10 Tools Riset Keyword Gratis Untuk Optimasi SEO

Diposting pada

Salah satu aktifitas untuk optimasi SEO adalah melakukan riset keyword atau kata kunci, kata kunci ini nantinya dimasukkan dalam artikel. Nah, untuk mengetahui kira-kira keyword atau kata kunci apa yang paling banyak dicari pengguna internet adalah dengan menggunakan tools riset keyword

Untuk lebih optimal, bisa menggunakan tools premium atau berbayar. Namun bagaimana jika ngin menemukan keyword atau kata kunci yang unggul untuk ditargetkan tetapi tidak memiliki anggaran untuk alat berbayar?

Berikut beberapa tools atau alat untuk riset kata kunci gratis untuk membantu optimasi SEO secara gratis:

  1. Google Trends;
  2. Keyword Generator;
  3. Keyword Sheeter;
  4. Answer the Public;
  5. Keyword Surfer;
  6. Keyworddit;
  7. Google Search Console;
  8. Questiondb;
  9. Bulk Keyword Generator
  10. Google

Mari kita pelajari lebih detail satu persatu

1. Google Trends

Google Trends memvisualisasikan popularitas pencarian relatif dari sebuah kata kunci dari waktu ke waktu. Misalnya, jika kita melihat istilah “costumes” selama lima tahun terakhir, popularitasnya melonjak setiap bulan Oktober. Hal ini karena terpengaruh peringatan Halloween. Tetapi bagaimana ini berguna untuk penelitian kata kunci?

google trends tools riset keyword gratis

Sebagai permulaan, ini dapat membantu Anda merencanakan kalender konten Anda. Misalkan Anda menjual kostum secara online. Menerbitkan atau menerbitkan ulang daftar “10 Kostum Halloween Paling Menakutkan untuk 20XX” setiap September / Oktober sangat masuk akal.

Berikut contoh yang kurang jelas:

Minat pada “iPhone specs” memuncak setiap bulan September saat Apple meluncurkan iPhone baru. Jika Anda menjalankan blog teknologi, sebaiknya perbarui dan terbitkan ulang setiap pos terkait setiap bulan September.

Selain kalender konten, Trends juga dapat membantu menghindari penargetan kata kunci yang salah.

Perhatikan dua hal ini:

Jika Anda hanya dapat membuat konten untuk salah satu kata kunci berikut, mana yang akan Anda pilih? Itu akan menjadi salah satu kata kunci dengan volume penelusuran tertinggi, bukan?

Tidak terlalu cepat, karena volume pencarian adalah rata-rata selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika kami memeriksa data selama 12 bulan terakhir hanya di Google Trends, kami melihat bahwa penelusuran untuk “apple watch series 5” baru-baru ini mengalahkan penelusuran untuk “apple watch series 3”.

Jadi, jika Anda menjalankan toko online dan harus memprioritaskan salah satu kata kunci berikut, hampir pasti itu adalah “apple watch series 5.” Bagaimanapun, pencarian untuk Seri 3 hanya akan berkurang seiring berjalannya waktu.

2. Keyword Generator

Keyword Generator menemukan hingga 150 gagasan kata kunci. Misalnya, jika menelusuri “bitcoin”, kami mendapatkan seratus ide kata kunci yang berisi kata itu bersama dengan perkiraan volume penelusuran bulanannya.

Kami juga melihat daftar 50 kueri tipe pertanyaan.

Untuk sepuluh kata kunci pertama di setiap daftar, kami juga menampilkan skor Kesulitan Kata Kunci (KD). Ini adalah angka antara 0–100 yang memperkirakan kesulitan peringkat. Secara umum, semakin tinggi nilainya, semakin banyak backlink yang Anda butuhkan untuk diberi peringkat.

Perhatikan bahwa volume pencarian dan skor KD relatif terhadap negara yang dipilih, yaitu Amerika Serikat secara default.

Jika Anda ingin menentukan peringkat di tempat lain, cukup pilih salah satu dari 170+ negara dari menu tarik-turun. Anda juga dapat menggunakan Keyword Generator untuk menemukan ide kata kunci untuk Bing, YouTube, dan Amazon. Alihkan saja mesin pencari di bagian atas halaman.

3. Keyword Sheeter

Keyword Sheeter mengambil ribuan kata kunci dari google suggest. Untuk memulai, masukkan satu atau lebih kata kunci inti dan klik “Keyword Sheeter”.

Jika Anda ingin menghasilkan banyak ide kata kunci dengan cepat, ini adalah alat untuk Anda. Tools ini mengambil sekitar 1.000 ide per menit, dan Anda dapat mengekspor hasilnya secara gratis dalam satu klik.

Satu-satunya kelemahan dari Keyword Sheeter adalah hasilnya cukup mendasar. Tidak menunjukkan volume penelusuran atau data tren, dan tidak mengelompokkan kata kunci seperti yang dilakukan Keyword Planner

Kelebihannya Keyword Sheeter memiliki satu fitur penting lainnya: filter positif dan negatif. Cara termudah untuk menjelaskan cara kerjanya adalah dengan menunjukkan contoh. Jadi, mari tambahkan “bagaimana” ke filter positif.

Sekarang ini hanya menampilkan query yang mengandung kata “bagaimana” —yaitu kata kunci informasi yang mungkin bisa menjadi posting blog yang bagus. Filter negatif melakukan kebalikannya dan mengecualikan kueri yang berisi kata-kata tertentu.

Ini berguna untuk menghilangkan apa pun yang tidak relevan. Misalnya, jika Anda menjalankan blog teknologi dan menghilangkan hasil untuk “apel”, Anda mungkin hanya ingin melihat kata kunci yang berkaitan dengan perusahaan Apple, bukan buahnya.

4. Answer the Public

Answer the Public menemukan pertanyaan, preposisi, perbandingan, abjad, dan pencarian terkait. Bingung? Mari kita tangani masing-masing satu per satu.

Kita akan mulai dengan memasukkan kata kunci “benih” —mari tetap menggunakan “bubuk protein”. Hal pertama yang akan Anda lihat adalah pertanyaan.

Ini adalah kueri penelusuran yang berisi siapa, apa, mengapa, di mana, bagaimana, yang mana, kapan, adalah, dan sekarang.

Contoh:
what protein powder tastes best?
how protein powder is made
are protein powders fattening?
when does protein powder expire?

Anda akan melihat visualisasi secara default, tetapi Anda dapat beralih ke daftar biasa.

Selanjutnya, kita memiliki proposisi — yaitu, untuk, bisa, adalah, dekat, tanpa, dengan, dan ke.

Ini adalah kueri penelusuran yang sesuai dengan format [seed] [preposisi] [______].

Contoh:

protein powder without carbs
protein powder for weight gain
protein powder is it safe

Kami kemudian memiliki perbandingan — yaitu, versus, vs, dan, seperti, atau.

Sekali lagi, formatnya adalah [seed] [perbandingan] [______].

Contoh:

protein powder versus meat
protein powder or chicken breast
protein powder like quest

Dan akhirnya, kami memiliki abjad dan terkait. Abjad adalah hasil saran otomatis sari Google

5. Keyword Surfer

Keyword Surfer adalah ekstensi Chrome gratis yang menunjukkan perkiraan volume pencarian global dan bulanan untuk setiap kueri yang diketikkan ke Google. Saat ini, Keyword Surfer menunjukkan taksiran volume penelusuran lokal untuk 19 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris Raya, Kanada, Brasil, Prancis, dan Jerman.

Ada juga opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan volume penelusuran global.

Meski begitu, ini bukanlah volume penelusuran global yang sebenarnya. Ini adalah jumlah total penelusuran dari 19 negara yang saat ini ada di database mereka. Selain itu, ekstensi juga menambahkan perkiraan volume penelusuran ke hasil pelengkapan otomatis:

Dan menampilkan 10 kata kunci “serupa” di hasil pencarian. Satu-satunya kelemahan adalah tidak ada cara untuk mendapatkan volume penelusuran secara massal.

6. Keyworddit

Keyworddit adalah alat unik yang menarik ide kata kunci dari Reddit. Masukkan subreddit, dan itu akan menambang judul dan komentar untaian untuk menemukan hingga 500 kata kunci.

Alat ini adalah titik awal yang fantastis jika Anda tahu sedikit atau tidak sama sekali tentang suatu niche.

Misalnya, jika Anda ingin memulai blog tentang paleo diet tetapi tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut, tarik ide dari / r / paleo.


Ini memberi tahu Anda bahwa diet paleo peduli tentang hal-hal seperti:

  • Low carb meals;
  • Slow cooker recipes;
  • Grass-fed produce;
  • Etc.

Ini juga memberi tahu Anda jenis bahasa apa yang mereka gunakan untuk menggambarkan hal-hal seperti itu.

Selain ide, alat ini menarik perkiraan volume penelusuran bulanan untuk setiap kata kunci. Itu membantu memberi Anda gambaran tentang popularitas setiap subtopik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kata kunci, tekan tautan “Context” untuk menarik untaian di Google dari mana kata kunci itu berasal.

7. Google Search Console

Google Search Console membantu Anda melacak kinerja situs web Anda dalam penelusuran organik. Ini berarti ini menunjukkan banyak data tentang kata kunci yang sudah Anda rangking.

Misalnya, lihat laporan “Hasil penelusuran” dari akun kami. Ini menunjukkan kata kunci yang mengirimkan lalu lintas paling banyak ke Blog Ahrefs selama tiga bulan terakhir.

Mari kita juga mengganti kolom “Average position (Posisi rata-rata)” dan “Average CTR (RKT Rata-rata)”. Ini menunjukkan posisi peringkat rata-rata setiap kata kunci dan rasio klik-tayang.

Anda bisa mendapatkan banyak wawasan berguna dari laporan ini.

Misalnya, Anda mendapatkan banyak lalu lintas dari kata kunci meskipun peringkatnya berada di posisi 3–10. Anda mungkin ingin fokus pada peringkat yang lebih tinggi daripada menargetkan kata kunci baru.

Jika RKT Anda rendah meskipun peringkatnya tinggi, halaman Anda mungkin kurang menarik dalam hasil pencarian. Anda sering kali dapat memperbaikinya dengan meningkatkan tag judul atau deskripsi meta Anda.

Tetapi bagaimana dengan menemukan kata kunci baru?

Sortir laporan berdasarkan RKT dari rendah ke tinggi. Ini sering kali mengungkap kata kunci yang Anda rangking tetapi tidak pernah ditargetkan. Jika salah satu dari ini memiliki banyak tayangan dan rasio klik-tayang yang rendah, mungkin ada baiknya menargetkan kata kunci tersebut dengan halaman baru.

Misalnya, kami memberi peringkat di posisi 8 untuk “most searched person on Google.”

Halaman yang diperingkat untuk kata kunci ini adalah daftar 100 pencarian Google teratas kami.

Ini hanya hasil semi-relevan untuk kata kunci ini. Kami mungkin mendapat peringkat lebih tinggi dengan entri blog tentang orang yang paling banyak di Google, bukan banyak hal.

8. Questiondb

Questiondb menemukan pertanyaan yang diajukan orang tentang topik tertentu. Ini menarik ini dari database 48 juta pertanyaan yang bersumber dari Reddit.

Pertanyaan diurutkan berdasarkan popularitas, tetapi Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan topik. Ini adalah fitur yang sangat berguna karena juga mengelompokkan pertanyaan menjadi satu.

Misalnya, cari “bubuk protein” dan urutkan berdasarkan topik. Semua pertanyaan tentang bubuk protein vegan sekarang dikelompokkan menjadi satu.

Hal yang sama berlaku untuk bubuk protein keto:

Ini berguna saat menulis posting blog, karena membantu Anda memahami pertanyaan mana yang harus dijawab.

Berbicara tentang jawaban, jika Anda mencentang kotak untuk “Tampilkan link sumber”, link yang dapat diklik muncul di samping setiap pertanyaan. Ini membawa Anda ke utas itu sendiri.

Jika Anda menelusuri komentar, Anda sering dapat menemukan jawaban dengan cepat, yang mempercepat penelitian konten.

Semua pertanyaan dapat diekspor ke CSV dengan satu sentuhan tombol.

9. Bulk Keyword Generator

Bulk Keyword Generator adalah alat penelitian kata kunci untuk SEO lokal. Ini menghasilkan kata kunci berdasarkan jenis industri.

Untuk memulai, ikuti langkah 1 dan pilih jenis bisnis dari menu drop-down.

Anda kemudian akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan layanan atau produk yang Anda tawarkan.

Misalnya, tetapkan “plumber” sebagai jenis bisnis. Kami melihat pertanyaan seperti hot water installationgas installationdrain cleaning, dan drain relining.

Sekarang, sebagian besar bisnis yang menawarkan layanan ini akan menyebutkannya di situs web mereka. Tetapi banyak yang gagal membuat atau mengoptimalkan halaman individual untuk kueri jenis layanan ini.

Sebagai ilustrasi, lihat beranda perusahaan pipa ledeng ini:

Dinyatakan bahwa mereka menawarkan layanan relining, namun mereka tidak memiliki halaman tentang layanan ini. Akibatnya, mereka diungguli oleh mereka yang melakukannya.

Pada langkah 2, alat menambahkan layanan yang dipilih dengan lokasi (misalnya, London).

Namun, ini tidak terlalu berguna karena tidak mencerminkan cara orang sebenarnya menelusuri.

Misalnya, sebagian besar warga London tidak akan menelusuri “drain relining services in London”. Mereka akan menelusuri “drain relining” atau “drain relining services.”. Google menyajikan hasil lokal dengan cara apa pun, dan yang terakhir lebih cepat.

Ini juga mengapa sering kali ada sedikit atau tidak ada volume untuk istilah seperti itu di alat seperti Penjelajah Kata Kunci Ahrefs.

Jadi, inilah ide yang lebih cerdas:

  • Salin beberapa kata kunci jenis layanan dari alat yang berlaku untuk bisnis Anda;
  • Rekatkan daftar mentah ke dalam Google Keyword Planner
  • Setel lokasi ke kota atau area yang relevan.

10. Google

Google mungkin adalah tools riset keyword yang paling kuat di planet ini.

Ada fitur pelengkapan otomatis untuk menghasilkan ide kata kunci dalam jumlah yang hampir tak terbatas. Tapi itu hanya puncak gunung es ketika menggunakan Google untuk penelitian kata kunci.

Sebagai permulaan, perhatikan kotak “Orang juga bertanya” yang muncul untuk beberapa penelusuran.

Ini adalah pertanyaan yang menurut Google ditanyakan oleh pencari dan ingin diketahui jawabannya.

Dan inilah trik singkatnya:

Klik salah satu pertanyaan ini, dan Google akan memuat lebih banyak lagi.

Terus lakukan ini, dan Anda dapat menghasilkan daftar pertanyaan yang hampir tak terbatas yang ditanyakan orang.

Namun penggunaan Google sebagai alat penelitian kata kunci tidak berakhir di situ.

Misalkan ada kata kunci yang ingin Anda rangking. Ada banyak faktor yang berperan dalam hal SEO, tetapi satu hal yang pasti:

Jika Anda ingin menentukan peringkat, konten Anda harus selaras dengan maksud pencarian.

Dengan kata lain, jangan mencoba memberi peringkat beranda gym untuk kueri seperti, “bagaimana cara menurunkan berat badan?”

Orang yang melakukan penelusuran itu tidak dalam mode membeli. Mereka sedang dalam mode belajar.

Google adalah teman terbaik Anda dalam hal memahami maksud penelusuran. Lihat saja hasil pencarian dan keberadaan fitur SERP.

*sumber: https://ahrefs.com/blog/free-keyword-research-tools/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *