10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Fitur Katalog WhatsApp Bisnis

Diposting pada

iimers.com – Bagi Anda pemilik bisnis yang masih menggunakan WA messenger dan ingin beralih menggunakan WA bisnis namun masih ragu, artikel berikut tentu semakin menguatkan keinginan Anda untuk segera beralih

Jika ada orang yang meminta gambar produk di WhatsApp, biasanya Anda akan mengirimkan dari galeri atau Anda memberikan link ke akun Instagram, Facebook atau situs web jika memiliki. Cara ini ternyata bukanlah hal yang mudah dan efektif bagi Anda sebagai pemilik bisnis atau pelanggan. Anda tentu harus berulangkali mencari gambar produk yang diinginkan pelanggan.

Coba bayangkan jika file gambar Anda banyak atau tidak rapi dalam menyimpan tentu semakin memakan banyak waktu hanya untuk mencari gambar. Belum lagi untuk diskripsi produk, harga dan lain sebagainya, tentu cukup merepotkan. Demikian pula, pelanggan belum tentu mau ketika diminta untuk membuka akun Instagram, Facebook atau situs web.

Untuk menghindari kerepotan diatas, WhatsApp menawarkan fitur Katalog bagi Anda yang menggunakan WhatsApp bisnis. Bagi Anda yang belum menggunakan tentu akan muncul pertanyaan, apa itu Katalog di WhatsApp Bisnis dan bagaimana cara menggunakannya? Nah, berikut 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang fitur katalog WhatsApp Bisnis

1. Apa itu Katalog WA Bisnis?

Katalog Whatsapp Bisnis adalah fitur yang memungkinkan pengguna memajang produk di WhatsApp dan memberikan kemudahan untuk melakukan promosi, khususnya pada sosial media milik facebook inc, Facebook, Instagram dan Whatsapp.

Bisa diibaratkan, katalog whatsapp bisnis ini semacam toko, setiap pemilik bisnis mendapatkan toko digital sendiri di WhatsApp Business. Di dalam toko, Anda dapat membuat beberapa katalog. Setiap katalog memiliki harga, deskripsi, gambar, nama produk, dan nomornya. Anda bahkan dapat menambahkan situs web ke setiap katalog.

Baca Juga  Cara Menggunakan Satu Akun WhatsApp di Dua Perangkat atau Lebih Secara Bersamaan

2. Cara Membuat Katalog di WhatsApp

Untuk membuat katalog di wa bisnis caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Download aplikasi WhatsApp Business. Setelah terinstal kemudian buka aplikasinya.
  2. Masukkan nomer yang dipakai untuk WA bisnis. Jika saat ini memakai WA biasa, Anda bisa langsung beralih menggunakan WA bisnis. Back up semua data penting sebelum beralih menggunakan WA bisnis.
  3. Setelah berhasil verifikasi, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih ‘Setelan’
  4. Ketuk pada ‘Setelan Bisnis’ kemudian pilih ‘Katalog’
  5. Anda akan dibawa ke Manajer Katalog. Jika Anda menggunakan fitur ini untuk pertama kalinya, ketuk ikon tambah berwarna hijau di bagian sudut kanan bawah untuk mulai membuat katalog produk.
  6. Pada layar berikutnya, Anda akan menemukan berbagai bidang untuk produk Anda seperti tambah gambar, nama produk atau layanan, harga, deskripsi, tautan, dan kode produk. Setelah Anda menambahkan semua detail yang diperlukan, ketuk Simpan di bagian kanan atas. Anda dapat memasukkan hingga 10 gambar di setiap katalog
  7. Produk Anda tidak akan langsung ditampilkan di katalog. Anda akan melihat ikon seperti jam hijau kecil di produk. Ini menunjukkan bahwa WhatsApp sedang meninjau produk Anda. Setelah disetujui, ikon hijau akan hilang, dan produk akan ditayangkan.

CATATAN: WhatsApp memverifikasi semua produk yang diunggah dalam katalog. Produk harus memenuhi pedoman hukum WhatsApp. Anda tidak dapat mengunggah produk yang berkaitan dengan narkoba, alkohol, produk dewasa, dll. Periksa daftar lengkap produk yang tidak dapat ditambahkan.

3. Waktu Peninjauan Produk

Peninjauan produk di WhatsApp tidak memakan banyak waktu. WhatsApp biasanya menyetujuinya dalam satu atau dua menit.

4. Edit dan Menghapus Produk

Untuk mengedit dan menghapus produk, Anda harus mengunjungi Manajer Katalog, langkahnya

  1. Buka Pengaturan WhatsApp
  2. Setelan > Setelan Bisnis > Katalog.
  3. Ketuk produk yang ingin Anda edit atau hapus.
  4. Untuk mengeditnya, ketuk ikon edit di bagian sudut kanan bawah. Untuk menghapus, ketuk ikon titik tiga di bagian kanan atas, dan pilih Hapus

5. Cara Membagikan Katalog WhatsApp

Setelah membuat katalog produk atau layanan, Anda dapat membagikan Katalog produk dengan tiga cara.

Baca Juga  Fitur Unggulan WBSPro Versi 2 Untuk WhatsApp Marketing
Cara 1: Membagikan Katalog dengan Satu Orang

WhatsApp menyediakan tombol khusus untuk katalog di setiap obrolan untuk pemilik bisnis. Jadi, Anda cukup membuka percakapan dengan orang yang ingin Anda bagikan katalog. Ketuk ikon lampiran (seperti klip kertas) di Android dan ikon tambah (tanda tambah) di iPhone. Pilih Katalog dari daftar. Ketuk produk yang ingin Anda bagikan dan tekan ikon kirim.

TIP: Tanda centang hijau pada produk menunjukkan bahwa Anda memilih produk tersebut untuk dibagikan

Cara 2: Membagikan Katalog dengan Banyak Orang

Jika Anda ingin membagikan katalog dengan banyak orang, Anda harus membuka Manajer Katalog kemudian ikuti langkah berikut:

  1. Buka Setelan WhatsApp Bisnis dengan menekan ikon tiga titik di Android dan tab bawah di iPhone
  2. Buka Setelan bisnis diikuti oleh Katalog.
  3. Ketuk produk yang ingin Anda bagikan dan tekan ikon bagikan di layar berikutnya. Pilih orang atau grup yang ingin Anda bagikan Katalog
Cara 3: Bagikan Katalog dengan Teman Anda

Anda juga dapat membagikan katalog dengan teman-teman Anda. Mereka nantinya akan dapat melihat produk dan mengirim pesan bisnis secara langsung menggunakan tombol ‘Kirim Pesan ke Bisnis’

Untuk melakukannya, ketuk katalog yang ingin Anda bagikan dengan teman-teman Anda. Lalu, ketuk ikon bagikan di atas (di Android) dan pilih teman-teman Anda. Di iPhone, ketuk ikon tiga titik dan pilih Kirim.

6. Identifikasi Katalog dalam Chat

Katalog terlihat berbeda dari gambar normal di dalam layar obrolan. Kiriman katalog akan terlihat nama produk, harga, dan tombol Lihat. Saat tombol Lihat diklik, akan muncul diskripsi produk secara lengkap

7. Akses Katalog WhatsApp Bisnis

Selain dapat dilihat melalui katalog yang dibagikan di obrolan, Anda dapat menemukan Katalog di layar informasi pemilik akun WhatsApp Bisnis. Untuk melihatnya, buka utas obrolan akun bisnis di WhatsApp Anda. Ketuk nama kontak di bagian atas. Di sini, Anda akan menemukan opsi Katalog produk atau layanan yang ditambahkan oleh pemilik bisnis.

Ketuk pada setiap produk untuk melihat , seperti harga, gambar, dan deskripsi.

Baca Juga  4 Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor

8. Privasi Katalog

Siapa pun yang telah menyimpan nomor WhatsApp Anda dapat melihat katalog. Selain itu, jika pelanggan Anda berbagi katalog dengan teman-teman mereka, mereka juga akan dapat melihat produk Anda

9. Hosting Katalog

Saat membuat Katalog WhatsApp, gambar-gambar yang ada tersimpan di cloud. WhatsApp meng-host gambar-gambar tersebut. Sehingga jika Anda menghapus gambar yang dimasukkan katalog dari galeri ponsel, gambar akan tetap tersedia di katalog. Tentu ini dapat menghemat ruang penyimpanan pada pemilik bisnis dan telepon pelanggan.

Ketika seorang pelanggan menerima katalog, ia perlu mengetuk tombol Lihat untuk memeriksa katalog tanpa mengunduh gambar apa pun. Katalog yang diterima akan memiliki gambar pratinjau. Jika Anda mengetuk gambar pratinjau, itu akan diunduh di ponsel Anda yang menempati ruang penyimpanan. Untuk gambar lain, Anda harus mengunduhnya atau mengambil tangkapan layar secara manual.

10. Ketersediaan Katalog

Fitur katalog ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp Business di Android dan iPhone. Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp biasa, tidak tersedia fitur katalog

Fitur Katalog WhatsApp seperti yang saya tuliskan diatas tentu sangat menarik. Bagi pemilik usaha kecil yang menggunakan WhatsApp untuk mempromosikan dan menjual produk, tentu akan mendapat banyak manfaat dari fitur ini karena akan menghemat banyak waktu dan tenaga.

Bahkan pelanggan akan menyukai adanya katalog ini, karena mereka tidak perlu berpindah antar aplikasi untuk membeli produk. Mereka dapat dengan mudah melihat katalog tanpa mengganggu pemilik bisnis. Dan jika mereka menyukai sesuatu, mereka dapat melakukan ping. Ini seperti mini e-commerce yang dibangun tepat di dalam WhatsApp. Segalanya akan lebih disederhanakan ketika WhatsApp meluncurkan pembayaran pada aplikasinya.

Tinggalkan Balasan