10 Tips Sederhana Meningkatkan Engagement Media Sosial

Diposting pada

Media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk menjangkau banyak pelanggan, tetapi juga mudah terjebak dalam kebiasaan yang sama. Anda membutuhkan ide-ide baru tentang cara berinteraksi dengan pelanggan di media sosial.

Kita semua pernah mengalami, Anda bosan memposting hal yang sama berulang-ulang tanpa mendapatkan keterlibatan atau hasil apa pun.

Sepertinya pengikut Anda hanya menggulir melewati konten Anda, tidak peduli dengan apa yang Anda katakan lagi.

Panduan ini akan membantu Anda menemukan cara baru untuk meningkatkan keterlibatan media sosial Anda sehingga Anda tidak akan pernah kehabisan ide segar lagi!

Pelajari bagaimana brand lain melibatkan audiens branda dan mulai menerapkan strategi ini ke dalam posting Anda sendiri!

1. Gunakan Hashtag

Orang-orang menggunakan tagar lebih dari sebelumnya, jadi Anda harus ikut-ikutan!

Tagar memungkinkan pengguna untuk mengikuti percakapan tertentu tentang topik tertentu, jadi pastikan untuk menggunakannya saat Anda memposting di media sosial!

Hashtag juga memudahkan orang yang tidak mengikuti perusahaan Anda untuk menemukan Anda.

Misalnya, jika Anda adalah brand perhiasan, gunakan tagar seperti #jewelry dan #fashion untuk setiap postingan yang berhubungan dengan bisnis Anda!

Jika seseorang mencari jenis produk ini tetapi tidak tahu ke mana harus mencari di media sosial, branda dapat melihat tagar dan mungkin melihat posting Anda muncul.

Pastikan Anda menggunakan tagar yang tepat yang akan dicari audiens Anda sehingga branda selalu menemukan konten Anda, bukan milik orang lain.

Misalnya, jika Anda memposting tentang koleksi baru tetapi juga produk terlaris Anda, Anda dapat menandai kedua tagar untuk memastikan tidak ada yang melewatkan apa yang branda cari!

2. Sering Posting Video Live

Tidak sulit untuk brandam video cepat di media sosial, Anda dapat menggunakan ponsel atau bahkan iPad untuk ini.

Yang penting adalah memastikan Anda membuat konten yang Anda tahu akan disukai dan menarik audiens Anda!

Coba posting video live secara real-time jika Anda bisa, seperti saat Anda berada di belakang panggung sebelum pertunjukan atau selama proses kreatif.

Anda juga dapat menggunakan Facebook Live untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan dan penggemar, yang akan branda hargai!

Ini adalah cara yang bagus untuk membuat pengikut tertarik dengan apa yang Anda lakukan.

Dan kontennya baru, jadi branda tidak akan bosan melihat konten yang sama di feed branda setiap saat.

branda akan senang melihat video live Anda muncul di umpan branda!

Ikuti brand lain yang menggunakan video live dan meniru beberapa strategi branda atau bahkan memposting ulang beberapa video branda di halaman Anda sendiri, yang akan meningkatkan keterlibatan!

3. Foto dan Video Dibalik Layar

Strategi lain yang disukai pelanggan adalah konten di balik layar perusahaan Anda.

Menampilkan hal-hal seperti pengaturan sebelum pertunjukan atau bagaimana Anda menyiapkan toko untuk hari itu bisa sangat menarik bagi orang-orang.

branda suka melihat ke dalam dunia Anda dan merasa terlibat dalam industri yang tertutup.

Posting foto dan video tentang apa yang Anda lakukan, bagaimana hari Anda berjalan, dan hal-hal lain yang biasanya tidak dapat dilihat orang!

Misalnya, jika Anda adalah brand perhiasan, posting gambar proses desain atau batu permata yang Anda gunakan.

Semua orang suka melihat sekilas ke dalam hidup Anda, jadi pastikan Anda berbagi!

4. Posting Produk yang Digunakan Pelanggan

Cara hebat lainnya untuk terlibat dengan pelanggan adalah dengan memposting foto orang yang menggunakan produk Anda!

Jika branda melihat betapa orang lain menyukai barang yang Anda jual, kemungkinan besar branda juga akan membeli dari Anda!

Sertakan keterangan yang mengatakan mengapa menurut Anda orang-orang sangat menyukai produk Anda atau sebutkan beberapa fitur terbaik branda.

Ini akan membuat pengikut Anda berpikir tentang brand Anda dan apa yang Anda perjuangkan!

Anda juga dapat memposting foto seseorang yang mengenakan salah satu pakaian Anda dengan keterangan yang mengatakan ke mana Anda akan pergi dan mengapa Anda memutuskan untuk memakai perhiasan atau aksesori Anda untuk acara ini.

Ini adalah peluang bagus untuk mengiklankan keserbagunaan produk Anda, jadi manfaatkan!

5. Repost Konten Anda di Platform Media Sosial Lainnya

Jika Anda sudah memiliki akun Instagram, Facebook, dan Twitter untuk brand Anda, penting bagi Anda untuk membagikan postingan di setiap akun tersebut!

Anda sudah menghabiskan waktu untuk membuat postingan tentang brand Anda, jadi sebaiknya Anda memaksimalkan konten Anda.

Coba posting ulang beberapa foto terbaik Anda di platform lain untuk meningkatkan keterlibatan dan mendapatkan lebih banyak suka atau komentar.

Bergantung pada platform tempat Anda memposting, ini akan bekerja lebih baik untuk beberapa daripada untuk yang lain.

Misalnya, jika Anda mengambil bidikan cantik dan mempostingnya di Instagram, algoritme mungkin mengambil popularitasnya dan menunjukkannya kepada lebih banyak orang!

Pastikan Anda melakukan riset tentang konten apa yang berkinerja terbaik di setiap platform sehingga Anda bisa mendapatkan keterlibatan yang lebih baik dengan brand Anda.

Salah satu cara hebat untuk mendapatkan lebih banyak suka di Instagram adalah dengan menandai brand atau influencer populer lainnya, yang akan mendorong pengikut Anda untuk menyukai foto Anda juga.

Ingat, semakin banyak keterlibatan yang Anda miliki dengan posting Anda, semakin besar kemungkinan nda akan muncul di feed orang lain!

6. Jalankan Kontes

Salah satu cara hebat untuk membangun keterlibatan dengan pelanggan Anda adalah dengan menjalankan kontes!

Orang suka mendapatkan barang gratis, jadi menawarkan hadiah adalah cara yang pasti untuk membuat orang tertarik dengan apa yang Anda lakukan.

Anda juga dapat menjalankan kontes untuk pertunangan jika itu adalah sesuatu yang menarik minat Anda!

Misalnya, posting foto dengan keterangan yang mengatakan, “Tag 3 teman di komentar untuk menang,” dan tawarkan produk Anda sebagai hadiah.

Orang-orang akan terlibat dengan postingan Anda karena ingin disertakan, yang berarti lebih banyak eksposur untuk brand Anda!

Cara yang baik untuk menjaga keterlibatan tetap tinggi adalah dengan membuat tagar dan mendorong pelanggan untuk menggunakannya dalam posting tentang produk Anda, yang bisa berupa apa saja mulai dari foto Anda memakainya hingga sesuatu yang Anda masak dengannya!

Ini akan membuat semuanya mudah dicari dan memudahkan pelanggan yang ingin melihat jenis konten yang Anda posting.

Keterlibatan yang lebih mudah berarti lebih banyak orang terlibat dengan brand Anda dan peluang yang lebih baik untuk mengubah orang-orang itu menjadi pelanggan yang membayar. Ingatlah hal ini saat membuat kontes Anda sendiri atau berpartisipasi dalam kontes orang lain!

7. Terlibat Dengan Konten Pesaing Anda

Jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan Anda, penting bagi Anda untuk mengawasi apa yang dilakukan pesaing Anda.

Dengan terlibat dengan posting dan mengomentari, Anda akan mendapatkan perhatian dan akan lebih mungkin untuk terlibat dengan posting Anda juga.

Ini akan mengarah pada keterlibatan yang lebih baik di sekitar, yang merupakan prioritas utama di sini!

8. Terlibat Dengan Pengikut Anda

Orang ingin suaranya didengar, jadi beri kesempatan dengan mendorong untuk mengomentari postingan Anda!

Jika Anda ingin mengambil langkah lebih jauh, Anda juga dapat mendorong untuk menandai teman-teman di pos.

Ini akan menciptakan peluang untuk lebih banyak keterlibatan karena akan membuat lebih banyak orang terlibat dengan brand Anda!

9. Tanggapi Komentar dan DM Anda

Ketika seseorang meluangkan waktu untuk berkomentar atau mengirimi Anda pesan langsung, penting bagi Anda untuk menanggapinya!

Tidak peduli seberapa kecil komentarnya, tetap penting untuk mengakuinya dan berterima kasih karena telah menghubungi Anda.

Keterlibatan semacam ini dapat membantu menumbuhkan brand Anda karena ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang dikatakan pelanggan Anda.

Orang-orang suka merasa seperti didengar, jadi gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan lebih banyak penggemar dan menenangkan yang sekarang!

Namun, berhati-hatilah untuk tidak merespons terlalu banyak.

Jika Anda berlebihan dan mulai mengirim spam ke pengikut Anda dengan tanggapan, orang-orang mungkin merasa sedang di-spam dan itu bisa membuat orang tidak mengikuti brand Anda.

10. Sembunyikan atau Hapus Komentar Negatif

Orang-orang bisa sangat jahat di internet, jadi sebaiknya hindari mencoba berinteraksi dengan mereka.

Saat pelanggan memposting sesuatu yang negatif tentang produk Anda, tindakan terbaik biasanya adalah menghapusnya dan melanjutkan!

Jika seseorang benar-benar bermaksud jahat dalam komentar mereka, jangan biarkan mereka lolos begitu saja dengan menyembunyikan komentar mereka atau umpan balik negatif lainnya dari orang lain.

Mereka mungkin merasa bahwa mereka bisa lolos dengan bersikap kasar jika Anda tidak membela diri sendiri!

Jangan biarkan orang jahat menghampiri Anda, teruskan saja dan dorong orang untuk berbagi umpan balik positif.

Memulai untuk melibatkan audiens target Anda melalui media sosial pada awalnya dapat menjadi tantangan, tetapi begitu Anda melakukannya, itu menjadi sangat mudah!

Anda akan berbagi, memposting ulang, dan terlibat dalam waktu singkat, dan sebagai hasilnya, brand Anda akan tumbuh!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *