10 Cara Untuk Mendapatkan Peringkat Lebih Tinggi di Google Maps

Diposting pada

Bagaimana cara agar bisnis tampil di halaman pertama pencarian google? Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan Google Maps. Listingan Google Maps Anda adalah alat pemasaran penting untuk bisnis Anda. Ini dapat membantu Anda ditemukan oleh pelanggan baru, menonjol di atas pesaing, dan menghasilkan lebih banyak bisnis—semuanya gratis. Namun manfaat ini benar-benar hanya dapat dicapai jika Listingan Anda memiliki visibilitas yang kuat, dan hanya karena bisnis Anda terdaftar di suatu area tidak berarti Google akan secara otomatis memeringkatnya untuk pencarian di area tersebut.

Faktanya, kedekatan hanyalah salah satu dari banyak faktor yang diperhitungkan Google Maps saat memeringkat daftar bisnis. Berikut panduan yang akan memberikan Anda 10 taktik/strategi agar Listingan Google Maps Anda mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil dan menuai semua manfaat terkait.

Kami akan membahas:

  • Cara membuat dan mengklaim Listingan Google Maps Anda jika Anda belum melakukannya.
  • Bagaimana memberikan informasi tambahan yang meningkatkan peringkat Anda dan meningkatkan daya tarik Anda.
  • ​​​​​Langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil di situs web Anda untuk lebih meningkatkan peringkat
  • Listingan Google Maps Anda.

Mengapa peringkat lebih tinggi di Google Maps?

Penelitian menunjukkan bahwa Google Maps adalah aplikasi navigasi pilihan untuk 67% konsumen. Dan karena konsumen jarang melewati beberapa hasil pertama saat mencari tempat untuk dikunjungi, sangat penting untuk memastikan Listingan Google Maps Anda dioptimalkan untuk muncul pertama kali untuk pencarian yang relevan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumen berakhir di daftar bisnis Google Maps dari pencarian kata kunci jauh lebih sering (84% dari waktu) daripada pencarian nama bisnis. Karena itu, penting agar Listingan Anda berperingkat tinggi di Google Maps untuk istilah-istilah yang dicari oleh calon pelanggan Anda.

Alasan lain untuk menentukan peringkat di Google Maps adalah bahwa tiga daftar teratas Google Maps juga akan ditampilkan di hasil Google Penelusuran biasa. Dan dengan 46% pencarian di Google yang memiliki niat lokal, muncul di “Lokal 3-Paket” dapat sangat meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Alasan ketiga untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google Maps adalah karena hal-hal yang Anda lakukan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi akan meningkatkan kualitas Listingan Anda dan menambahkan banyak cara bagi konsumen untuk terlibat dengan bisnis Anda. Dengan 86% konsumen menggunakan peta Google untuk mencari bisnis, ini membuka banyak peluang untuk meningkatkan keterlibatan.

Ingin mendapatkan hasil lebih optimal untuk bisnis Anda dengan Google bisnis? Pelajari Tutorial Google Bisnisku ( Google MyBusiness )

Cara membuat daftar bisnis Anda berperingkat lebih tinggi di peta Google

Jadi bagaimana Anda membuat Listingan bisnis Anda muncul lebih tinggi di Google Maps? Sama seperti bagaimana ada pengoptimalan on-page dan off-page untuk SEO situs web lokal, ada pengoptimalan on-listing dan off-listing untuk SEO Listingan bisnis. Tetapi pertama-tama, Anda harus terdaftar di Google Maps dan mengklaim Listingan Anda, yang akan kami bahas selanjutnya.

1. Tambahkan bisnis Anda ke Google Maps

Tentu saja, Anda tidak akan mendapatkan peringkat lebih tinggi atau melakukan pemasaran Google Maps yang sukses jika Anda tidak memiliki daftar Google Maps di tempat pertama. Jika Anda sudah memilikinya, lewati bagian ini. Jika Anda tidak memiliki Listingan atau tidak yakin, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan bisnis Anda ke Google Maps:

  1. Buka Google.com/maps atau ke aplikasi Google Maps di ponsel cerdas Anda dan cari nama bisnis Anda.
  2. Jika muncul di menu tarik-turun dengan lokasi di sebelahnya, maka Anda memiliki daftar! Lewati ke bagian berikutnya.
  3. Jika nama bisnis Anda tidak muncul, Anda akan melihat opsi di menu tarik-turun untuk “menambahkan tempat yang belum ada”.

Setelah Anda mengkliknya, Anda akan diminta untuk memberikan nama, kategori, dan lokasi Anda.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah siapa pun di dunia dapat menambahkan bisnis ke Google Maps. Jadi, meskipun Anda sendiri belum melakukannya, sebaiknya periksa dan pastikan Listingan bisnis Anda belum ada.

Dan jangan khawatir: Tidak peduli siapa itu, orang yang menambahkan bisnis Anda ke Google Maps tidak memiliki kendali atas Listingan itu. Hanya orang yang mengklaim Listingan dengan membuktikan kepemilikan bisnis yang memiliki kendali.

2. Klaim Listingan bisnis Google Maps Anda

Langkah kedua untuk membuat bisnis Anda berperingkat lebih tinggi di Google Maps adalah mengklaim Listingan Anda. Ini karena saat Anda membuat Listingan, yang dapat Anda berikan hanyalah nama, kategori, dan lokasi; tetapi ketika Anda mengklaim Listingan Anda, Anda dapat memberikan lebih banyak detail tentang bisnis Anda, dan semakin banyak informasi yang terkandung dalam Listingan bisnis, semakin tinggi peringkatnya di Google Maps.

Plus, Anda tidak dapat melakukan langkah-langkah lain dalam panduan ini jika Listingan Anda tidak diklaim. Prasyarat untuk mengklaim Listingan bisnis Anda di Google Maps adalah memiliki akun Google Bisnisku gratis.

Jika Anda sudah memiliki akun, cukup tarik daftar bisnis Google Maps Anda, pilih opsi yang mengatakan “Klaim bisnis ini” atau “Pemilik bisnis ini?” dan ikuti petunjuknya. Jika Anda tidak memiliki akun Google Bisnisku, buka postingan ini dan kami akan memandu Anda dalam membuat akun dan mengklaim bisnis Anda dengan akun tersebut.

3. Tambahkan informasi ke Listingan bisnis Google Maps Anda

Baiklah, jadi sekarang Anda memiliki daftar bisnis Google Maps dan akun Google Bisnisku yang tertaut dengannya, Anda dipersenjatai dan siap untuk mengoptimalkannya untuk peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian lokal.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, semakin banyak informasi yang diberikan listing Anda, semakin tinggi peringkatnya dalam hasil. Untuk menambahkan lebih banyak informasi ke Listingan Anda, masuk ke akun Google Bisnisku. Di sini Anda akan melihat dasbor dengan beberapa tab di samping.

Pilih tab “Info”, yang mencakup nama, kategori, alamat, area layanan (jika berlaku), jam buka, jam khusus, nomor telepon, situs web, produk, layanan, atribut, dan deskripsi Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan bagian akun Google Bisnisku ini untuk peringkat yang lebih tinggi di Google Maps:

Konsisten dengan nama dan alamat

Google Maps memberi peringkat bisnis yang dapat dipercaya, dan salah satu ukuran kepercayaan Anda adalah konsistensi informasi tentang bisnis Anda di seluruh web. Misalnya, Anda memiliki bisnis bernama “Klinik Asy Syifa Utama”. Pastikan nama bisnis Anda di dasbor Google Bisnisku persis seperti itu dan tidak ada embel-embel lain. Selain itu, pastikan nama ini identik di semua properti online Anda yang lain—situs web Anda, profil Facebook, instagram, dan banyak lagi. Hal yang sama berlaku untuk informasi alamat (misalnya, menggunakan “Jl” atau Jalan”).

Gunakan nomor telepon lokal

Google tidak tertarik pada nomor bebas pulsa (800 dan 877) karena jenis nomor ini sering digunakan untuk spam. Gunakan nomor telepon lokal dengan kode area lokasi Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google Maps, dan juga akan memverifikasi bagi pencari bahwa bisnis Anda berada di area tersebut.

Sertakan nomor terlacak dan utama Anda

Jika Anda menggunakan pelacakan panggilan, gunakan nomor terlacak untuk nomor telepon bisnis utama Anda dan nomor utama Anda sebagai nomor sekunder Anda. Ini akan membuat sebagian besar panggilan Anda masuk melalui jalur yang dilacak sehingga Anda dapat melihat kemanjuran daftar Anda; tetapi dengan nomor utama yang masih ada di Listingan Anda, Google kemudian dapat mencocokkan nomor Anda dengan yang ada di situs web Anda dan Listingan lainnya.

Perbarui jam Anda

Listingan bisnis Google Maps memberi tahu pengguna apakah bisnis itu buka, tutup, atau segera buka atau tutup. (Dan selama pandemi, apakah itu ditutup sementara—menjadikannya taktik SEO yang penting selama COVID-19.) Menjaga jam ini memperbarui sinyal ke Google bahwa Anda aktif dan, karenanya, dapat dipercaya, dan ini akan membantu peringkat Anda.

Ini juga akan mencegah pelanggan melakukan perjalanan ke toko Anda hanya untuk mengetahui bahwa toko itu tutup atau tutup—yang terkadang dapat memicu ulasan negatif (yang merusak peringkat Anda di Google Maps).

Pastikan juga untuk memperbarui jam libur Anda sehingga Anda tidak mendapatkan label “jam mungkin berbeda” di tempat Anda.

Tulis deskripsi bisnis

Deskripsi pada Listingan bisnis Google Maps Anda harus memberikan gambaran besar tentang bisnis Anda untuk membantu mengarahkan pengunjung; serta atribut unik untuk memaksa pencari. Itu juga harus ditulis dengan nada yang selaras dengan merek Anda, untuk membantu membangun koneksi yang lebih baik.

Pastikan untuk memasukkan kata kunci dalam deskripsi Anda, karena ini akan membantu Listingan bisnis Anda di Google Maps untuk menentukan peringkat tidak hanya untuk penelusuran yang berisi nama bisnis Anda, tetapi juga untuk penelusuran produk dan layanan.

Kategorikan bisnis Anda dengan benar

Dalam hal peringkat, kategori bisnis Anda seperti yang muncul di Google Maps sangat penting. Untuk kategori utama Anda, pilih salah satu yang paling mewakili penawaran inti bisnis Anda. Jika ada kategori lain yang berlaku, pilihlah sebagai kategori sekunder.

Untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di Google Maps, pilih kategori utama dan tambahan melalui dasbor Google Bisnisku.

4. Tambahkan foto ke Listingan bisnis Google Maps Anda

Google menyukainya saat Anda mengunggah foto ke Listingan Anda. Pertama, karena ini menandakan bahwa Anda adalah daftar aktif yang layak mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil. Kedua, karena teknologi pengenalan foto Google semakin maju dan Google mulai menampilkan gambar di hasil pencarian lokal. Dan ketiga, karena aturan praktis SEO adalah bahwa Google menyukai apa yang disukai konsumen, dan konsumen menyukai foto. Plus, jika Anda tidak menambahkan foto ke Listingan Anda, Google akan menampilkan gambar peta umum

Jadi, untuk meningkatkan peringkat Google Maps Anda, unggah foto berkualitas tinggi dan menarik ke Listingan bisnis Anda yang menangkap bagaimana rasanya berada di bisnis Anda. Anda melakukan ini dengan masuk ke tab “Foto” di dasbor Google Bisnisku dan klik lingkaran biru dengan tanda plus putih. Dari sana, Anda dapat menarik dan melepas beberapa foto dan/atau video sekaligus. Idealnya, Anda harus berusaha untuk menambahkan setidaknya satu foto baru setiap hari.

5. Dapatkan ulasan Google

Mengetahui bahwa Google menyukai apa yang disukai pelanggan, tidak mengherankan jika Google Maps memberikan peringkat ke daftar bisnis dengan ulasan positif. Jadi bagaimana Anda mendapatkan ulasan? Nah, ketika Anda membuat Listingan bisnis di Google Maps, ini secara otomatis membuka bisnis Anda untuk ditinjau.

Tapi itu tidak berarti Anda akan mendapatkannya. Anda harus proaktif dalam meminta ulasan, dan Anda juga harus menanggapinya. Menanggapi ulasan mendorong lebih banyak dari mereka dan mengurangi kerusakan ulasan negatif. Selain itu, tanggapan Anda menunjukkan kepada prospek lain seberapa perhatian Anda kepada pelanggan dan seberapa baik Anda menyelesaikan masalah.

Ulasan bisa menakutkan, namun itu semua kembali ke pelayanan Anda, ulasan buruk cenderung sedikit dan jarang. Plus, selama Anda merespons dengan benar, Anda dapat mengurangi dan bahkan membalikkan kerusakan ulasan negatif.

6. Konsolidasikan Listingan Google Maps Anda

Google akan mendiskreditkan bisnis dengan beberapa nomor telepon atau lokasi yang terdaftar untuk satu bisnis yang sebenarnya. Singkirkan daftar duplikat dan informasi yang berlebihan untuk memastikan satu daftar Anda yang sebenarnya akan diberi peringkat.

7. Posting secara teratur ke Listingan bisnis Google Maps Anda

Seperti Facebook, Anda dapat memublikasikan postingan yang muncul tepat di listingan bisnis Google Maps Anda. Pengeposan seperti ini secara teratur mengirimkan sinyal ke Google bahwa Anda secara proaktif mengelola Listingan Anda, yang dipertimbangkannya saat memberi peringkat.

Selain itu, ketika konsumen berada di mesin pencari, mereka memiliki keinginan yang tinggi, sehingga melalui posting Google, Anda bisa mendapatkan penawaran Anda di depan audiens yang siap untuk terlibat.

Cara menggunakan situs web Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Maps

Selain mengambil tindakan langsung pada Listingan bisnis Anda, ada beberapa pengoptimalan yang dapat Anda lakukan di situs web Anda untuk mendukung peringkat Google Maps yang lebih tinggi.

8. Pastikan situs web Anda responsif

Yang pertama adalah memastikan situs web Anda responsif, yang berarti berfungsi secara konsisten di semua perangkat atau ukuran layar. Ini karena Listingan bisnis Google Maps berisi tautan ke situs web Anda, dan hampir 60% penelusuran Google terjadi di perangkat seluler. Jadi, jika Listingan Anda membawa pencari ke situs web yang perlu tidak responsif, memiliki tautan rusak, atau lambat dimuat, peringkat Google Maps Anda akan terganggu.

9. Tambahkan kata kunci lokal ke situs web Anda

Cara kedua untuk menggunakan situs web Anda untuk meningkatkan peringkat Google Maps Anda adalah dengan menargetkannya untuk pencarian lokal. Tentu saja, ini akan membantu situs web Anda berperingkat lebih tinggi di Google Penelusuran, tetapi juga dapat memengaruhi seberapa tinggi peringkat Listingan bisnis Google Maps Anda.

Jadi pastikan untuk memasukkan kata kunci berbasis lokasi ke halaman utama situs Anda, seperti beranda, halaman tentang kami, halaman hubungi kami, halaman produk dan layanan, dan bahkan posting blog—dan bukan hanya pada judul halaman, tetapi juga untuk judul, teks isi, tag gambar, keterangan, dan URL.

Menekankan kepada Google melalui situs web Anda bahwa Anda menonjol di area lokal Anda dapat membantu Google merasa lebih percaya diri dalam memeringkat Listingan bisnis Anda di Google Maps untuk area itu juga.

10. Sematkan peta Google di situs web Anda

Cara lain untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Maps adalah dengan menyematkan peta Google di situs web Anda, yang dilakukan sebagian besar bisnis di halaman hubungi kami. Menyematkan peta Google hanyalah cara lain untuk memberi tahu Google bahwa bisnis Anda berada di tempat yang disebutkan oleh Listingan Anda. Gunakan alamat yang sama dengan yang Anda miliki di Listingan bisnis Google Maps Anda.

Untuk menyematkan Google Map di situs web Anda, telusuri nama bisnis Anda di Google Maps. Klik “Bagikan” di daftar Anda dan pilih tab “Sematkan peta”. Salin dan tempel tautan di halaman kontak bisnis Anda.

Jadi inilah rekap singkat dari semua strategi yang kami cakup untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di Google Maps:

  • Buat dan klaim Listingan bisnis Google Maps Anda
  • Lengkapi setiap bagian dasbor Google Bisnisku
  • Jaga agar nama, alamat, dan nomor telepon [sebaiknya lokal] tetap konsisten
  • Jelaskan dan kategorikan bisnis Anda dengan benar
  • Tambahkan foto dan posting ke daftar Anda secara teratur
  • Dapatkan ulasan Google
  • Konsolidasikan daftar duplikat
  • Miliki situs web yang responsif
  • Targetkan situs web Anda untuk kata kunci lokal
  • Sematkan Google Map di situs web Anda

Listingan bisnis di Google Maps menjadi lebih canggih, memungkinkan konsumen dengan cepat mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan membuat keputusan pembelian yang tepat.

Ikuti kiat dalam pos ini untuk menampilkan bisnis Anda di bagian atas Google Maps, dan Anda akan merasakan peningkatan visibilitas, keterlibatan, dan pendapatan yang menyertainya!

Sekian 10 cara untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di google bisnis yang bersumber dari wordstream. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *