10 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error

Diposting pada

Aplikasi WA (WhatsApp) Anda error dan tidak bisa digunakan untuk mengirim atau menerima pesan? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Nah, berikut ini adalah 10 cara mudah memperbaiki whatsapp error yang bisa Anda coba

Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa WhatsApp tidak berfungsi di perangkat seluler Anda. Untungnya, seringkali Anda dapat memperbaikinya dengan relatif cepat. Jika aplikasi error, Anda tidak dapat mengirim pesan, atau mengalami masalah lain, ikuti kiat di bawah ini untuk membuat aplikasi kembali aktif dan berjalan kembali.

1. Periksa apakah WhatsApp sedang down

WhatsApp tidak berfungsi bukan selalu diakibatkan permasalahan yang ada di perangkat, tetapi mungkin masalahnya bukan hanya lokal. Alasan WhatsApp tidak berfungsi mungkin karena layanannya sedang down.

Cara mudah untuk melihat apakah masalahnya adalah WhatsApp itu sendiri adalah dengan mencoba menggunakan aplikasi atau browser lain. Jika semuanya berfungsi, kemungkinan server WhatsApp adalah masalahnya. Anda juga dapat menggunakan alat online seperti situs web Down Detector. Layanan ini akan memberi tahu Anda jika ada masalah dengan WhatsApp itu sendiri. Jika WhatsApp sedang down, yang bisa Anda lakukan hanyalah menunggu hingga layanan pulih.

2. Tutup dan buka kembali aplikasi

Jika WhatsApp bukan masalahnya, maka kemungkinan aplikasinya. Salah satu perbaikan mudah yang dapat Anda coba adalah cukup menutup dan membuka kembali WhatsApp. Mungkin juga membantu untuk keluar dan masuk kembali.

3. Periksa Update

Meskipun menjalankan aplikasi lama sering kali tidak membawa masalah, terkadang layanan juga mengubah hal-hal di sisi server, menganggap beberapa fungsi tidak berguna. Anda bisa memastikan apakah menjalankan aplikasi versi terbaru, dengan membuka Google Play Store dan memeriksa update. Jika Anda belum melakukan pembaruan aplikasi, klik Update untuk menyesuaikan

4. Mulai ulang telepon

Percaya atau tidak, reboot lama yang bagus tampaknya memperbaiki sebagian besar masalah ponsel cerdas. Ini adalah salah satu metode pemecahan masalah pertama yang harus Anda coba. Cukup restart ponsel Anda dan lihat apakah WhatsApp berfungsi.

5. Periksa internet Anda

Ada kemungkinan internet Anda sedang down. Sekali lagi, Anda dapat menguji aplikasi lain atau browser web dan melihat apakah WhatsApp tidak berfungsi adalah masalah yang terisolasi. Jika tidak ada yang berhasil, masalahnya mungkin koneksi internet Anda.

Mereka yang beroperasi melalui Wi-Fi atau LAN dapat memeriksa router dan melihat apakah router terhubung ke internet. Anda mungkin harus mencoba me-restart router juga. Juga, Anda yang menggunakan VPN mungkin ingin mencoba mematikannya untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah.

Jika Anda menggunakan data seluler, Anda mungkin ingin melihat apakah koneksi data Anda aktif:

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke Kartu SIM & Jaringan
  • Aktifkan Data seluler
  • Jika Anda berada di luar negara atau jangkauan jaringan Anda, aktifkan juga Roaming (ini mungkin dikenakan biaya tambahan).

6. Hapus cache aplikasi

Cache adalah data yang disimpan sementara di memori ponsel ketika Anda menggunakan aplikasi di ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Mengosongkan cache adalah cara yang bagus untuk mengosongkan ruang penyimpanan sementara di perangkat Anda.

Namun, sistem akan membangun kembali file cache saat kamu menggunakan aplikasi yang lain, jadi biasakan untuk menghapusnya, terutama jika aplikasi tidak berfungsi.

Hapus cache di Android:

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke Manajemen Aplikasi
  • Temukan dan klik pada aplikasi WhatsApp
  • Ketuk Pengunaan Memori
  • Tekan Hapus Cache.

7. Izinkan semua izin aplikasi

Banyak masalah dapat muncul karena tidak memberikan izin yang diperlukan kepada WhatsApp untuk mengakses informasi penting. Misalnya, WhatsApp mungkin tidak mengambil kontak Anda jika Anda secara tidak sengaja menolak izin ke kontak ponsel Anda. Anda mungkin juga menonaktifkan data latar belakang.

Cara mengubah pengaturan izin aplikasi:

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke Manajemen Aplikasi
  • Temukan dan klik pada aplikasi WhatsApp
  • Pilih Izin Aplikasi
  • Pastikan untuk mengizinkan akses ke semuanya.

8. Apakah WhatsApp menghapus akun Anda?

Apakah Anda sudah lama berhenti menggunakan WhatsApp? Jika demikian, ada kemungkinan WhatsApp tidak berfungsi hanya karena akun Anda dihapus. Layanan menghapus akun setelah 120 hari tidak aktif. Akun WhatsApp aktif selama memiliki koneksi internet. Jika ini masalahnya, satu-satunya solusi Anda adalah membuat akun WhatsApp baru.

9. Pastikan Anda memiliki penyimpanan yang cukup

Terkadang WhatsApp dapat mengalami masalah saat mengunduh konten saat ponsel kehabisan penyimpanan. Hal pertama yang harus dicoba adalah mengosongkan beberapa penyimpanan di perangkat Android Anda. Selain itu, Anda dapat membuka WhatsApp dan menekan tombol menu tiga titik. Lalu buka Pengaturan > Penyimpanan dan data > Kelola penyimpanan. Kemudian masuk ke Tinjau dan hapus item. Periksa konten dan hapus apa yang Anda anggap tidak penting.

10. Pastikan data latar belakang diaktifkan!

Jika WhatsApp tidak memberi Anda pemberitahuan pesan dengan tepat, ada kemungkinan Anda secara tidak sengaja mematikan data latar belakang. Ini dapat dengan mudah diperbaiki dalam pengaturan.

Cara mengaktifkan data latar belakang:

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke Manajemen Aplikasi
  • Temukan dan klik pada aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke status Penggunaan Data
  • Aktifkan Gunakan Data di latar belakang.
  • Anda juga dapat mengaktifkan penggunaan data yang tidak dibatasi. Ini memberi aplikasi akses data lengkap bahkan ketika dalam mode Penghemat Data.

Itu tadi 10 cara mengatasi aplikasi whatsapp yang error bersumber dari Android Authority. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *