10 Tips Untuk Menguasai Campaign TikTok

TikTok adalah platform sosial yang tumbuh paling cepat. TikTok dengan cepat menjadi platform sosial pilihan bagi kaum muda. Memang, kata “TikTok” sekarang sering digunakan sebagai kata kerja oleh penggunanya, misalnya, “Ayo TikTok-an.”

Banyak merek telah memutuskan bahwa mereka ingin menghadirkan TikTok. Namun mereka tidak yakin apa yang harus mereka lakukan. TikTok sangat baru sehingga banyak merek dan pemasar masih tidak yakin tentang relevansinya dengan mereka, atau peluang yang ditawarkannya.

Berikut tips strategi pemasaran TikTok yang dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan kesuksesan pemasaran Anda dirilis dari influencermarketinghub

  1. Gunakan Hashtag yang Sesuai
  2. Ikuti Tren TikTok Saat Ini
  3. Gabungkan Influencer TikTok dalam Campaign Anda
  4. Berkomentar Secara Teratur dan Dorong Komentar di Posting Anda
  5. Sering Posting
  6. Gunakan Efek TikTok di Posting Anda
  7. Buat Video Menarik dengan Deskripsi Yang Jelas
  8. Gunakan Iklan TikTok
  9. Tetapkan Tantangan Hashtag
  10. Padukan Konten Bermerek

Mengapa Merek Ingin Terlihat di TikTok?

Generasi muda sangat sinis terhadap periklanan tradisional. Sebagian besar, mereka berhenti menonton televisi arus utama, kurang mendengarkan radio daripada orang tua mereka, dan menerima lebih banyak berita melalui media sosial daripada melalui surat kabar. Mereka menggunakan pemblokir iklan online, dan “menderita” kebutaan spanduk, membuat banyak pemasaran online yang lebih terbuka menjadi sia-sia.

Namun, banyak dari mereka menghabiskan waktu di TikTok, rata-rata 52 menit per hari, dan mereka memperhatikan influencer TikTok favorit mereka. Jika salah satu dari superstar TikTok ini merekomendasikan sebuah merek, pengikut mereka kemungkinan besar akan memperhatikan.

Banyak merek sudah memiliki strategi konten, seringkali termasuk pemasaran influencer. Oleh karena itu, sulit bagi mereka untuk menambahkan influencer TikTok ke bauran pemasaran mereka.

Dasar TikTok

Video, tentu saja, adalah jantung TikTok. Bahkan jika Anda berniat menggunakan influencer untuk sebagian besar pemasaran TikTok Anda, Anda tetap harus membuka akun untuk merek Anda, dan menggunakannya untuk membuat dan membagikan beberapa video. Video TikTok bisa berdurasi berapa pun hingga satu menit, jadi Anda bisa membuat video pendek dan tajam. Ini tidak berarti bahwa Anda hanya perlu mentransfer iklan televisi 30 detik Anda ke TikTok.

Anda dapat merekam video Anda di aplikasi atau secara eksternal, kemudian mengunggahnya ke TikTok. Anda juga dapat mengupload musik untuk ditambahkan ke video Anda. TikTok memberi Anda akses langsung ke banyak trek musik dan memiliki database yang dapat dicari sepenuhnya.

Anda dapat terlibat dengan orang-orang di TikTok dengan tampilan, suka, komentar, dan berbagi.

Tips Pemasaran TikTok Khusus

1. Gunakan Hashtag yang Sesuai

Seperti banyak platform media sosial lainnya, pengguna TikTok mengandalkan tagar untuk membuat katalog video mereka dan mencari klip berdasarkan subjek. Jika pengguna mengklik kaca pembesar “Temukan” di bagian bawah layar, mereka akan melihat daftar video yang diurutkan berdasarkan hashtag yang sedang tren.

Beberapa manfaat suatu merek yang menggunakan tagar TikTok adalah:

  • Untuk memperkuat jangkauan konten Anda
  • Untuk mengidentifikasi pesaing
  • Untuk mendapatkan lebih banyak pengikut

Meskipun Anda harus menyertakan hashtag yang relevan pada video Anda, Anda mungkin harus menghindari hashtag umum yang paling populer. Video Anda lebih cenderung tenggelam dalam lautan konten. Lebih baik video Anda menonjol dalam kategori yang sedikit kurang populer. Seperti pada semua pemasaran, Anda ingin video Anda terlihat oleh orang-orang yang paling relevan dengan kampanye Anda, jadi jangan fokus pada hashtag hanya karena populer.

Selain itu, ingatlah bahwa ini bukan Instagram. Jangan tergoda untuk menggunakan 21 hashtag di TikTok. Melakukannya akan menghilangkan efek video Anda.

2. Ikuti Tren TikTok Saat Ini

Cara lain Anda dapat menggunakan hashtag sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda adalah dengan mengawasi hashtag yang sedang tren. Anda kemudian dapat membuat dan berbagi video yang berhubungan dengan video trending ini.

Ingatlah bahwa tren bisa bergerak cepat. Awasi tren TikTok secara teratur dan bersiaplah untuk mengubah konten Anda agar dapat mengikuti tren.

Jika Anda membagikan versi jenis video yang sedang tren, jangan hanya menjadikannya salinan dari video orang lain. Temukan cara untuk membuat video Anda unik.

3. Gabungkan Influencer TikTok dalam Kampanye Anda

Bukan kebetulan bahwa orang-orang tertentu menjadi influencer di platform sosial. Biasanya, mereka membangun reputasi atas kualitas konten yang mereka bagikan. Oleh karena itu, sebagian besar bisnis terbayar untuk membangun hubungan kerja yang produktif dengan orang-orang yang memengaruhi pelanggan potensial mereka.

TikTok telah melahirkan generasi baru influencer juga; sekelompok orang yang memiliki pengaruh jauh lebih besar dengan remaja dan remaja saat ini daripada bintang film atau televisi yang lebih konvensional. Inilah jenis orang yang Anda inginkan di pihak Anda saat Anda melakukan kampanye pemasaran TikTok.

4. Berkomentar Secara Teratur dan Dorong Komentar di Posting Anda

Seperti kebanyakan jejaring sosial, TikTok mendukung keterlibatan pengguna yang sering. Komentar adalah cara terbaik untuk mencapai ini. Idealnya, Anda akan membangun percakapan dengan calon pelanggan Anda.

TikTok memberi peringkat pada komentar berdasarkan jumlah suka yang mereka terima, jadi pastikan Anda memikirkan komentar Anda, membuatnya bermakna. Selain itu, luangkan waktu untuk melihat video orang lain dan berikan komentar yang bijaksana.

5. Sering Posting

TikTok adalah salah satu platform sosial yang menghargai posting yang sering. Semakin banyak video yang Anda posting ke akun TikTok Anda, kemungkinan besar tingkat pengikut Anda akan semakin tinggi.

Semakin sering Anda memposting, semakin mudah orang menemukan akun Anda dan memutuskan untuk mengikuti Anda.

6. Memakai Efek TikTok di Posting Anda

Seperti yang dapat Anda bayangkan, dengan jutaan video yang dibagikan di TikTok, Anda perlu melakukan sesuatu yang berbeda agar menonjol dari yang lain. TikTok menawarkan berbagai efek untuk membantu hal ini. Anda akan menemukannya di bawah tab Effects, dibagi menjadi Trending, New, Interactive, Editing, Beauty, Funny, World, dan Animal.

TikTok menyertakan efek layar hijau, yang memungkinkan Anda menggunakan gambar pilihan Anda untuk mengganti latar belakang video, seperti yang sering Anda lihat di televisi dan film.

7. Buat Video Menarik dengan Deskripsi Yang Jelas

Video TikTok bisa berdurasi hingga satu menit. Anda tidak punya waktu lama untuk menyampaikan pesan Anda. Dan apa pun yang Anda lakukan, jangan hanya mengunggah iklan yang mencolok – bahkan iklan TikTok resmi pun harus memberikan nilai kepada audiens Anda.

Anda ingin video Anda menarik secara visual, tanpa terlihat seperti dibuat oleh biro iklan profesional (meskipun Anda telah bekerja sama dengan biro iklan untuk membantu kreativitas Anda).

Meskipun ada kalanya Anda akan menggunakan deskripsi Anda sebagai penggoda, dalam banyak kasus, Anda ingin menyertakan deskripsi yang jelas tentang apa yang ditawarkan video Anda kepada penontonnya. Jika memungkinkan, ucapkan kata-kata sedemikian rupa sehingga orang merasa terdorong untuk berkomentar.

Menulis deskripsi yang baik juga penting untuk tujuan SEO. Intinya, Anda ingin Tiktok tahu tentang apa video Anda saat mengindeks klip Anda dan semoga menyarankannya kepada audiens pilihan Anda. Ingatlah untuk memasukkan kata kunci yang paling penting dalam deskripsi Anda, tetapi kata kunci tersebut harus masuk akal dan bukan hanya kumpulan kata-kata yang acak.

Anda dapat mempertimbangkan untuk mengubah tujuan video yang telah Anda buat untuk YouTube, Snapchat, Instagram, atau Facebook, tetapi ingat untuk membuatnya sesuai dengan batasan waktu satu menit TikTok. Pastikan video Anda sesuai dengan demografis yang Anda coba targetkan di TikTok.

8. Menggunakan Iklan TikTok

TikTok kini memiliki sistem periklanan formal yang memudahkan untuk beriklan di platform. Mereka menawarkan tiga jenis iklan:

  • In-feed native ads – ini adalah yang paling mirip dengan iklan tradisional di TikTok. Anda dapat menambahkan tautan situs web dan tombol Pesan Sekarang di iklan. Itu adalah iklan yang dapat dilewati, dan Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara.
  • Hashtag challenge ads – dengan ini, pengguna disajikan iklan spanduk yang membawa pengguna ke halaman instruksi dan aturan tantangan unggulan. Anda dapat menggunakannya untuk menargetkan konsumen tertentu.
  • Brand takeover ads – ini menggunakan campuran gambar, GIF, dan klip video yang tertaut ke halaman arahan atau Hashtag challenge

9. Tetapkan Hashtag challenge

Salah satu jenis iklan TikTok melibatkan mensponsori hashtag. Hashtag challenge sangat populer di TikTok. Ini adalah cara terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan keterlibatan dan kesadaran merek. Anda menyiapkan tantangan untuk pengguna yang berbagi video tentang dirinya sendiri saat mencoba tantangan Anda.

Hashtag challenge yang baik berhasil mendorong pembicaraan tentang produk Anda secara offline dan di situs sosial lainnya. Bahkan perusahaan besar, seperti McDonald’s, telah terlibat – dalam tantangan #bigmactiktok mereka, penggemar harus memilih genre nyanyian Big Mac yang disukai, lalu menari dan merekam video nyanyian Big Mac.

10. Padukan Konten Bermerek

Seperti semua program pemasaran sosial, Anda perlu menyeimbangkan jenis konten yang Anda bagikan di TikTok. Sebagian besar video Anda perlu menghibur atau memberi informasi kepada penonton Anda. Jika Anda membangun penonton dengan proses ini, Anda akan dapat menggabungkan beberapa video promosi lainnya.

Pengguna TikTok biasanya mengabaikan iklan, jadi Anda harus terlebih dahulu membangun kredibilitas Anda sebelum merilis materi promosi secara terang-terangan. Banyak perusahaan menemukan cara terbaik untuk menghindari penghinaan terhadap iklan ini adalah dengan mengupload video yang menunjukkan orang-orang menggunakan produk Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan serangkaian kiat tentang cara mendapatkan nilai dari produk Anda, atau mungkin Anda dapat menjelaskan cara menggunakan beberapa fitur yang lebih tidak jelas (dan menunjukkan manfaat apa yang akan ditawarkan kepada pemirsa).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *