa minggu tiba-tiba dapat mencapai halaman FYP dalam skala massal dan menjadi viral dengan sendirinya. Baik itu waktu, force majeure, atau hanya keberuntungan, memiliki banyak konten dalam algoritme meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak Halaman Untuk Anda yang dapat diterjemahkan menjadi pengikut gratis di TikTok.

Buat rekaman berkualitas

Cara hebat lainnya untuk masuk ke For You Page yang didambakan adalah dengan membuat video berkualitas tinggi.

Gunakan lampu cincin. Pastikan framingnya bagus. Dapatkan audio yang jernih dan tajam. Edit video Anda dengan cara yang menarik.

Pemirsa lebih cenderung berinteraksi dan terlibat dengan konten Anda jika berkualitas tinggi. Itu juga lebih mungkin untuk ditampilkan di For You page

6. Gunakan hashtag

Tagar membantu konten TikTok Anda dilihat oleh lebih dari sekadar orang yang sudah mengikuti Anda. Mereka mudah dibuat, dapat dicari, dan bahkan telah berkembang menjadi alat pemasaran yang efektif untuk organisasi dan merek serta kreator TikTok. Belum lagi tagar membantu Anda dengan algoritme For You page TikTok. Menggunakan hashtag yang tepat akan membantu orang yang belum mengikuti Anda menemukan konten Anda.

Inilah cara menemukan hashtag yang tepat untuk membuat konten Anda terlihat dan menarik lebih banyak pengikut.

Lihat hashtag apa yang sedang tren

Tidak ada tagar ajaib yang akan membawa Anda ke FYP semua orang. Bahkan menggunakan tagar: #Foryou #FYP #ForYouPage tidak menjamin Anda mendapat tempat.

Mengetahui tagar apa yang digunakan masih terasa seperti menusuk dalam kegelapan. Untungnya, ada cara untuk melihat tagar apa yang sedang tren—melalui alat saran tagar dalam aplikasi. Anda dapat menemukannya saat membuat teks untuk video Anda. Tekan # dan saran akan muncul. Itu adalah yang digunakan (jika relevan dengan video Anda, tentu saja)!

Buat tagar dengan brand Anda

Hashtag dengan brand Anda adalah cara yang bagus untuk membuat pengguna TikTok terlibat dengan merek Anda dengan membagikan tagar unik Anda. Itu harus berupa frasa atau kata yang menginspirasi orang untuk melibatkan merek dalam percakapan yang mereka lakukan di TikTok dan memanfaatkan tren saat ini. Ini juga bisa menjadi tantangan tagar bermerek yang mendorong pembuat TikTok untuk mem

Isi keterangan Anda dengan hashtag yang relevan juga!

Penting juga untuk menyertakan tagar yang relevan dengan teks postingan Anda yang sesuai dengan konten dan merek Anda. Dengan begitu audiens Anda dapat menemukan Anda dan algoritme tahu apa yang harus dilakukan dengan Anda. Plus jika Anda berperingkat tinggi pada tagar, orang dapat mencari tagar dan menemukan video Anda.

Terhubung dengan subkultur favorit audiens Anda

Tagar juga menjadi alasan banyak komunitas dan subkultur khusus muncul di TikTok. TikTok bahkan menyebut mereka demografi baru yang berarti menemukan audiens Anda adalah tentang menyelaraskan diri Anda dengan subkultur yang tepat.

7. Posting saat audiens Anda online

Tentu, apa yang Anda posting penting. Tetapi ketika Anda memposting itu sama pentingnya. Waktu terbaik untuk memposting konten di media sosial? Saat audiens Anda online!

Bagaimana Anda bisa mengetahui hal ini? Dengan beralih ke Akun TikTok Pro. Upgrade ini memberi Anda akses ke TikTok Analytics termasuk metrik profil Anda dan wawasan data yang akan membantu Anda menemukan waktu terbaik untuk memposting.

Gunakan Analytics untuk mengetahui kapan audiens Anda online.

Dua hal yang perlu dipertimbangkan ketika mencari tahu waktu terbaik untuk memposting: dari mana audiens Anda menonton dan waktu posting konten Anda yang paling baik dilihat.

Tab Pengikut di Analytics Anda akan melacak pertumbuhan pengikut, wilayah teratas, dan aktivitas pengikut Anda. Perlu diingat itu hanya menyimpan data selama 28 hari terakhir.

Di bagian “Aktivitas Pengikut” pada tab Pengikut adalah tampilan mendetail tentang jam dan hari apa audiens Anda paling aktif. Ini dicatat dalam UTC (Waktu Universal Terkoordinasi). Jadi bersiaplah untuk mengonversi jam aktif tersebut untuk mencerminkan zona waktu dari mana pun penonton Anda menonton.

Di bawah bagian Konten di TikTok Analytics, Anda akan melihat kinerja posting Anda selama 7 hari terakhir. Melihat postingan teratas Anda dan waktu postingan tersebut diposkan akan membantu memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hubungan antara saat Anda memposting konten dan seberapa baik kinerjanya.

Mendapatkan banyak perhatian pada konten segar tepat saat Anda mempostingnya dapat membantu video Anda mendapatkan daya tarik awal dan menciptakan momentum yang dapat membuat Anda mendapatkan lebih banyak pengikut di TikTok.

8. Promosi silang di platform lain

Kebanyakan orang menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Faktanya, menurut sebuah artikel tentang penggunaan media sosial pada tahun 2021, melihat anak berusia 18 hingga 29 tahun di AS: 71% ada di Instagram, 65% di akun Snapchat dan TikTok kira-kira setengahnya. Menempatkan konten Anda di berbagai platform—Facebook, Instagram, dan Twitter—membantu visibilitas Anda secara keseluruhan dan akan mengarahkan lalu lintas ke profil TikTok Anda.

Gunakan kembali video Anda untuk Reel Instagram

Reel Instagram adalah anak-anak baru di blok dan seperti versi TikTok Instagram sendiri. Gulungan dapat berdurasi hingga 60 detik sedangkan video TikTok sekarang dapat berdurasi 3 menit—jadi bersiaplah untuk mempersingkat video Anda jika perlu.

Juga, cobalah dan hindari meninggalkan tanda air TikTok di Reel Anda, karena algoritme Instagram tidak akan mempromosikannya.

Gulungan juga memiliki halaman Jelajahi sehingga Anda memiliki akses ke audiens yang sama sekali baru. Jika Anda ingin menyiapkan Reel Anda untuk meraih kesuksesan dengan alat penemuan canggih ini, lihat panduan kami untuk mendapatkan konten Anda di halaman Jelajahi Instagram.

9. Gunakan Iklan TikTok

Cara lain untuk mengesampingkan algoritme dan tampil di depan audiens Anda adalah dengan menyiapkan iklan TikTok. Opsi ini tergantung pada apakah Anda memiliki anggaran untuk itu.

Dengan Pengelola Iklan TikTok, Anda mendapatkan akses ke pemirsa TikTok global dengan berbagai alat manajemen iklan—penargetan, pembuatan iklan, laporan wawasan—untuk membantu Anda memaksimalkan iklan Anda.

Mengapa iklan TikTok? Mereka masih agak baru sehingga ada banyak ruang untuk berkreasi dan dilihat oleh orang yang tepat—tanpa banyak persaingan.

10. Gunakan lagu dan suara yang sedang tren

Jika Anda melihat lagu-lagu charting teratas saat ini, banyak di antaranya yang sangat populer di TikTok. Ini bukan kebetulan. TikTok adalah aset besar bagi industri musik dan mendorong dan berurusan dengan label rekaman untuk memasukkan lagu-lagu tertentu ke dalam aplikasi.

Berikut cara menemukan musik dan suara yang sedang tren:

  • Masuk ke editor video TikTok
  • Tekan ikon plus di bagian bawah layar
  • Ketuk “suara”
  • Gulir melalui apa yang sedang tren!

Berikut cara mengetahui apa yang sedang didengarkan pengikut Anda:

Untuk menemukan suara teratas yang telah didengarkan audiens Anda dalam 7 hari terakhir, buka tab Analytics (Anda memerlukan akun TikTok Pro untuk ini!) dan di bawah tab Pengikut, gulir ke bawah untuk melihat semua musik dan audio yang berbeda dari audiens Anda beralur ke.

11. Bereksperimenlah dengan TikTok Duets and Stitching

Fitur keren lainnya dari TikTok adalah Duet. Mereka adalah video berdampingan, salah satu pencipta asli dan yang lainnya dari pengguna TikTok. Mereka dapat digunakan untuk berkomentar, memuji, menanggapi, atau menambahkan ke video asli dan merupakan cara yang menyenangkan untuk berinteraksi di aplikasi. Ada juga opsi duet layar hijau yang membuat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *